Sukses

Top 3 Tekno: Hacker Rusia Incar Politisi Jerman hingga Modus SIM Swapping

Berita terkait hacker elit Rusia yang menargetkan sejumlah politisi Jerman, menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Berita terkait hacker elit Rusia yang menargetkan sejumlah politisi Jerman, menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (26/3/2024) kemarin.

Informasi lain yang juga populer yaitu mengenai modus kejahatan SIM Swapping alias pembajakan nomor HP.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Peringatan Google: Hacker Elit Rusia Incar Data Politisi Jerman

Hacker elit yang terkait dengan intelijen Rusia menargetkan beberapa partai politik Jerman dengan tujuan menyusup ke dalam jaringan mereka dan mencuri data.

Informasi ini dikeluarkan oleh badan keamanan siber Jerman dan peneliti keamanan yang bekerja untuk perusahaan induk Google, Alphabet.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan minggu lalu, unit siber Mandiant milik Alphabet mengatakan pihaknya telah menangkap kelompok peretas (hacker Rusia) yang dikenal sebagai APT29.

Intelijen Barat menuduh kelompok itu bertindak atas nama agen mata-mata asing SVR Rusia, mencoba mengelabui 'tokoh politik (politisi) penting Jerman' agar membuka diri.

Peretas mengirim sebuah email yang menyamar sebagai undangan ke acara makan malam pada tanggal 1 Maret yang diselenggarakan oleh Uni Demokratik Kristen (Christian Democratic Union/CDU), partai politik kanan-tengah Jerman.

Peringatan yang diedarkan oleh badan siber BSI Jerman dan ditinjau oleh Reuters merujuk pada insiden yang sama, menyatakan bahwa mata-mata siber yang didukung negara menargetkan partai politik Jerman dalam upaya membangun akses jangka panjang dan mengambil data.

Dalam pernyataannya, sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (26/3/2024), CDU mengaku pihaknya telah lama terkena serangan digital dari aktor dalam dan luar negeri.

Baca selengkapnya di sini 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kenali Modus Kejahatan SIM Swapping Alias Pembajakan Nomor HP dan Cara Menghindarinya

Hidup di zaman serba digital, pengguna smartphone dan internet perlu berhati-hati terhadap berbagai modus kejahatan yang kini marak.

Salah satunya adalah modus pembajakan nomor HP atau yang dikenal sebagai SIM Swapping. Metode serangan ini bukan hal baru, tetapi bisa menjadi ancaman nyata.

Mengutip keterangan Kaspersky, Selasa (27/3/2024), SIM swapping adalah metode serangan untuk membajak nomor ponsel korban dan mentransfernya ke perangkat milik penyerang.

Sederhananya, penyerang tersebut menuju ke kantor operator telekomunikasi seluler, entah bagaimana, kartu SIM baru telah dimasukkan nomor korbannya.

Penyerang kemudian memakai nomor tersebut untuk melakukan berbagai penipuan, salah satunya dengan mendapatkan kode OTP yang dikirim ke nomor HP korbannya.

Pasalnya setelah dapat kode OTP, penyerang bisa mengkonfirmasi transaksi menggunakan kode yang disadap.

Baca selengkapnya di sini 

3 dari 4 halaman

3. HP Xiaomi 14 dengan Lensa Leica Resmi Rilis di Indonesia, Harganya Rp 11 Jutaan

Setelah rilis di Barcelona, Spanyol, dua bulan lalu, Xiaomi resmi memboyong flagship smartphone terbaru Xiaomi 14 ke Indonesia.

HP yang berkolaborasi dengan Leica ini dibanderol Rp 11,9 juta. Hanya satu versi yang dirilis di Indonesia yakni Xiaomi 14 dengan RAM 12GB dan memori internal 256GB.

Adapun penjualan perdana Xiaomi 14 baru dilakukan mulai 29 Maret 2024.

Nilai jual utama dari Xiaomi 14 adalah kemampuan fotografi. Hal ini tak lepas dari kolaborasi perusahaan teknologi asal Tiongkok itu dengan Leica.

Pasalnya, kamera Xiaomi 14 menggunakan lensa Summilux generasi terbaru untuk memberikan pengalaman fotografi smartphone yang lebih autentik.

Product Marketing Manager, Xiaomi Indonesia, Calvin Nobel, mengatakan kolaborasi Xiaomi dan Leica menghadirkan Xiaomi 13 yang memiliki 'Lens to Legend'.

"Lens to Legend mengartikan bahwa user bisa mengubah momen ordinary jadi legendary memories," ujar Calvin saat acara peluncuran HP Xiaomi 14, Selasa (26/3/2024) di Jakarta.

Menurutnya, kerja sama dengan Leica menghadirkan generasi berikutnya dari optik Leica.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.