Sukses

Keren, Harddisk Disulap Jadi Mobil F1!

Berbekal kreativitas, seorang teknisi berhasil merancang replika mobil F1 dengan menggunakan material berupa beberapa harddisk.

Sepintas terlihat seperti mobil Formula 1 (F1) mini biasa, tapi jika diperhatikan ada sesuatu yang berbeda. Coba lihat dengan seksama dan Anda pasti akan menemukan sebuah komponen personal computer (PC) di dalamnya.

Ya, mobil balap mungil itu tak lain terbuat dari sebuah harddisk. Siapa yang membuatnya? Berbekal kreativitas, seorang teknisi dari perusahaan harddisk Western Digital (WD) bernama Bob Ryan, merancang replika mobil F1 dengan material dari beberapa harddisk WD 250.

Dibantu anggota keluarganya, untuk menyelesaikan benda unik ini Ryan menghabiskan waktu sekitar 400 jam. Mengutip laman Geek, Senin (11/11/2013), ban yang menempel di bodi mobil ini terbuat dari bahan resin, disebut Delrin yang diproduksi oleh perusahaan kimia internasional, Dupont.

Hub roda depan terbuat dari drive motors 10.000 rpm dan 4D motors 7200 rpm di hub roda belakang. Rodanya benar-benar dapat berputar karena sudah mengadopsi mesin Computer Numerical Control (CNC).

Sementara itu bemper depannya dirakit menggunakan aktuator harddisk WD Red, sayap belakang terbuat dari aktuator WD Velociraptor, di bagian mesin dari aktuator WD Scorpio, dan bagian samping mobil terbuat dari WD Red HDDs.

Kami rasa detail yang ada di setiap sisi mobil ini cukup menakjubkan. Ini menunjukkan bahwa komponen PC yang sudah tidak terpakai bisa digunakan untuk membuat benda bernilai seni tinggi. Well, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? (isk/dew)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini