Panduan Agar Acara Open House Saat Lebaran Berjalan Lancar

Apabila yang diundang sekitar delapan sampai sepuluh orang, maka Anda harus melakukan persiapan yang matang agar acara berjalan lancar.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 25 Jun 2017, 10:09 WIB
Jika yang berkumpul hanya anggota keluarga inti atau beberapa orang saja, acara seperti ini tentunya bisa dilakukan dengan sederhana dan tak perlu repot-repot. (Image: Getty Images)

Liputan6.com, Jakarta Saat lebaran biasanya dimanfaatkan banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga, sanak saudara, dan juga teman-teman dekat. Dan salah satu agenda kegiatan yang bisa dilakukan pada momen ini seperti menggelar open house atau pesta kecil-kecilan di rumah.

(Baca juga: Tips Menyimpan Kue Kering)

Jika yang berkumpul hanya anggota keluarga inti atau beberapa orang saja, acara seperti ini tentunya bisa dilakukan dengan sederhana dan tak perlu repot-repot. Namun apabila yang diundang sekitar delapan sampai sepuluh orang, sepertinya Anda harus melakukan persiapan yang matang. Tujuannya, tentu saja agar Anda tidak kelabakan dan acara bisa berjalan lancar.

Nah, supaya acara open house Anda juga lancar, lakukan persiapan seperti poin-poin dari Rumah.com berikut ini:

Dua Minggu Sebelum Acara

  • Cek jadwal. Bahkan di hari raya Anda tetap harus mengecek siapa saja yang akan datang ke pesta open house. Cek kepastian peserta yang hadir dengan menghubunginya satu persatu.
  • Bersihkan peralatan masak. Alat masak Anda mungkin jarang digunakan. Jadi sebelum memasak dalam porsi besar coba cek kondisi dandang, wajan besar, dan alat pemanggang. Bersihkan jika terdapat noda atau kerak.
  • Siapkan tempat duduk yang cukup. Jika jumlah sofa atau kursi lipat Anda tidak bisa menampung jumlah peserta yang datang ke open house, sebaiknya persiapkan dari jauh-jauh hari. Dengan jumlah tempat duduk yang pas, maka setiap orang bisa nyaman duduk dan menikmati sajian makanan yang disediakan. Selain membeli, Anda juga bisa menyewa kursi lipat pada pengurus Rukun Tetangga setempat misalnya.
  • Siapkan peralatan makan dan dekorasi. Untuk membuat pesta yang praktis, Anda bisa menyiapkan peralatan makan dan minum sekali pakai. Misalnya gelas plastik atau piring kertas. Untuk menyajikan makanan hangat dan minuman dingin, jangan lupa siapkan wadah kaca. Selain itu Anda juga perlu memberi sedikit dekorasi pada hunian agar tampak semarak. Misalnya kata sambutan seperti “Happy Idul Fitri” pada dinding ruangan yang dihiasi dengan balon atau bunga kertas.

Satu Minggu Sebelum Acara

  • Tentukan menu dan mulai berbelanja. Ingin menyiapkan menu khas Lebaran seperti rendang dan opor ayam? Tentunya Anda harus mulai berbelanja daging mulai sekarang. Selain itu, siapkan juga buah-buahan atau hidangan pencuci mulut (misalnya puding). Belanja lebih awal bisa membuat Anda lebih matang menyiapkan daftar bahan belanjaan.
  • Atur pembagian menu jika mengusung tema potluck. Agar pesta lebih meriah dengan menu beragam tidak ada salahnya berkolaborasi dengan para tamu yang datang untuk membawa hidangan yang telah ditentukan.

(Simak juga: Pilihan perumahan mulai harga Rp1 miliar dengan ukuran luas yang lumayan)

Beberapa Hari Sebelum Acara

  • Bersihkan kamar mandi. Buat tamu merasa nyaman dengan membersihkan kamar mandi atau powder room yang ada di rumah Anda. Setelah bersih, berikan wewangian toilet di sudut ruangan. Pastikan tisu toilet, sabun pencuci tangan, dan lap kering siap digunakan.
  • Pilih musik untuk diputar. Untuk membuat acara pesta open house Anda terasa lebih mengesankan, siapkan musik bernuansa Islami seperti nasyid. Cek kondisi sound system dengan volume yang pas di dengar di telinga.
  • Bersihkan kulkas. Anda akan membutuhkan banyak ruang kosong untuk menyimpan sajian makanan dan minuman untuk dikeluarkan perlahan di tengah acara. Jadi bersihkan kulkas dengan menyimpan bahan-bahan penting saja.

Saat Hari H

Kini saatnya menata semua yang sudah Anda persiapkan. Mulai dari makanan, minuman, sampai dengan ruang duduk di dalam dan luar ruangan. Setelah semua makanan yang akan disajikan siap, tata dengan rapi di sebuah meja prasmanan agar mudah dijangkau  oleh para tamu.

Sediakan pula peralatan makan beserta tisu makan dan diletakkan di meja tersebut. Selanjutnya pesta open house Anda pun siap dimulai!

 

Isnaini Khoirunisa

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya