Sukses

Apple Patenkan Teknologi Smartphone Tahan Banting

Apple akan menggunakan dua buah lapisan safir yang rencananya akan diaplikasikan pada bagian depan dan belakang bodi iPhone.

Apple masih akan terus menghadirkan inovasi pada produk-produk terbaru besutan mereka nantinya. Setelah merilis generasi terbaru iPhone 5S yang telah dibekali sensor keamanan sidik jari, kini perusahaan berlogo 'apel tergigit' itu kabarnya telah mendaftarkan paten teknologi smartphone tahan banting.

Menurut yang dilansir laman Apple Insider, Sabtu (14/9/2013), Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat dilaporkan telah menerima berkas pendaftaran teknologi perangkat mobile tahan banting dari Apple berjarak dua hari setelah peluncuran resmi iPhone 5S dan 5C.

Berdasarkan bocoran berkas paten yang didaftarkan tersebut, teknologi perangkat tahan banting ini menggunakan dua buah lapisan safir yang rencananya akan diaplikasikan pada bagian depan dan belakang bodi iPhone.

Dengan lapisan safir yang tercatat sebagai material terkuat kedua di bumi, diharapkan tidak akan ada kerusakan berarti yang dialami saat iPhone terjatuh atau terkena benturan benda keras lainnya.

Namun, sejumlah pengamat meragukan pengaplikasian teknologi yang mengandalkan material safir ini akan terwujud dalam waktu dekat. Pasalnya, proses pengolahan material safir dikenal cukup sulit dan memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Akan tetapi Apple diam-diam telah membuktikan bahwa mereka mampu memanfaatkan safir dengan efisien. Sebab, ternyata salah satu komponen pada sensor sidik jari di iPhone 5S telah menggunkan material safir. Adapun tujuan penggunaannya adalah untuk melindungi sensor TouchID yang ada di balik tombol fisik Home di iPhone 5S. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.