Sukses

China Ingin Tiru Kesuksesan Indonesia Gelar APEC

Perhelatan pertemuan para pemimpin negara di kawasan Asia Pasifik, APEC 2013 di Bali resmi berakhir. Pertemuan tahun tersebut selanjutnya akan beralih ke Negeri Tirai Bambu, China, yang didaulat menjadi tuan rumah pertemuan APEC 2014.

Wakil Ketua Divisi Layanan Konferensi dari Sekretariat Panitia APEC 2014. Zhao Huimin, mengaku pihaknya banyak belajar dari kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah KTT APEC 2013.

"Tentu saja kami banyak melihat pengalaman sukses Indonesia dalam memberikan pelayanan yang sangat baik (dalam APEC Summit 2013)," ujar Zhao saat menggelar konferensi press di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Selasa (8/10/2013).

Dari pengamatannya, Indonesia banyak memberikan fasilitas dan pelayanan yang luar biasa. Bahkan dia yakin, semua pihak yang terlibat dapat menikmati acara APEC 2013 yang diselenggarakan di Pulau Dewata tersebut.

"Saya rasa hal yang paling berhasil yang paling saya nikmati dari Indonesia adalah visa line dan berbagai layanan menarik lainnya yang sudah disediakan untuk para delegasi dan teman-teman dari media. Saya rasa Anda semua bisa melihatnya sendiri," jelasnya.

Zhao mengatakan, semua pelayanan yang diberikan Indonesia akan menjadi prioritas utama untuk persiapan KTT APEC yang akan diselenggarakan di negaranya tahun depan. Di gelaran APEC tahun depan, China mengaku akan fokus mengembangkan bidang komunikasi dan kontak antar negara.

"APEC berikutnya di China, kami akan lebih fokus di bidang komunikasi dan kontak dengan negara lain. Hal ini belum ditawarkan APEC Summit 2013 di Indonesia. Tapi kami belum punya keputusan apa-apa soal itu," pungkasnya.(Sis/Fik/Shd)
Loading