Sukses

Spesifikasi Galaxy Z Fold 6, HP Layar Lipat Paling Ringan dan Tipis dari Samsung

Samsung Galaxy Z Fold 6 resmi meluncur di Indonesia dengan desain tipis dan ringan, chipset Snapdragon 8 Gen 3, kamera mumpuni, dan berbagai fitur menarik lainnya. Dapatkan spesifikasi lengkap dan harga resminya di sini!

Liputan6.com, Paris - Samsung merilis Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 dalam hajatan Samsung Unpacked 2024 edisi Juli di Paris, Prancis, 10 Juli 2024.

Perbedaan utama dari Galaxy Z Fold 6 dengan pendahulunya, Galaxy Z Flip 5 adalah pada sisi desain hingga peningkatan kemampuan Galaxy AI yang makin cerdas dan memudahkan penggunanya.

Lalu, bagaimana spesifikasi Galaxy Z Fold 6?

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana smartphone layar lipat model fold memiliki bobot yang berat dan begitu tebal, Galaxy Z Fold 6 menjadi smartphone layar lipat model buku dengan desain tertipis dan teringan dari Samsung.

Dengan begitu, perangkat ini jadi lebih nyaman dibawa ke mana-mana, termasuk ketika digunakan dengan satu tangan pun jadi pas dalam genggaman.

Kini, desain Galaxy Z Fold 6 hadir dengan frame yang lebih kotak, simetris, dan pinggiran lurus. Durabilitasnya juga ditingkatkan berkat penggunaan engsel dual rail hinge dan folding edge yang diperkuat.

<p>Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Lapisan layar dalamnya pun ditingkatkkan sehingga membantu mengurangi lipatan sekaligus membuat layarnya lebih kuat. Samsung juga mengklaim kalau layar Galaxy Z Fold 6 dilengkapi dengan Armor Aluminium dan Corning Gorilla Glass Victus 2.

Adapun HP Android ini memiliki layar utama (layar dalam) seluas 7,6 inci jenis Dynamic Amoled 2X (Infinity Flex) dengan resolusi 2.160x1.856 piksel. Perangkat ini masih mengusung refresh rate 120Hz.

Sementara, layar depannya adalah 6,3 inci jenis yang sama dengan resolusi 2.376x 986 pixel, juga dengan refresh rate 120Hz. Adapun tingkat kecerahan layar Galaxy Z Fold 6 adalah 2.600 nits.

Bobot smartphone ini adalah 239 gram, berkurang 14 gram dari bobot Galaxy Z Fold 5 yang mencapai 253 gram.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi hingga Kamera Galaxy Z Fold 6

<p>Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Galaxy Z Fold 6 didukung chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy. Prosesor ini memadukan kinerja CPU, GPU dan performa NPU yang diklaim terbaik. Prosesor ini dioptimalkan untuk pemrosesan AI, grafis, dan performa yang lebih baik.

Sistem pendinginan smartphone ini ditingkatkan dengan memaksimalkan vapor chamber yang lebih besar. Penggunaan vapor chamber yang 1,6 kali ditambah prosesor tersebut membuat performa game lebih lama tanpa mengurangi performa.

Adapun Galaxy Z Fold 6 hadir dengan kamera selfie cover 10MP dengan ukuran piksel 2uM dan aperture f2.2. Kamera selfie bagian dalam menggunakan resolusi 4MP, ukuran piksel 2uM, dengan aperture f1.8.

<p>Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Sementara tiga kamera utamanya adalah ultra-wide 12MP 123 derajat dengan ukuran piksel 1,12uM, dan bukaan f2.2, lalu ada kamera wide-angle 50MP dengan dukungan ukuran piksel 1,12uM, bukaan f2.2 serta sudut lebar 123 derajat.

Ada pula kamera telephoto 10MP dengan kemampuan zoom optik 3x, sensor PDAF, OIS, aperture f2.4, ukuran piksel 1.0uM. Kinerja kamera Samsung Galaxy Fold 6 juga ditingkatkan berkat diterapkannya ProVisual Engine yang ditenagai AI dan pernah ada di Galaxy AI.

 

3 dari 4 halaman

Baterai di Galaxy Z Fold 6

<p>Smartphone layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6 dalam warna Pink. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Smartphone layar lipat ini mengusung baterai berkapasitas 4.400 mAH. Jika diisi dengan pengisian daya cepat 25W, perangkat mamapu terisi 50 persen dalam 30 menit.

Perangkat ini mendapatkan dukungan ketahanan air hingga 1,5 meter selama 30 menit dan debu IP48. Selain itu, Galaxy Z Fold 6 juga sudah menggunakan sistem operasi Android 14 dan One UI 6.1.1, Bluetooth 5.3, WiFI 6E, dan tentunya dukungan 5G.

Sensor-sensor yang ada di smartphone layar lipat ini meliputi fingerprint scanner di sisi perangkat, akselerometer, barometer, gyro, geomagnetik, hingga proximity sensor.

Fitur keamanannya pun dilengkapi Samsung Knox dan Samsung Knox Vault untuk mengamankan informasi penting dan melindungi device.

Galaxy Z Fold 6 juga masih didukung kartu SIM hingga dua Nano SIM dan eSIM. Perangkat ini tersedia dalam opsi warna Silver Shadow, Navy, dan yang terbaru adalah Pink. Bagi konsumen yang melakukan pembelian secara online eksklusif di Samsung.com, mereka juga bisa memilih opsi warna lain yakni Crafted Black dan White.

4 dari 4 halaman

Harga Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6 Lebih Mahal dari Generasi Sebelumnya, Kenapa?

<p>Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 yang baru diluncurkan di Samsung Unpacked 2024 di Paris, Prancis. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)</p>

Samsung resmi mengumumkan kehadiran dua HP Android layar lipat terbaru mereka, Galaxy Z Flip 6 dan Galaxy Z Fold 6 dalam ajang Galaxy Unpacked 2024 di Paris, Prancis.

Mengejutkannya, harga kedua smartphone layar lipat milik Samsung ini ternyata lebih mahal Rp 1,5 juta ketimbang dari Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Flip 5 yang rilis setahun lalu.

Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, mengakui memang harga Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6 lebih mahal dari generasi sebelumnya.

"Ya, harga kedua ponsel layar lipat yang baru kita luncurkan ini lebih mahal karena rupiah yang melemah," kata Verry kepada tim Liputan6.com.

Verry menjelaskan, "karena untuk harga Juli 2023, dolar kala itu sekitar 14-15 ribu, sekarang 16.300 dan lebih ke 16.400."

Karena adanya rate kenaikan currency hingga 9 persen ini, menjadikan semua model lebih mahal 100 dolar. "Flip 6 sekitar 9 persen, dan Fold 6 di 6 persen."

Meski mengalami kenaikan, Verry sendiri mengungkap harga Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 ini juga diimbangi dengan sejumlah fitur baru dan peningkatan di berbagai hal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.