Sukses

Spotify Hadirkan Fitur Miniplayer di PC, Bisa Atur Lagu dan Podcast Tanpa Perlu Buka Aplikasi

Spotify baru-baru ini memperkenalkan fitur baru untuk desktop bernama Miniplayer. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengatur lagu atau podcast yang diputar tanpa perlu membuka aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Spotify baru-baru ini memperkenalkan fitur baru untuk desktop bernama Miniplayer. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengatur lagu atau podcast yang diputar tanpa perlu membuka aplikasi.

Spotify Miniplayer menawarkan kontrol pemutaran untuk semua konten audio, termasuk musik, dan podcast.

Untuk video podcast, konten tersebut dapat dilihat dalam mode picture-in-picture dengan ukuran yang dapat disesuaikan.

Fitur utama yang dihadirkan oleh Miniplayer adalah pengendali konten yang diputar yang tidak intrusif.

Mengutip dari Gizmochina, Selasa (26/3/2024), fitur baru Spotify ini memungkinkan pengguna untuk mengakses kontrol penting seperti penyesuaian volume, lompatan trek lagu, dan fungsionalitas lain tanpa perlu beralih ke jendela Spotify.

Miniplayer dapat berjalan di atas aplikasi lain, jadi pengguna dapat melihat artis dan judul lagu yang sedang diputar.

Fitur ini diharapkan bermanfaat bagi pengguna yang mendengarkan musik atau podcast sambil mengerjakan tugas lain, sehingga meminimalkan distraksi.

Selain itu, Miniplayer dapat berjalan berdampingan secara seamless dengan aplikasi utama Spotify. Pengguna dapat beralih di antara dua antarmuka Spotify sesuka hati tanpa memengaruhi pemutaran lagu atau podcast.

Miniplayer juga menawarkan pilihan ukuran dan bentuk yang dapat disesuaikan, seperti bentuk persegi, persegi panjang, atau bilah ramping untuk menyesuaikan dengan ruang layar yang tersedia maupun preferensi pribadi.

Terdapat pula Miniplayer di Spotify berukuran "pil" yang sangat kecil, ukuran ini menawarkan kontrol dasar dengan tetap mempertahankan profil visual yang tidak intrusif, sehingga tidak menggangu pandangan saat bekerja di layar desktop.

Saat ini, Miniplayer hanya dapat digunakan oleh pelanggan Spotify Premium. Fitur ini dapat diakses melalui ikon khusus yang terletak di sudut kanan bawah aplikasi desktop, berada di antara tombol volume dan tombol layar penuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spotify Premium Kini Bisa Nonton Video Musik Langsung di Aplikasi

Sementara itu, pengguna Spotify Premium kini bisa menikmati konten musik dalam bentuk video.

Dikutip dari Android Authority,  Spotify tengah meluncurkan versi beta dari fitur video musik di aplikasi mereka. Fitur ini tersedia untuk pengguna premium di platform iOS, Android, PC, termasuk TV.

Kendati demikian, fitur ini terbatas hanya di beberapa negara tertentu. Berikut adalah daftar negara yang bisa menikmati fitur terbaru dari Spotify:

  • Inggris
  • Jerman
  • Italia
  • Belanda
  • Polandia
  • Swedia
  • Brazil
  • Kolombia
  • Filipina
  • Indonesia
  • Kenya

Berdasarkan daftar di atas, Indonesia termasuk salah satu daftar negara yang akan mendapat fitur video musik di aplikasi Spotify.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna dapat mengaktifkannya dengan menekan tombol “Switch to Video” pada lagu yang mendukung.

Apabila ingin beralih ke musik tanpa video, pengguna Spotify hanya perlu menekan tombol "Switch to Audio."

Untuk sekarang, Spotify mengatakan, koleksi video musik yang mereka miliki masih terbatas. Meskipun begitu, video dari musisi terkenal seperti Ed Sheeran, Doja Cat, dan Ice Spice telah tersedia di platform streaming musik tersebut. 

Fitur ini masih terbatas di beberapa negara, tapi Spotify mengharapkan fitur ini akan meluas ke lebih banyak negara di masa yang akan datang. Perusahaan juga berencana memperbanyak koleksi video klip seiring berjalannya waktu.

3 dari 3 halaman

Spotify Uji Coba Fitur AI Baru, Pengguna Bisa Kontrol Rekomendasi Musik Sendiri

Di sisi lain, Spotify sedang menguji coba fitur baru yang memungkinkan pengguna mematikan rekomendasi yang dipersonalisasi. 

Dengan fitur ini, lagu-lagu yang diputar oleh orang lain dengan akun kamu tidak akan memengaruhi rekomendasi musik pribadi. 

Opsi ini memungkinkan pengguna menghindari pengaruh lagu-lagu yang diputar di akun mereka atas nama pendengar lain terhadap rekomendasi musik pribadi. 

Spotify menggunakan algoritma yang menggabungkan pembelajaran mesin dan metode berbasis AI. Algoritma ini menganalisis riwayat mendengarkan, genre favorit, dan waktu mendengarkan musik pengguna untuk memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Proses ini juga memanfaatkan pemfilteran berbasis konten, yang menganalisis karakteristik audio lagu seperti ciri khas, kunci, dan tempo untuk merekomendasikan lagu-lagu baru dengan karakteristik serupa. 

Spotify belum memberikan informasi tentang ketersediaan luas fitur AI ini atau batas waktu uji coba. Mereka menyatakan bahwa mereka sedang mengevaluasi fitur tersebut dan berterima kasih kepada para pengguna yang berpartisipasi dalam uji coba ini untuk meningkatkan pengalaman pengguna Spotify.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.