Sukses

Bareng Nev Plus dan Dea, Ariel NOAH Berpartisipasi di Asian Games 2018

Salah satu lagu yang menjadi tema Asian Games 2018 adalah Janger Persahabatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun ini, Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah pagelaran olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018. Ini menjadi yang kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang olahraga tersebut. Sebelumnya pada 1962, Indonesia sudah menorehkan sejarah dengan menyelenggarakan Asian Games keempat.

Membahas lebih lanjut perihal ajang olahraga internasional tersebut, official song alias lagu tema resmi, tentu menjadi sesuatu yang penting. Salah satu lagu yang menjadi tema Asian Games 2018 ini adalah "Janger Persahabatan".

Lagu tersebut diproduseri oleh NEV+ (Nev Plus) dan dinyanyikan oleh Ariel NOAH, dan Dea Dalila. Lagu "Janger Persahabatan" khusus diciptakan oleh Guruh Sukarnoputra untuk acara Asian Games 2018.

"Saya diminta menciptakan sebuah lagu untuk perhelatan Asian Games 2018 yang saya beri judul 'Janger Persahabatan'. Banyak orang bertanya, apa artinya Janger? Jadi Janger itu enggak ada artinya ya, itu menirukan bunyi-bunyian gamelan Bali," terang Guruh Sukarnoputra melalui siaran pers yang diterima Liputan6.com, Minggu (13/5/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mempererat Hubungan Persahabatan Indonesia

"Saya mengambil nama Janger karena itu kesenian rakyat yang menggambarkan persahabatan dan kegembiraan. Saya berharap event Asian Games ini bisa mempererat hubungan persahabatan Indonesia dengan negara-negara lain," lanjut putra proklamator Indonesia ini.

"Janger Persahabatan" diaransemen oleh NEV+ dan menyajikan irama semangat, musik kekinian, serta nuansa etnik yang cukup kental. Vokal khas Ariel serta suara unik Dea membuat "Janger Persahabatan" terdengar unik.

3 dari 4 halaman

Banyak Musisi yang Terlibat

"Semua unsur ada, mulai dari tradisional hingga modern. Untuk unsur etniknya, kita kerja sama dengan Viky Sianipar yang memang sangat paham bagaimana gamelan dengan kultur Bali yang kental," jelas Randy.

"Proses pengerjaan 'Janger Persahabatan' ini sebenarnya cukup lama, karena banyaknya musisi yang terlibat. Awalnya kita ditawari mengaransemen lagu ciptaan Guruh Sukarnoputra untuk Asian Games, tentu saja langsung kita sambut dengan sangat antusias. Kita buat musiknya, begitu selesai, baru diisi oleh Dea dan terakhir masuklah Ariel," ucap Rama saat ditanya proses kreatif Janger Persahabatan.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Semangat

"Janger Persahabatan" diharapkan bisa meningkatkan semangat para atlet yang akan berlaga di Asian Games 2018, seperti pesan dari Ariel NOAH, "Untuk atlet-atlet Indonesia, berjuanglah sekuat tenaga, mudah-mudahan bisa menang banyak, minimal bermain baik demi Indonesia."

Dijadwalkan, "Janger Persahabatan" bakal dirilis pada 10 Mei 2018 dan akan tersedia di semua digital streaming platform.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.