Sukses

2014, Ke Mana Arah Tren Industri Teknologi & Informasi?

Sedikit berbeda dengan sektor industri lain, tren indutri teknologi dan informasi dapat berubah dengan sangat cepat menyesuaikan kebutuhan pengguna. Menurut data yang dimiliki International Data Corporation (IDC), sejak tahun 2010 kemarin hingga satu dekade ke depan, tren industri teknologi mengarah pada empat hal yaitu perangkat mobile, Cloud, Big Data, dan sosial media.

Untuk perangkat mobile dan sosial media, mungkin banyak di antara kita yang sudah tak asing lagi dan sangat dekat dengan dua tren ini. Kehadiran dan penggunaannya bahkan telah memasuki berbagai lini kehidupan kita sehari-hari. Sementara itu, istilah Cloud atau penyimpanan berbasis komputasi awan juga sudah mulai sering terdengar di telinga kita dan pengaplikasiannya pun sudah mulai memasyarakat.

Namun berbeda halnya dengan teknologi 'Big Data'. Oleh karena itu di tanggal 11 Februari 2014 mendatang, CTI Group selaku salah satu penyedia layanan jasa dan produk teknologi informasi (TI) di Indonesia akan menyelenggarakan sebuah acara bertajuk 'CTI IT Infrastructure Summit 2014'.

Gelaran ini nantinya akan menjadi ajang pameran dan konfrensi infrastruktur TI yang mengumpulkan para pelaku dan praktisi industri TI untuk membahas tren teknologi di masa mendatang. Dan untuk acara tahun ini, yang menjadi tema utamanya adalah teknologi Big Data.

"Ada empat sektor utama tren TI untuk tahun ini dan beberapa waktu ke depan. Ada mobile, Cloud, Big Data, dan media sosial. Maunya sih semua kami bahas, tapi waktunya tidak cukup. Satu-satu, Big Data terlebih dulu karena ini merupakan tren teknologi yang perlu diperhatikan karena tuntutan kebutuhan pengguna," ungkap Presiden Direktur CTI Grup, Harry Surjanto, pada acara Kick Off CTI IT Infrastructure Summit 2014 di Jakarta.

Selain memenuhi kebutuhan pengguna, Adi Rusli selaku Country Manager EMC Indonesia juga menjelaskan besarnya peluang binis bagi para pelaku industri TI dari sektor teknologi Big Data.

"IDC memprediksikan di tahun 2020, bisnis Big Data akan bernilai USD 34 miliar. Belum pertumbuhannya yang diperkirakan bakal mencapai 27% per tahunnya," jelas Adi pada kesempatan yang sama.

Ajang CTI IT Infrastructure Summit 2014 sendiri rencananya akan dihadiri sejumlah pembicara ternama di industri TI seperti Abhisek Sinha (Business Development Mager Amazon Asia Pacific), Michael Barnes (VP Research Forrester), dan tak ketinggalan Adi Rusli (Country Manager EMC Indonesia). (dhi)

Baca juga: 
Pemanfaatan Teknologi Perkuat Daya Saing Industri Lokal
Dianggap `Seksi`, Indonesia Pasar Penting Bagi Microsoft
Pasar Desktop Melempem, Dell Genjot Penjualan Storage
Loading