Sukses

Kabut Asap Riau Kian Mengkhawatirkan

Akibat pembakaran lahan, perlahan tapi pasti dampak kabut asap telah dirasakan warga Pekanbaru sepekan terakhir ini.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kebakaran lahan banyak ditemukan di wilayah Riau daratan sepekan terakhir ini. Sebagian merupakan akibat dari upaya pembersihan lahan untuk pembukaan perkebunan, di samping kelalaian akibat puntung rokok.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (9/7/2015), pemadamam sulit dilakukan karena keterbatasan peralatan serta mayoritas lahan yang terbakar merupakan lahan gambut. Akibatnya kabut asap tak terhindarkan.

Sepekan terakhir dampak kabut asap kian terasa. Bahkan kabut asap sudah memasuki Kota Pekanbaru begitu malam tiba. Saat ini kualitas udara sudah berangsur turun dengan tingkat pencemaran sedang.

Kebakaran lahan di wilayah Sumatera merupakan masalah klasik, dengan penyebab yang klasik pula dan selalu terulang. Perlu sikap dan tindakan tegas bagi para pembakar lahan sebelum titik api kian meluas dan sulit dikendalikan. (Dan/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini