Sukses

VIDEO: Tanggul Utama Bengawan Solo Retak 8 Meter, Warga Resah

Retaknya penyangga beton pada bagian utama tanggul membuat warga sekitar resah.

Liputan6.com, Tuban - Tanggul utama Sungai Bengawan Solo di Desa Kedungharjo, Kecamatan Widang, Tuban, amblas dan retak sepanjang lebih dari 8 meter. Kondisi ini membuat warga sekitar resah, khawatir rumah mereka terendam banjir jika air sungai meluap.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (26/12/2015), tanggul utama Bengawan Solo di Desa Kedungharjo diketahui retak sejak sepekan terakhir. Retakan muncul di bagian utama tanggul, yakni penyangga beton dengan diameter panjang 8 meter dan lebar retakan rata-rata 12 hingga 20 cm.

Retaknya penyangga beton pada bagian utama tanggul membuat warga sekitar resah. Sebab, sisi bagian dalam tanggul juga ambles sepanjang hampir 50 meter.

Tanggul sisi dalam ini kini hanya disanggah batang bambu, agar tanggul tidak longsor terkikis air.

Perangkat desa telah melaporkan kondisi tanggul ke pemerintah daerah setempat. Namun, hingga kini belum ada tanggapan.

Posisi tanggul yang hanya berjarak kurang dari 3 meter dari pemukiman, membuat warga khawatir. Mereka takut tanggul jebol, mengingat debit air Bengawan Solo terus meningkat sejak sepekan terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.