Sukses

Operator Lirik Keuntungan dari Layanan Roaming Internasional

XL menawarkan fasilitas gratis roaming internasional bagi pelanggannya yang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Bepergian ke luar negeri kini sudah jadi hal yang biasa bagi sebagian orang di Indonesia. Bahkan, tren jalan-jalan ke luar negeri saat ini tidak saja menjadi milik orang-orang 'berduit', kalangan kelas menengah juga sudah mulai antusias melakukannya.

PT XL Axiata Tbk selaku salah satu operator selular Tanah Air mengaku akan berfokus menggarap pasar kelas menengah atau emerging middle class (EMC) di tahun 2014 mendatang. Pasar EMC diharapkan XL bisa membantunya meraup pendapatan dari berbagai layanan yang telah resedia.

XL menawarkan fasilitas gratis roaming internasional bagi pelanggannya yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Operator yang sedang melakukan proses akuisisi ini memberikan gratis roaming selama 1 hingga 3 hari ke berbagai negara.

"Kami akan fokus pada pelanggan di segmen EMC tahun depan. Mereka kan biasanya melakukan perjalanan ke luar negeri gak terlalu lama, fasilitas gratis roaming 1-3 hari cukup buat mereka," ungkap Selfie Dewiyanti, GM Loyalty, Postpaid and Roaming XL Axiata.

Selfie pun mengungkap saat ini sekitar 44% orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri memilih mematikan ponselnya. "Mereka khawatir dengan tagihan yang membengkak akibat roaming yang tidak terkontrol," imbuh Selfie.

Fasilitas gratis roaming ini diharapkan XL bisa mendongkrak penggunaan layanannya di luar negeri. Pertumbuhan pengguna roaming sekitar 10% menjadi target yang dipasang XL untuk tahun depan.

XL sendiri mengklaim akan menyediakan gratis roaming ke 55 negara di tahun 2014 mendatang. XL mengaku telah menggandeng 300 operator selular di berbagai negara demi menyediakan layanan gratis roaming internasional tersebut.

Roaming internasional diperkirakan menyumbang sekitar 1-2% pendapatan XL di tahun 2013. Jumlah itu diharapkan bisa meningkat mencapai 5% dari seluruh pendapatan yang diraih XL pada tahun depan. (den/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.