Sukses

Samsung Bakal Rilis Galaxy Z Fold FE dan Galaxy Z Flip FE, Cek Spesifikasi Kuncinya

Menurut laporan terbaru, Samsung akan meluncurkan Galaxy Z Fold FE dan Galaxy Z Flip FE.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor mengenai smartphone layar lipat versi terjangkau dari Samsung telah beredar sejak beberapa bulan lalu. Perusahaan asal Korea Selatan itu dikabarkan bakal meluncurkan Galaxy Foldable versi FE.

Terbaru, seperti dikutip dari GSM Arena, Jumat (5/4/2024), Samsung ternyata dilaporkan bakal meluncurkan dua model sekaligus, yakni Galaxy Z Fold FE dan Galaxy Z Flip FE. Spesifikasi soal kedua perangkat itu pun sudah mulai terungkap.

Disebutkan, Galaxy Z Fold FE akan memiliki ukuran 155.1 x 67.1 x 14.2mm ketika dilipat. Lalu, smartphone ini akan dipersenjatai dengan dua opsi chipset, yakni Snapdragon atau Exynos, tergantung pasar.

Adapun chipset Exynos yang digadang-gadang akan dipakai di smartphone ini adalah Exynos 2300. Kabarnya, Galaxy Z Fold FE akan dibekali dengan RAM 12GB.

Sementara untuk Galaxy Z Flip FE akan memiliki ukuran 165.2 x 71.9 x 6.9 mm ketika dibuka. Smartphone ini akan dipersenjatai dnegan Snapdragon 7s Gen 2 dengan opsi RAM 8GB.

Kedua perangkat ini disebut akan sama-sama memiliki ROM 256GB dan 512GB. Kendati demikian, informasi ini masih sebatas rumor, sehingga tidak tertutup kemungkinan ada perubahan sebelum benar-benar perangkat itu dirilis.

Di sisi lain, kedua perangkat ini kemungkinan akan diperkenalkan bersama dengan lini Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. Karenanya, ada kemungkinan perangkat itu akan memakai nama Galaxy Z Fold 6 FE dan Galaxy Z Flip 6 FE. 

Dari laporan sebelumnya, Galaxy Z Fold FE merupakan versi Galaxy Z Fold dengan harga lebih terjangkau. Karenanya, smartphone ini tidak akan mendapatkan dukungan S Pen. 

Absennya S-Pen dari Z Fold 6 FE disebut menjadi strategi Samsung untuk bisa menekan biaya agar lebih terjangkau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6: Bakal Berbalut Bodi Titanium, Mirip Galaxy S24 Ultra

Di sisi lain, bocoran Galaxy Z Fold 6 semakin ramai beredar di internet, di mana kali ini disebutkan ponsel layar lipat baru Samsung itu mengadopsi lini Galaxy S.

Galaxy Z Fold 6 rumornya bakal tampil dengan bodi titanium, sama seperti Galaxy S 24 Ultra yang Samsung umumkan pada Januari 2024.

Informasi ini diungkap oleh blogger teknologi Revegnus di akun X--sebelumnya dikenal bernama Twitter--pribadinya, yakni @Tech_Reve. Dia mencuitkan, "Z Fold 6 dilengkapi dengan titanium."

Diketahui, Galaxy Z Fold 5 yang diumumkan pada Agustus 2023 masih pakai bodi aluminium. Bila benar, maka ini akan menjadi HP Android kedua Samsung dengan bodi titanium.

Perubahan material bodi di HP layar lipat Samsung ini cukup wajar, mengingat Galaxy Z Fold 6 sendiri dibanderol harga lebih mahal dan canggih ketimbang lini Flip 6.

Tak hanya itu, penggunaan material titanium juga diyakini membuat ponsel layar lipat Samsung ini menjadi lebih kuat dan ringan saat dipakai.

Selain itu, bodi titanium akan menjadikan Galaxy Z Fold 6 ini lebih terkesan premium, dan tentunya lebih tahan banting ketimbang generasi Z sebelumnya.

Berdasarkan rumor yang beredar saat ini, Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 akan diumumkan dalam acara Galaxy Unpacked 2024 pada Juli mendatang.

Setelah itu, perusahaan Korea tersebut akan mengumumkan kehadiran Galaxy Z Fold 6 FE pada September atau Oktober tahun ini.

Adapun peluncuran layar lipat seri FE ini untuk memenuhi kebutuhan, dan keinginan konsumen untuk HP Android lipat dengan harga lebih terjangkau.

3 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Z Fold 6 Ultra Bakal Dirilis, Tapi Hanya di Korea Selatan!

Selain itu, ada pula rumor tentang Galaxy Z Fold 6 Ultra, yang hadir dengan berbagai peningkatan di berbagai hal kembali ramai menjadi pembicaraan.

Kali ini, Galaxy Z Fold 6 Ultra disebut-sebut memang akan meluncur di pasaran. Akan tetapi ada beberapa hal dan kendala yang perlu diperhatikan.

Apa kendalanya? HP Android layar lipat terbaru milik Samsung ini disebut-sebut tidak akan meluncur secara global.

Mengutip Android Central via SamMobile, Selasa (2/4/2024), model reguler Galaxy Z Fold 6 akan memiliki nomor model SM-F956, dan Galaxy Z Fold 6 Ultra memiliki nomor SM-F958.

Jika diperhatikan, nomor model untuk versi 'Ultra' ini tidak menggunakan angka "6" seperti model Galaxy Z Fold sebelumnya.

Indormasi, Galaxy Z Fold 5 saat ini menggunakan nomor model SM-F946. Sementara itu, Galaxy S24 Ultra mengusung nomor model SM-S928.

Bila memang benar, angka "8" di nomor model tersebut menandakan Samsung akan meluncurkan HP Galaxy Z Fold 6 Ultra.

 

4 dari 4 halaman

Rumor Penamaan Galaxy Z Fold 6

Kabar lain datang dari leaker kenamaan Max Jambor menyebutkan, ada beberapa petunjuk tentang tiga sebutan model terkait dengan seri Z.

Misalnya, Samsung menyebut Galaxy Z Fold 6 sebagai "Q6" dan Z Flip 6 sebagai "B6". Namun, ada sebutan misterius "Q6a" yang beredar.

Selain itu, mencuat juga varian Galaxy Z Fold 6 Ultra memiliki nomor SM-F958N. Huruf "N" menunjukkan, HP Android itu dirancang khusus untuk Korea Selatan.

Jika rumor ini benar, dapat dipastikan HP layar lipat Samsung ini tidak akan keluar dari negara kelahiran perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini