Sukses

Top 3 Tekno: Starlink Bakal Beroperasi di Indonesia Pertengahan Mei 2024 Jadi Sorotan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan internet berbasis satelit milik Starlink akan segera beroperasi di Indonesia pada pertengahan Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan internet satelit milik Starlink akan segera beroperasi di Indonesia pada pertengahan Mei 2024.

Berita ini menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Senin (6/5/2024) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari Samsung Galaxy A53, A54, dan S21 FE yang akan kebagian update One UI 6.1.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Menko Luhut: Internet Starlink Bakal Diluncurkan Pertengahan Mei 2024

Internet berbasis satelit milik Elon Musk, Starlink, bakal segera beroperasi di Indonesia pada pertengahan Mei 2024. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

"Secara resmi, kami akan meluncurkan Starlink dalam waktu dua minggu dari sekarang," ujar Luhut, seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Antara, Senin (6/5/2024).

Menurut Luhut, peluncuran Starlink ini akan berdampak baik bagi Indonesia. Pasalnya, menurut dia, ada banyak blink spot atau wilayah yang tak terkover internet di Indonesia. Titik-titik ini membutuhkan akses internet.

Bahkan Luhut menuturkan, saat ini Indonesia bersama Starlink telah menandatangani kesepakatan dan lisensi untuk mengoperasikan layanan internet Starlink di Indonesia.

Luhut mengaku sudah berbicara dengan Elon Musk terkait dengan operasional Starlink di Indonesia.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Samsung Galaxy A53, A54, dan S21 FE Bakal Segera Kebagian Update One UI 6.1, Kapan?

Samsung dikabarkan akan menambah daftar perangkat yang mendapatkan update One UI 6.1. Informasi ini diketahui dari laporan akun leaker Bernama @theonecid.

Mengutip informasi dari Sammobile, Senin (6/5/2024), update One UI 6.1 kali ini dijadwalkan meluncur untuk lini smartphone rilisan lebih lawas yakni Galaxy A53 dan Galaxy S21 FE yang diperkenalkan di 2022. Lalu, ada Galaxy A54 yang rilis tahun lalu.

Disebutkan, One UI 6.1 untuk ketiga smartphone tersebut akan hadir untuk pengguna di Kanada pada 14 Mei 2024. Dengan informasi ini, ada kemungkinan wilayah lain akan mendapatkan update lebih cepat atau lambat dari tanggal tersebut.

Alasannya, pengguna di wilayah Eropa biasanya mendapatkan update lebih cepat dari Kanada, termasuk Asia. Namun setidaknya dengan bocoran ini, informasi soal kehadiran One UI terbaru di perangkat lain mulai bisa diperkirakan.

Untuk diketahui, berdasarkan informasi terkini, tidak semua perangkat lama memang akan mendapatkan update ke One UI 6.1 Dilaporkan, selain Galaxy S21 FE, lini Galaxy S20 ke bawah disebut tidak akan mendapatkan update tersebut.

Begitu juga untuk lini HP layar lipat, seperti Galaxy Z Fold 2 atau Galaxy Z Flip 2 termasuk seri di bawahnya disebut tidak bisa menjajal pengalaman menggunakan One UI paling baru tersebut.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. 4 Rumor Bocoran Desain iPhone 16, Apa Bedanya Sama iPhone 15?

Desain iPhone mengalami beberapa perubahan dari tahun ke tahun, dengan penambahan estetika yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

iPhone memiliki garis desain yang sama dalam beberapa tahun terakhir. Kendati demikian, bukan berarti tidak ada perubahan sama sekali. Apple menerapkan desain Titanium baru pada iPhone 15 Pro, dan pilihan warna yang beragam di iPhone 15.

Selain menghadirkan perubahan estetika, iPhone juga menghilangkan fitur yang dianggap ketinggalan zaman. Contohnya, dikutip dari CNET, Minggu (5/5/2024), Apple memutuskan untuk menghilangkan headphone jack di iPhone 7, serta menghilangkan slot kartu SIM untuk lini iPhone 14 yang dijual di AS.

Perubahan perombakan desain iPhone terbesar terjadi pada tahun 2020 ketika Apple mengubah bentuk iPhone 12 menjadi lebih rata dengan tepian mengotak.

Kini, terdapat rumor mengenai perubahan desain pada lini iPhone 16 yang akan diluncurkan pada September 2024 mendatang. Di antara perubahan terbesar yang dirumorkan adalah penambahan tombol baru untuk kedua lini iPhone 16 dan 16 Pro.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.