Sukses

Uji Performa Apple M4 di iPad Pro 2024, Lebih Kencang dari MacBook Pro?

Chip Apple M4 di iPad Pro memiliki performa yang lebih kencang dari MacBook Pro dengan chip M3.

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah memperkenalkan iPad Pro dan iPad Air di acara Apple Event "Let Loose" minggu lalu. Kedua produk tersebut hadir dengan dua ukuran berbeda, yakni 11 inch dan 13 inch.

Pada acara yang digelar 7 Mei 2024, Apple membuat perbandingan antara performa iPad Pro dengan prosesor M2 dengan iPad Pro terbaru yang menggunakan chip M4.

Terlihat performa dari M4 yang dipakai iPad Pro 2024 menghadirkan beberapa peningkatan dari generasi sebelumnya.

Klaim Apple tersebut dibuktikan dengan uji benchmark Geekbench yang dilakukan oleh salah satu pengguna X/Twitter.

Dikutip dari Gizmochina, Senin (14/5/2024), iPad Pro 2024 memiliki skor 3,767 untuk single core dan 14,677 untuk multi core. Hasil tersebut membuktikan klaim Apple yang mengatakan bahwa chip M4 di iPad Pro terbaru 1,5 kali lebih cepat dari iPad Pro sebelumnya yang menggunakan chip M2.

Keputusan Apple untuk langsung menggunakan chip M4 untuk iPad Pro alih-alih menggunakan chip M3 yang telah digunakan di MacBook Pro terbilang berani. Padahal, jarak dari peluncuran M3 dengan M4 hanya berkisar tujuh bulan.

Kendati demikian, Apple M4 menghadirkan peningkatan kinerja sebesar 25 persen lebih cepat ketimbang chip M3 di MacBook Pro, seperti yang terlihat pada skor Geekbench.

iPad Pro M4 baru memiliki peningkatan 22% lebih cepat dalam performa single-core dan 25% lebih cepat dalam performa multi-core dari generasi sebelumnya. Hal tersebut menjadikan M4 di iPad Pro lebih cepat ketimbang chip M3 di MacBook Pro.

Perlu dicatat, hasil uji Geekbench tersebut menggunakan chip M4 yang memiliki 10-core. Sebagai informasi, Apple menghadirkan chip M4 dalam dua konfigurasi berbeda.

Untuk iPad Pro varian 256GB dan 512GB memiliki 9-core dengan 3-core performa, sedangkan varian 1TB dan 2TB memiliki 10-core dengan 4-core performa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPad Pro Resmi Dirilis

iPad Pro 2024 diumumkan Apple dalam acara live streaming bertajuk "Let Loose" pada Selasa malam, 7 Mei 2024.

iPad Pro 2024 sendiri tampil dengan dua ukuran layar--seperti iPad Air 2024, yakni 11 inci dan 13 inci. Berbeda dari generasi sebelumnya, tablet baru Apple ini tampil dengan desain lebih fresh.

Perusahaan berbasis di Cupertino ini juga menyematkan hardware kelas atas, dan peningkatan besar-besaran di panel layar kedua iPad Pro versi 2024.

"Hari ini, kami melangkah lebih jauh dengan iPad Pro baru, sangat tipis dan ringan, pembaruan terbesar kami untuk iPad Pro,” kata John Ternus, Senior Vice President of Hardware Engineering Apple.

Lalu seperti apa spesifikasi dan harga iPad Pro 2024 ini? Cek lengkapnya di bawah ini.

Sesuai rumor yang beredar, Apple menggunakan layar OLED di kedua tablet barunya ini dengan menyebutnya Ultra Retina XDR Display.

Peningkatan di layar ini sangat besar, di mana pada seri iPad Pro sebelumnya raksasa teknologi tersebut hanya menggunakan panel miniLED.

Berbekal panel baru tersebut, Apple mengklaim layar iPad Pro baru mereka akan menampilkan warna hitam lebih pekat, saturasi lebih kaya, dan kontras ditingkatkan.

Dijelaskan, layar tablet baru Apple ini memiliki struktur panel OLED tandem yang mampu menghasilkan tingkat kecerahan 1.000 nits dan 1.600 nits saat menampilkan konten HDR.

3 dari 4 halaman

Langsung Pakai Chip M4

Menariknya, perusahaan tidak menggunakan chipset M3 untuk lini iPad Pro baru ini. Alih-alih, Apple memasangkan chip M4 yang diklaim memiliki performa 50 persen lebih cepat dibandingkan M2.

Kendati demikian, mengutip dari Android Authority, Kamis (9/5/2024), konfigurasi 10-core di iPad Pro 2024 ini hanya ditemukan pada iPad Pro varian 1TB dan 2TB.

Sementara, varian standar 256GB dan 512GB ditenagai Apple M4 dengan 9-core CPU dengan tiga core performa dan enam core efisiensi.

Apple menjelaskan, chipset M4 ini dibangun berdasarkan arsitektur GPU M3 yang sudah dilengkapi sejumlah fitur canggih mulai dari Dynamic Caching hingga Ray Tracing.

Apple M4 juga ditenagai 10-core GPU dengan arsitektur sama dengan chip M3. Adapun perbedaan GPU ini dari generasi sebelumnya adalah penggunaan teknologi Dynamic Caching terbaru yang diklaim Apple dapat meningkatkan kinerja grafis untuk bermain game layaknya konsol game.

Tak hanya itu, perusahaan juga sudah melengkapi chip M4 ini dengan Neural Engine paling canggih buatan mereka. Apple mengklaim, NPU miliknya ini mampu melakukan 38 triliun operasi per detik.

 

4 dari 4 halaman

Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro 2024 yang Kontroversial

Di sisi lain, Iklan iPad Pro terbaru milik Apple menuai kritik pedas dari banyak pihak, khususnya dari kalangan komunitas kreatif.

Sebagai konteks, Apple memperkenalkan iPad Pro terbaru mereka dengan chipset M4 dan tampil sebagai produk paling tipis buatan perusahaan.

Sebagai bentuk promosi berbagai hal kreatif yang bisa dilakukan oleh iPad Pro terbaru itu, Apple menayangkan iklan berjudul "Crush!" yang memperlihatkan berbagai benda, seperti piano, cat, hingga pemutar rekaman diratakan oleh mesin press hidrolik.

Pada akhir iklan iPad Pro tersebut dan mesin press hidrolik kembali terbuka, yang tersisa hanyalah tablet teranyar milik perusahaan. Sontak, kritik pedas tentang iklan iPad Pro 2024 pun dilayangkan berbagai pihak.

Sadar iklan tersebut menjadi pembicaraan, Tor Myhren, Apple’s vice president of marketing mengeluarkan pernyataan. Dilansir Ad Age, Jumat (10/5/2024), Tor mengatakan, Apple telah "meleset dari sasaran."

“Kreativitas ada dalam DNA kami di Apple, dan sangat penting bagi kami untuk merancang produk yang memberdayakan orang-orang kreatif di seluruh dunia,” kata Myhren kepada Ad Age.

“Tujuan kami adalah untuk selalu merayakan berbagai cara pengguna mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka melalui iPad. Kami meleset dari sasaran dalam video ini, dan kami minta maaf.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.