Sukses

Operator Manfaatkan Momen Mudik untuk Dekati Pelanggan

Beberapa operator telkomunikasi menggelar acara Mudik Bareng untuk mendekatkan diri dengan pelanggan maupun relasinya.

Pulang kampung di kala hari raya Idul Fitri seakan sudah menjadi kewajiban bagi segelintir orang. Setiap tahun ada sekitar 16 juta orang penduduk Jakarta yang melakukan ritual mudik ke daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan daerah lainnya.

Beberapa operator telkomunikasi memanfaatkan ritual mudik di masyarakat untuk mendekatkan diri dengan pelanggan maupun relasinya. Misalnya PT. Bakrie Telecom Tbk (Esia) yang menyediakan sebuah progam mudik gratis yang diklaim dapat meningkatkan loyalitas pelanggannya.

Untuk menjadi peserta, pelanggan Esia harus mengisi ulang pulsa minimal Rp 50 ribu dan rajin menggunakan layanan komunikasi dari esia selama bulan Juli 2013. Esia kemudian memilih pelanggannya yang masing-masingnya mendapatkan jatah 2 kursi dalam program Mudik Bareng Esia.

Jalur yang disediakan oleh Esia terbagi menjadi 3, yaitu jalur Pantura dengan tujuan akhir di Surabaya, jalur Selatan dengan tujuan akhir di Solo dan yang terakhir adalah jalur Sumatera dengan tujuan akhir Palembang. Pemilihan jalur ini berdasarkan dari tujuan mudik para pemenang program Mudik Bareng Esia.

“Sudah terpilih 150 orang peserta mudik dan kami menyediakan 3 bus yang akan menyusuri 3 jalur mudik dengan tujuan akhir Surabaya, Solo dan Palembang," kata Eka Anwar Director and Chief Marketing Officer PT. Bakrie Telecom Tbk dalam keterangan resminya.

PT Indosat Tbk juga menggelar mudik bareng untuk para relasinya. Operator ini memberangkatkan 500 peserta Mudik yang terdiri dari VIP Oulet Indosat Outlet Community dan PIC Indosat School Community.

Pelaksanaan keberangkatan dengan tujuan akhir Surabaya melalui jalur Utara dan Jalur Selatan. Rombongan Mudik Gratis Indosat dilepas Alexander Rusli selaku CEO dan Presiden Direktur Indosat di Lapangan IRTI Monas, Minggu (4/8/2013).

Selain mendapatkan fasilitas mudik gratis hingga ke tempat ke beberapa daerah di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur setiap pemudik juga diberikan keuntungan lainnya. Indosat dalam keterangan resmi yang Liputan6.com, Selasa (6/8/2013), para peserta Mudik Gratis Indosat diberi Uang Saku Rp 100 ribu dan saldo di layanan Dompetku Rp 100 ribu, kaos dan Konsumsi.

Indosat juga mengaku di dalam rombongan pemudiknya juga terdapat 32 sekolah beserta keluarganya yang melakukan mudik dengan kendaraan pribadi. Indosat memberikan dukungan THR Mudik sebesar Rp 2,5 juta untuk tiap sekolah, kaos dan saldo dompetku sebesar Rp 100 ribu. Sebanyak 32 sekolah yang dipilih Indosat yang berkontrobusi paling besar dengan loyalitas tertinggi di Area Jakarta.

Operator GSM lain yang menggelar acara mudik gratis adalah Telkomsel dan XL. Telkomsel sebagai operator selular terbesar di Indonesia mengaku menyediakan fasilitas mudik gratis untuk 450 orang dengan pesawat, 600 orang dengan kereta api dan 1.500 orang dengan bus.

Sedangkan XL menyediakan 21 bus bagi 850 penumpang, 25 mobil pribadi bagi 100 penumpang, dan tujuh gerbong kereta yang dapat mengangkut 350 penumpang.

Program mudik bernama Bagi-Bagi Mudik (BBM) dari XL diikuti oleh 1.300 orang. Peserta itu berasal dari jajaran frontliners dan para guru yang dipilih oleh XL.

Program mudik gratis seperti ini juga dilakukan oleh berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah. Selain memudahkan para pemudik tentunya loyalitas pelanggan diharapkan semakin besar dengan kehadiran program ini. (den/gal)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini