Sukses

HP Xiaomi 14 dengan Lensa Leica Resmi Rilis di Indonesia, Harganya Rp 11 Jutaan

Xiaomi resmi memboyong salah satu flagship smartphone-nya ke Indonesia, Xiaomi 14. Perangkat ini mengunggulkan kemampuan fotografi berkat kerja sama dengan pembesut teknologi fotografi Leica.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah rilis di Barcelona, Spanyol, dua bulan lalu, Xiaomi resmi memboyong flagship smartphone terbaru Xiaomi 14 ke Indonesia.

HP yang berkolaborasi dengan Leica ini dibanderol Rp 11,9 juta. Hanya satu versi yang dirilis di Indonesia yakni Xiaomi 14 dengan RAM 12GB dan memori internal 256GB. 

Adapun penjualan perdana Xiaomi 14 baru dilakukan mulai 29 Maret 2024.

Nilai jual utama dari Xiaomi 14 adalah kemampuan fotografi. Hal ini tak lepas dari kolaborasi perusahaan teknologi asal Tiongkok itu dengan Leica.

Pasalnya, kamera Xiaomi 14 menggunakan lensa Summilux generasi terbaru untuk memberikan pengalaman fotografi smartphone yang lebih autentik.

Product Marketing Manager, Xiaomi Indonesia, Calvin Nobel, mengatakan kolaborasi Xiaomi dan Leica menghadirkan Xiaomi 13 yang memiliki 'Lens to Legend'.

"Lens to Legend mengartikan bahwa user bisa mengubah momen ordinary jadi legendary memories," ujar Calvin saat acara peluncuran HP Xiaomi 14, Selasa (26/3/2024) di Jakarta.

Menurutnya, kerja sama dengan Leica menghadirkan generasi berikutnya dari optik Leica.

Kamera

Bicara kolaborasi dengan Leica, Xiaomi 14 hadir dengan tiga kamera utama dengan focal length luas, dari 14mm hingga 75mm.

Di atas kertas, lensa Xiaomi terdiri dari 50MP wide, telephoto 50MP yang dibekali OIS untuk mendukung fotografi makro, dan lensa ultra-wide 50MP.

Masih soal fotografi, kamera Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux yang memiliki aperture ƒ/1.6 pada kamera utama.

Lensa tersebut dikombinasikan dengan sensor gambar Light Fusion 900 dan mengoptimalkan dynamic range hingga 13,5 EV.

Kamera Xiaomi 14 juga menawarkan lensa floating telephoto Leica 75mm yang telah diakui kualitasnya, dengan jarak fokus minimum hanya 10cm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Layar

Xiaomi 14 mengusung layar 6,36 inci jenis Super AMOLED dengan resolusi 2670x1200 piksel. Tingkat kecerahan puncaknya mencapai 3000 nits.

Layar Xiaomi memiliki refresh rate antara 1-120Hz untuk pengalaman scrolling yang lancar.

Desain

Xiaomi 14 hadir dengan bodi kompak--ketebalan hanya 8,2mm. Ada tiga opsi warna yang dibawa yakni Black, White, dan Jade Green.

Xiaomi mengusung desain panel belakang melengkung. Tujuannya adalah untuk memberi kenyamanan dan keamanan saat digenggam dalam waktu lama sekalipun.

Xiaomi memindahkan speaker ke dalam layar dan port inframerah di dalam dekorasi kamera sehingga tampilan ponsel ini lebih bersih pada bingkai atas dan samping.

Xiaomi 14 mengusung bezel ultra-tipis, menyatukan sirkuit panel di dalam layar sehingga bezel bawahnya hanya 1,71mm. Semua dilakukan demi pengalaman layar yang lebih imersif.

3 dari 5 halaman

Chipset, Baterai, dan Memori

Xiaomi 14 didukung chipset Snapdragon 8 Gen 3 dengan peningkatan kinerja CPU 32 persen, GPU 34 persen, dan penurunan konsumsi daya hingga 38 persen.

Untuk pendinginan, Xiaomi menggunakan sistem pendinginan Xiaomi IceLoop yang mampu mendinginkan perangkat saat dipakai merekam video, komputasional fotografi, AI real-time, dan gaming.

Xiaomi 14 menggunakan daya 4.610mAh yang didukung isi daya cepat HyperCharge 90W dan pengisian nirkabel 50W.

 

4 dari 5 halaman

Xiaomi HyperOS

Perangkat ini sudah didukung sistem operasi terkini Xiaomi HyperOS. Xiaomi klaim sistem operasi ini dikembangkan 7 tahun lamanya.

Dengan HyperOS tersebut, pengguna Xiaomi 14 diklaim bisa merasakan peningkatan signifikan dalam kelancaran sistem, antarmuka penggunaan dengan grafis lebih kaya, konektivitas antarperangkat yang mulus, dan fitur privasi komprehensif.

5 dari 5 halaman

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.