Sukses

6 Aplikasi Edukatif Pengasah Otak Untuk Pengguna iOS

Keenam aplikasi ini dipercaya dapat memberikan banyak informasi berharga dan mengasah otak Anda.

Jika sebelumnya aplikasi pada perangkat mobile hanya dikenal sebagai sarana hiburan, maka kini keadaannya justru berbeda. Tak sedikit aplikasi yang sengaja diciptakan dengan fungsi khusus dengan tujuan mempermudah kebutuhan pengguna. Bahkan, kini telah tersedia sejumlah aplikasi yang dapat membuat pintar penggunanya.

Pada kesempatan kali ini tim Tekno Liputan6.com akan menyajikan kepada Anda enam (6) aplikasi pintar untuk perangkat bersistem operasi iOS (iPhone dan iPad).

Keenam aplikasi ini dipercaya dapat memberikan banyak informasi berharga dan mengasah otak Anda. Selain itu, sebagian di antaranya juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung proses belajar-mengajar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Next


1. iTunes U

iTunes U merupakan aplikasi edukasi rilisan Apple bergaya perpustakaan digital . Di dalamnya Anda dapat mengakses diktat perkuliahan dari berbagai universitas di seluruh dunia.

Bila dilihat dari segi kelengkapan koleksi, iTunes memiliki beragam konten gratis yang cukup banyak. Meski begitu, adapula sejumlah diktat yang memerlukan biaya untuk dapat diakses. Selain itu, iTunes U tidak saja menyediakan konten dalam format teks, tersedia pula konten-konten dalam format audio dan video.

Saat ini iTunes U bisa didapat secara gratis di toko aplikasi Apple App Store bagi perangkat yang minimal telah berjalan di atas sistem operasi iOS 5.0. Aplikasi ini akan sangat berguna bagi Anda yang tidak sempat mengenyam pendidikan formal, namun tetap semangat menuntut ilmu.

3 dari 7 halaman

Next


2. Leonardo da Vinci: Anatomy

Aplikasi ini berisikan catatan dan koleksi tulisan Leonardo da Vinci mengenai anatomi tubuh manusia. Selain tampilannya yang detail dan interaktif, aplikasi ini dijamin dapat menambah ilmu pengetahuan Anda di bidang sains dan kesehatan.

Di dalamnya sendiri akan terdiri dari dua bagian, yaitu The Story dan The Drawing. Pada bagian The Story Anda akan disajikan sebelas chapter esai layaknya sebuah buku. Sedang di The Drawing akan disediakan berbagai macam gambar penjelasan yang lebih mendetail.

Di akhir chapter, Anda akan menemukan fitur video yang akan menampilkan sejumlah penjelasan dari para ahli sains ternama dunia. Bagi Anda yang memiliki iPad dengan sistem operasi minimal iOS 5.0, silahkan unduh aplikasi ini dengan biaya US$ 13.99.

4 dari 7 halaman

Next


3. TED

TED sendiri merupakan singakatan dari technology, entertainment, dan design. Di dalam aplikasi ini terdapat begitu banyak konten video yang merupakan rekaman pembicara-pembicara ahli dari berbagai bidang.

Konten video ini akan terus bertambah seiring kemunculan versi update-nya.

Dengan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun, aplikasi ini menjadi wajib Anda miliki karena dapat menyediakan referensi dari berbagai bidang ilmu pengetahuan. Bagi Anda yang sedang mengerjakan skripsi atau tesis, aplikasi ini akan amat berguna untuk dimiliki.

5 dari 7 halaman

Next


4. Redshift - Astronomy 

Aplikasi ini akan memberikan Anda informasi seputar ilmu astronomi yang disajikan dalam tampilan animasi 3D menawan. Anda dapat melihat simulasi pergerakan seluruh planet di galaksi dengan kualitas grafis yang sangat baik. Hebatnya lagi, aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan.

Dengan banderol US$ 11.99, tampaknya aplikasi ini cukup bermanfaat bagi Anda yang menyukai dunia astronomi dan memerlukan refrensi lebih lengkap.

6 dari 7 halaman

Next


5. Kingdoms of Plants with David Attenborough

David Attenborough sendiri adalah seorang ahli tanaman ternama yang memiliki sebuah program televisi berjudul Kingdoms of Plants. Program televisi yang dipandunya itu terkenal dengan berbagai teknik videografi sulit, seperti tampilan 3D dan teknik time lapse untuk merekam kehidupan tanaman.

Nah, pada aplikasi ini, seluruh konten video menarik tersebut dapat Anda nikmati via perangkat mobile berbasis iOS 5.0.

Secara penyajian fitur, seluruh konten yang disediakan berefrensi pada program televisi Kingdoms of Plans. Namun, penjelasan interaktif menjadi keunggulan utama dari aplikasi ini.

7 dari 7 halaman

Next


6. Duolingo

Anda ingin anak Anda bisa mengenal banyak bahasa sejak dini? Coba saja aplikasi yang satu ini. Dalam Duolingo, anak akan dilatih untuk mengenal bahasa Spanyol, Perancis, Jerman, Portugis, Italia, dan Inggris.

Tinggal buka aplikasi ini, sign up dengan email Anda, lalu langsung mainkan dan translasikan tiap bahasa asing yang muncul sesuai petunjuk awal. Asyiknya lagi, aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis di App Store. (dhi/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini