Sukses

Ani Yudhoyono Puji Bali di Depan 12 Istri Kepala Negara

Sebanyak 12 istri Kepala Negara mendapatkan kesempatan emas untuk berkeliling dan makan siang bersama di Bali Safari and Marine Park. Dalam kesempatan ini, Ibu Negara Ani Yudhoyono sangat antusias untuk mempromosikan Bali sebagai surga wisata kepada sejumlah tamu penting itu.

Ani menceritakan di hadapan Ibu Negara dari Australia, Chili, Cina, Hong Kong, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Papua Nugini, Singapura, dan Taipei bahwa Bali merupakan pulau surga atau pulau eksotis yang tersohor di dunia. Pasalnya ada keindahan alami dan lengkap dengan lokasi surfing dunia di Pantai Kuta.

"Saya tahu banyak dari kalian yang masih jetlag dari petualangan kita hari ini. Tapi Bali adalah pulau indah dan romantis sehingga saya tidak ingin kalian kehilangan kesempatan berada di pulau ini. Keindahannya akan membuat kalian rileks dan jetlag perlahan hilang," kata dia di acara Spause Program, Bali, Senin (7/10/2013).

Bali, lanjut Ani, terkenal dengan kekayaan ragam budaya, adat istiadat dan tradisi masyarakat umat Hindu hidup dalam kerukunan dan kedamaian karena adanya keyakinan karma apabila melakukan tindakan tidak terpuji.

"Hidup mereka hari ini juga dianggap sebagai reinkarnasi dari kehidupan mereka sebelumnya," tutur dia.

Promosi istri dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini belum berhenti. Dia semakin bersemangat menceritakan keunikan Pulau Dewata yang memiliki ribuan candi atau pura. "Diperkirakan ada 11 ribu candi di Bali dan kebanyakan setiap rumah mempunyai pura bagi keluarga mereka untuk berdoa," jelasnya.

Ani pun memberikan gambaran kepada para istri Kepala Negara di kawasan Asia Pasifik ini untuk melihat keindahan lahan pertanian yang menggunakan teknik irigasi subak atau tata ruang Bali.

"Teknis ini telah dipraktikkan selama ribuan tahun dan berhasil mengatur air di lahan sehingga memberikan nilai distribusi yang baik," ucapnya. Tahun lalu, UNESCO mengakui subak sebagai warisan dunia.

Menutup sambutan, Ani membekali pendamping Kepala Negara APEC tersebut dengan singkatan dari kata Bali, yakni B : Beautiful, A : Amazing, L : Lovely dan I : Indonesia. "Jadi Bali adalah Beautiful, Amazing, Lovely from Indonesia," tandasnya. (Fik/Ndw)
Loading