Sukses

Unik, Robot Dapat Dikontrol Lewat Pikiran dan Air Seni

Perkembangan industri robot begitu cepat dan mencengangkang. Banyak robot-robot konsep canggih yang dikembangkan oleh para ahli robotika, memiliki kinerja yang unik dan out of the box.

Salah satunya adalah robot yang diciptakan oleh seorang peneliti Jepang yang dapat dikendalikan melalui pikiran manusia. Teknologi terbaru yang dimasukkan ke dalam robot tersebut adalah Brain Computer Interface (BCI), yaitu sebuah alat seperti topi yang akan menerima sinyal dari otak manusia dan diterima sebagai pengendali robot.

Sensor di alat itu akan menerima aktivitas otak ketika si pengendali memfokuskan pandangan kepada beberapa titik panel yang ada di layar komputer. Ketika si pengendali fokus kepada satu warna, maka robot akan membacanya sebagai perintah ke objek tersebut.

 
Dikendalikan Penderita Cacat Motorik 
Teknologi sejenis juga telah dikembangkan oleh ilmuwan asal Jerman, Jorn Vogel, pada Mei 2013. Robot berbentuk tangan itu bahkan dapat digerakkan melalui pikiran seseorang yang menderita cacat motorik.

Vogel mendemokan robot itu terhadap seorang warga Amerika Serikat, Cathy Hutchinson (58) yang lumpuh akibat serangan struk. Hutchinson hanya bisa berkomunikasi menggunakan gerak matanya. Dalam uji coba itu ia melakukan enam kali percobaan, dan pada percobaan yang keempat kali ia berhasil mengangkat gelas kopi ke mulutnya.

Sukses dengan uji coba tersebut, menunjukkan bahwa teknik pengendalian robot menggunakan pikiran dapat meningkatkan kualitas hidup banyak warga yang menderita cacat motorik.

Salah satu peneliti, Professor Patrick van der Smagt mengatakan, dirinya yakin sistem robotika itu dapat diterapkan pada hampir semua pasien kelumpuhan. Tapi ia menekankan, risetnya masih berada pada tahap awal. Demikian seperti dikutip dari Neurobotics, Kamis (26/12/2013).

 
Bisa Bernapas Layaknya Manusia
Yang tak kalah menakjubkan, sekelompok ilmuwan dari London Shadow Robot Co, Inggris, mengembangkan manusia bionik yang memiliki organ tubuh sintetis manusia. Robot bernama Frank ini memiliki wajah dan kemampuan seperti manusia, mulai dari berjalan, mendengar, berbicara, dan bernapas.

Dilaporkan Reuters, robot dengan tinggi 1,83 meter dan berat 77 kilogram ini dilengkapi 28 bagian tubuh manusia buatan, seperti pankreas, paru-paru, limpa, sistem peredaran darah, dan lainnya. Namun Frank belum memiliki tangan seperti manusia.

“Manusia bionik ini dibangun dengan biaya US$ 1 juta atau sekitar Rp 12 miliar, dengan suku cadang yang merupakan bagian tubuh manusia buatan,” kata Bertolt Meyer, Psikolog Sosial dari University of Zurich, Swiss.

Sementara itu menurut Daily Mail, robot ini dilengkapi 200 prosesor. Selain memiliki jantung yang berdetak, kulit dari robot ini ditanami jutaan sensor yang bisa mendeteksi sentuhan dan perubahan suhu di sekitarnya.

Robot Berbahan Bakar Air Seni
Tak hanya itu, belum lama ini sekelompok peneliti di Inggris pun mengembangkan sebuah robot unik yaitu robot dengan bahan bakar dari air seni. Meniru cara kerja jantung manusia, inovasi baru ini memadukan kinerja pompa jantung dengan otot buatan guna mensuplai air seni sebagai bahan bakar ke robot tersebut.

Robot ini diberi nama Ecobot IV, yang dibuat di Bristol Robotics Laboratory, hasil kerjasama antara University of Bristol dan University of the West of England (UWE). Generasi Ecobot sebelumnya, dibuat selama hampir 12 tahun, yang mampu berjalan menggunakan air limbah serta sayuran dan buah-buahan busuk.

"Kelebihan dengan menggunakan air seni adalah lebih mudah dipompa, ketimbang cairan dari limbah lumpur. Namun itu tetap saja rentan terhadap penyumbatan dan kegagalan mekanik," kata seorang peneliti UWE Dr. Peter Walters, seperti dikutip dari Gizmag.

Ke depannya, Ecobot IV bisa mengisi ulang daya dari air seni yang dikumpulkan dari toilet umum atau dari limbah peternakan di daerah-daerah terpencil. Hingga saat ini Ecobot IV masih dalam pengembangan dan masih terus diteliti agar dapat berfungsi dengan maksimal. (isk)


Baca juga:
Tak Cuma Bantu Manusia, Robot Juga Dijadikan Pemuas Birahi
Istilah Robot Lahir Dari Pertunjukan Drama
Perkembangan Robot di Jepang Terinspirasi Dari Sebuah Boneka
Perkembangan Robot di Indonesia Berawal Dari 'Tikus'?
Tak Hanya Cerdik, Wajah Robot Juga Kian Ciamik

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com




Loading