Sukses

Apple Vision Pro Bantu Dokter Bedah Lakukan Operasi Bahu Pasien

Baru-baru ini, perangkat Apple Vision Pro telah membantu dokter bedah di Florida, Amerika Serikat untuk membantu saat operasi penggantian bahu.

Liputan6.com, Jakarta - Vision Pro adalah perangkat headset dari Apple. Produk ini mengemas banyak teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan.

Salah satunya ditujukkan baru-baru ini adalah Apple Vision Pro dimanfaatkan untuk membantu dokter bedah melakukan operasi penggantian bahu. 

Dikutip dari Gizmochina, Sabtu (6/4/2024), headset Apple ini menjadi sorotan setelah digunakan dalam operasi penggantian bahu yang dilakukan di Florida.

G. Russell Huffman dari Rothman Orthopaedic Institute melakukan operasi penting yang memanfaatkan Vision Pro. Operasi berlangsung di AdventHealth Surgery Center di Orlando, Florida, Amerika Serikat.

Berikut cara dokter bedah tersebut melakukan operasi dengan bantuan Apple Vision Pro:

  • Mengurangi Kontak di Area Steril: Dokter menerima pengaturan bedah, inventaris, dan panduan prosedur langsung melalui Vision Pro, sehingga tidak perlu menyentuh permukaan alat operasi yang berpotensi mengkontaminasi di dalam ruang operasi.
  • Peningkatan Efisiensi saat Operasi Bedah: Teknologi ini menyederhanakan akses terhadap informasi, sehingga dapat menghasilkan prosedur yang lebih cepat dan efisien.

Penggunaan headset Apple itu dalam operasi medis juga tak lepas bantuan software dari eXeX.

Perusahaan ini mengembangkan myMako, aplikasi yang mendukung jalannya beberapa operasi, seperti penggantian pinggul, lutut, dan sebagian lutut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pakai Aplikasi Khusus untuk Operasi Bedah

Menurut eXeX, teknologi ini dapat memberikan hasil yang lebih baik bagi pasien, termasuk waktu pemulihan yang lebih singkat dan rasa sakit yang berkurang, jika dibandingkan dengan operasi penggantian sendi tradisional.

eXeX telah mencantumkan manfaat utama dari kombinasi Vision Pro dan myMako, yaitu:

  • Ahli bedah dapat mengakses informasi penting – pengaturan bedah, inventaris, dan panduan prosedur – langsung melalui headset, sehingga menghilangkan kebutuhan akan kontak fisik dengan permukaan yang berpotensi terkontaminasi.
  • Aplikasi myMako memberikan data dan visualisasi bagi ahli bedah, sehingga penggunaan peralatan dan keseluruhan alur kerja menjadi lebih akurat.

Dengan potensi peningkatan efisiensi dan akurasi, teknologi ini mungkin berkontribusi terhadap hasil yang lebih baik bagi pasien, termasuk mengurangi rasa sakit dan waktu pemulihan yang lebih cepat.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Terkait Penggunaan Apple Vision Pro

Sejak diluncurkan, Apple Vision Pro telah memperluas jangkauan layanan kesehatan yang tersedia di pasar.

Kolaborasi antara Apple dan eXeX membawa inovasi yang diharapkan dapat mengubah cara pemberian layanan kesehatan di masa mendatang.

Rumah Sakit Cromwell dan para profesional kesehatan yang terlibat berkomitmen terus mengadopsi teknologi terkini guna meningkatkan kualitas perawatan bagi semua pasien.

Harapan akan kemajuan teknologi ini juga terlihat dari pernyataan Kate Bovell, Chief Operating Officer di Rumah Sakit Cromwell, yang menyatakan komitmen rumah sakit dalam mengadopsi inovasi untuk meningkatkan layanan kesehatan.

Dengan potensi baru dari Apple Vision Pro dan dukungan dari komunitas pengembang, masa depan layanan kesehatan tampak semakin menjanjikan dengan teknologi lebih canggih untuk kepentingan pasien dan praktisi medis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.