Sukses

Cara Aktifkan Fitur Stolen Device Protection di iPhone, Senjata Ampuh Lawan Pencuri

Pelajari langkah-langkah sederhana untuk mengaktifkan fitur Stolen Device Protection yang baru di iPhone setelah melakukan pembaruan iOS 17.3.

Liputan6.com, Jakarta - iOS 17.3 membawa banyak fitur baru menarik untuk pengguna iPhone, di mana salah satunya paling mencuri perhatian dan sudah ditunggu lama adalah Stolen Device Protection.

Fitur Stolen Device Protection di iOS 17.3 ini memberikan perlindungan tambahan terhadap pencurian dan kehilangan perangkat Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengaktifkan fitur ini setelah melakukan pembaruan iOS 17.3.

Pentingnya Stolen Device Protection

Pencurian dan kehilangan perangkat seluler menjadi masalah umum di era digital ini. Selain kehilangan data pribadi berharga, ponsel Android atau dicuri juga dapat digunakan untuk melakukan tindakan kriminal atau penipuan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki fitur keamanan dapat membantu melacak dan melindungi perangkat Anda jika terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Cara Aktifkan Stolen Device Protection di iPhone:

1. Pastikan Anda telah melakukan update iOS 17.3. Jika belum, pergi ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak dan lakukan pembaruan.

2. Setelah pembaruan selesai, buka Pengaturan di perangkat iPhone Anda.

3. Gulir ke bawah dan temukan opsi "Stolen Device Protection" di menu Face ID & Passcode.

4. Aktifkan fitur baru iOS ini dengan menggeser tombol pengaktifan ke posisi "On".

5. Anda akan diminta untuk mengatur beberapa opsi keamanan tambahan, seperti mengaktifkan Face ID atau Touch ID untuk membuka kunci perangkat.

6. Setelah mengatur preferensi keamanan tambahan, fitur Stolen Device Protection akan aktif dan siap digunakan.

7. Jika perangkat Anda hilang atau dicuri, Anda dapat menggunakan aplikasi "Find My iPhone" untuk melacak lokasi perangkat. Anda juga dapat mengunci perangkat secara jarak atau menghapus data pribadi Anda via Find My iPhone.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Yang perlu diketahui dari Stolen Device Protection

Ketika fitur Stolen Device Protection diaktifkan, sejumlah autentikasi biometrik tanpa penggantian passcode:

  • Menggunakan password atau passkey yang disimpan di Apple Password.
  • Mengajukan permohonan Apple Card baru
  • Melihat kartu virtual Apple Card
  • Mematikan Lost Mode alias Mode Hilang
  • Menghapus semua konten dan pengaturan
  • Lakukan tindakan Apple Cash dan tabungan tertentu di Wallet
  • Menggunakan metode pembayaran yang disimpan di Safari
  • Menggunakan iPhone untuk menyiapkan perangkat baru

Itu artinya, pencuri iPhone yang memiliki passcode iPhone curian tidak bisa mengakses berbagai hal di atas. Pasalnya, semua setting-an tersebut bisa mengarah pada kerugian finansial bagi pengguna yang Apple ID-nya dicuri.

3 dari 5 halaman

Cara Kerjanya

Apple menambah layer perlindungan terutama ke pengaturan dan kontrol sensitif selama satu jam penjedaan.

Jika pengguna berada di luar lokasi yang dipercaya dan ada upaya untuk mengubah pengaturan beberapa hal, diperlukan pemindaian Biometrik lagi setelah jeda satu jam berikutnya.

Dengan begitu, hal-hal di bawah ini tidak bisa diganggu gugat.

  • Perubahan Password Apple ID
  • Update keamanan akun Apple ID, mulai dari menghapus perangkat yang dipercaya, nomor telepon, Recovery Key, atau Recovery Contact.
  • Ubah password iPhone
  • Menambah atau menghapus Face ID atau Touch ID
  • Mematikan Find My
  • Mematikan Stolen Device Protection.
4 dari 5 halaman

Penundaan Satu Jam untuk Lindungi Pengguna

Penundaan satu jam memastikan bahwa meski pencuri bisa mengelabui pengguna agar melakukan pemindaian biometrik, kecil kemungkinan pengguna masih bisa melakukan pemindaian kedua satu jam berikutnya.

Alternatifnya, ketika pencuri mengetahui alamat rumah dan kantor pengguna lalu mencoba mengemudi ke sana untuk melakukan perubahan tanpa penundaan, pengguna bakal memiliki cukup waktu untuk mengaktifkan Lost Mode.

Patut dicatat, Stolen Device Protection tak bisa melindungi pengguna dari kehilangan perangkat, tetapi bisa tetap membuat Apple ID, password, dan informasi finansial lainnya tetap aman.

5 dari 5 halaman

Cara Update iOS 17.3

Mengutip Gizmochina, Selasa (23/1/2024), update iOS 17.3 sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Misalnya, Apple menyelesaikan masalah pads AirPlay dan fitur Crash Detection lewat update iOS ini.

Berikut cara menginstal update iOS 17.3 di iPhone kamu:

  • Masuk ke Setting iPhone
  • Pilih General
  • Lalu pilih Software Update
  • Selanjutnya ikuti instruksi update di layar iPhone kamu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.