Sukses

Rahasia Baterai iPhone Awet: Manfaatkan Fitur Canggih Ini

Fitur Charging Optimization di iPhone dapat menjaga kesehatan baterai dengan membatasi pengecasan hingga 80 persen dari total kapasitas baterai.

Liputan6.com, Jakarta - Baterai di smartphone akan berkurang masa pakainya seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan baterai di ponsel.

Beberapa produsen smartphone telah memberikan fitur untuk menjaga baterai agar tetap prima, termasuk fitur Charging Optimization di iPhone.

Di menu ini, pengguna dapat mengoptimalkan masa pakai baterai dengan menggunakan beberapa mode daya pengisian baterai. Dan salah satu mode di iPhone tersebut adalah penghentian pengecasan di 80 persen.

Fitur ini membatasi pengisian daya baterai ponsel hingga 80 persen saja. Dengan pembatasan kapasitas baterai, diharapkan dapat membuat umur baterai menjadi lebih panjang.

Menurut Apple, sebagaimana dikutip dari ZDNET, Selasa (25/3/2024), dengan penggunaan fitur Charging Optimization, baterai di iPhone dapat mencapai 1000 kali pengecasan.

Meskipun mengecas hingga 80% berarti kehilangan seperlima dari total kapasitas baterai, namun baterai iPhone yang tidak diisi penuh tetap memberikan daya tahan yang lama.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan oleh ZDNET terhadap baterai iPhone 15 Pro Max yang diisi sampai 80 persen, dengan penggunaan sedang hingga berat, baterai tersebut hanya berkurang 32%, menyisakan 48 persen dari total kapasitas.

Selain membuat daya tahan baterai ponsel Apple ini menjadi lebih tahan lama, pengecasan hingga 80 persen juga membuat masa pakai baterai juga lebih panjang, sehingga meminimalisir kerusakan pada baterai.

Kendati demikian, jika ingin bepergian jauh, usahakan untuk mematikan fitur Charging Optimization dan pastikan untuk membawa powerbank untuk memberi daya lebih pada HP Apple ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layar iPhone 16 Series Bakal Tampil dengan Bezel Lebih Tipis

Sementara itu, Bocoran iPhone 16 series kembali beredar di internet, di mana sebuah render 3D memperlihatkan bentuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

Lewat render itu, iPhone 16 Pro akan memiliki ukuran layar 6.27 inci dan iPhone 16 Pro Max berukuran 6.85 inci.

Dilansir publikasi Korea Sisa Journal-E, Apple telah mengembangkan teknologi "Border Reduction Structure" atau BRS. Apa itu?

Sesuai dengan namanya, teknologi ini akan membuat atau mengurangi ukuran bezel layar semakin kecil dari lini iPhone 15 saat ini.

“Perusahaan tampaknya tidak memandang teknologi BRS sebagai teknologi yang sangat sulit,” klaim salah satu orang dalam.

Disebutkan, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki 149.6 x 71.45 x 8.25mm and 163 x 77.58 x 8.25mm.

Duo HP Apple baru ini lebih tinggi 3mm dan lebih lebar 1mm dari iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Selain model Pro, kabarnya dua ponsel iPhone 16 lainnya juga akan memiliki layar dengan BRS ini.

Dengan pengurangan bezel ini, banyak pihak meyakini pembuangan panas di ponsel akan menjadi masalah saat menggunakan HP iPhone ini dalam waktu lama.

Akan tetapi, Apple menemukan solusi sederhana yang akan diadopsi oleh tiga pemasok layar mereka, Samsung Display, LG Display, dan BOE.

3 dari 4 halaman

iPhone 17 Bakal Hadir dengan Layar Anti-Reflektif

iPhone 17, lini ponsel baru Apple disebut-sebut akan tampil dengan layar anti-reflektif lebih tahan gores dibandingkan Ceramic Shield di iPhone 15.

Informasi ini diungkap pembocor Instant Digital di media sosial (medsos) Weibo. Dia mengklaim, kaca luar iPhone 17 memiliki lapisan anti-reflektif super keras.

“Lapisan anti-reflektif super keras ini lebih tahan gores dari yang Anda kira,” mengutip Instant Digital.

Menurut leaker, peralatan pelapis tersebut baru saja diserahkan ke rantai pasokan Tiongkok. Karena itu, kaca lapisan ini belum terpasang di seri iPhone 16.

Diketahui, Ceramic Shield adalah nama pemasaran untuk bahan kaca-keramik yang dikembangkan oleh Corning dan kolaborasi dengan Apple.

Apple mengatakan, Ceramic Shield pada iPhone 15 diklaim lebih tangguh dari kaca HP Android atau iOS lainnya.

Perusahaan memperkenalkan teknologi ini pada model iPhone 12 pada 2020, dan lebih kuat 4x dibandingkan dengan iPhone 11.

4 dari 4 halaman

iPhone 17 dan iPhone 17 Plus Bakal Pakai Layar 120Hz dan Dilengkapi Fitur Always-on

Di sisi lain, rumor iPhone 17 dan iPhone 17 Plus bakal menggunakan layar dengan refresh rate 120Hz dan fitur Always-on mencuat di internet.

Mengutip The Elec via GSM Arena, Apple berencana menghadirkan panel LTPO OLED premium ke iPhone lebih murah pada 2025.

Kabar ini didapatkan berdasarkan laporan rantau pasokan terbaru, dan keputusan untuk menggunakan panel LTPO agar pengguna iPhone 17 series bisa mengontrol kecepatan refresh.

Diketahui, Apple telah memperkenalkan apa yang disebut layar ProMotion dengan kecepatan refresh 120Hz beberapa generasi HP iPhone sebelumnya.

Akan tetapi, perusahaan berbasisi di Cupertino, AS tersebut belum pasangkan kemampuan layar tersebut ke lini iPhone murah.

Bila rumor ini benar, maka besar kemungkinan kita akan mendapati teknologi layar ini di iPhone 17 dan iPhone 17 Plus.

Selain mengadopsi refresh rate 120Hz, duo iPhone 17 ini juga akan dilengkapi dengan fitur Always-on.

Walau begitu, semua teknologi dan fitur di layar ini akan sangat tergantung pada BOE.

Sejak mengirimkan sampel ke Apple tahun lalu dan langsung disetujui, produsen panel asal China ini tidak dapat meningkatkan produksi untuk iPhone 16 series.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.