Sukses

Bocoran PlayStation 5 Pro : Usung Perubahan Spesifikasi, Harga Tetap Sama

PlayStation 5 Pro dirumorkan rilis tak lama lagi, beberapa bocoran mengenai konsol terbaru dari Sony ini mulai bertebaran.

Liputan6.com, Jakarta - PlayStation 5 Pro dirumorkan rilis tak lama lagi. Beberapa bocoran mengenai konsol terbaru dari Sony ini mulai bertebaran.

Untuk informasi, PlayStation 4 Pro rilis tiga tahun setelah PS4 rilis. Kini, PlayStation 5 sudah memasuki tahun ketiganya, yang mana berdasarkan tahun perilisan, PS5 Pro tidak lama lagi akan dirilis.

Sekadar diketahui, PS seri Pro merupakan versi pembaruan dari versi reguler dengan membawa perubahan spesifikasi dan desain yang tidak terlalu signifikan.

PlayStation 4 Pro membawa perubahan minor dari PlayStation 4 reguler. Keunggulan dari PS4 Pro adalah kemampuannya memainkan game dengan resolusi 4K.

PlayStation 5 Pro dirumorkan juga tidak akan membawa perubahan signifikan dari seri reguler dari PS5.

Kendati demikian, kehadiran PS5 Pro ditunggu oleh sebagian gamer yang ingin merasakan pengalaman bermain di konsol terbaru dari Sony tersebut.

Perusahaan saat ini masih belum mengumumkan bakal menghadirkan PS5 Pro secara resmi. Sebagai catatan, Sony sendiri sebenarnya baru sekali PS versi Pro. 

Namun, beberapa leaker telah membocorkan rumor terkait dengan konsol terbaru Sony tersebut.

Dikutip dari Android Authority, Rabu (20/3/2024), CEO Take-Two Interactive–studio di balik franchise Grand Theft Auto–mengatakan jika PS5 Pro akan dirilis dalam waktu dekat.

Sementara itu, leaker Tom Henderson memastikan, PlayStation 5 Pro kini sedang dalam pengembangan. Baru-baru ini, bocoran dari Im A Hero Too mengklaim Square dan Sega telah memiliki developer kit untuk PS5 baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Perilisan PS5 Pro

Bocoran terkini juga menunjukkan bahwa PS5 Pro akan diluncurkan sebelum musim liburan tahun ini. Dirumorkan, peluncuran PS5 Pro akan dimulai di antara akhir Oktober atau awal November 2024.

Peluncuran tersebut dirumorkan bersamaan dengan rilisnya Nintendo Switch generasi baru.

Salah satu leaker, dalam tweet yang sudah dihapus, mengatakan PS5 Pro dan Nintendo Switch generasi kedua kemungkinan akan diluncurkan pada waktu yang hampir bersamaan.

Banyak rumor yang menyebutkan, Nintendo setidaknya berencana merilis model Switch baru pada tahun 2024. Jadi kemungkinan PS5 Pro akan rilis untuk menyaingi konsol Nintendo baru tersebut.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi PS5 Pro

PS5 Pro dirumorkan akan membawa peningkatan spesifikasi dari PS5 reguler, meskipun perubahan yang dibawa tidak begitu jauh berbeda.

Laporan dari Insider Gaming menyebutkan, PS5 Pro akan membawa dukungan resolusi hingga 8K melalui pembaruan software PS5 Pro di masa mendatang.

Peningkatan resolusi juga mengisyaratkan peningkatan di segi hardware. PS5 Pro akan menggunakan kostum chip berbasis AMD Zen 2 yang dikombinasikan dengan GPU RDNA 2 yang didesain khusus.

Bocoran tersebut berasal dari RedGamingTech di YouTube. Ia menyebut PlayStation baru kemungkinan memiliki APU Ryzen baru, yang juga dikustomisasi secara signifikan.

Kanal YouTube Moore’s Law is Dead dan laporan dari Insider Gaming membocorkan spesifikasi dari GPU PS5 Pro.

GPU tersebut dikatakan menawarkan komputasi presisi tunggal sebesar 33,5 Teraflops, dibandingkan dengan PS5 biasa yang hanya 10,28 Teraflops.

Arsitektur kostum AMD RDNA 2 dari PlayStation 5 Pro membawa peningkatan performa ray-tracing 2-3x lebih baik, bahkan meningkat hingga 4x lebih baik dalam beberapa kondisi.

Insider Gaming telah membocorkan beberapa spesifikasi lainnya. PS5 Pro dikabarkan hadir dengan CPU yang identik dengan PS5 biasa.

PS5 Pro memiliki “Mode Frekuensi CPU Tinggi”, yang akan menjadikan CPU memiliki clock speed mencapai 3,85GHz, menjadikan PS5 Pro memiliki peningkatan 10 persen dari versi reguler.

RAM pada PS5 Pro akan berjalan pada 576 GB/dtk. Ini merupakan peningkatan sebesar 28% dibandingkan dengan PS5 reguler yang berkecepatan 448 GB/dtk.

PS5 Pro akan hadir dengan varian penyimpanan internal 1TB. Informasi lebih lanjut mengenai penyimpanan konsol itu tidak tersedia untuk saat ini.

4 dari 4 halaman

Harga PlayStation 5 Pro

Perkiraan harga dari PlayStation 5 Pro akan lebih mahal dari dua seri PS5 reguler. Sebagai informasi, PS5 Digital Version dijual dengan harga USD 399, sedangkan PS5 dengan Blu-ray Disk dibanderol USD 499.

Kendati demikian, harga dari PS5 Pro bisa lebih terjangkau dari perkiraan. Untuk konteks, PlayStation 4 dibanderol USD 399 ketika diluncurkan pada tahun 2013.

Pada bulan September 2016, PlayStation 4 Slim rilis dengan harga USD 299. Pada bulan November 2016, PlayStation 4 Pro diluncurkan dengan harga USD 399.

Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa Sony akan menurunkan harga PlayStation 5 reguler dan meluncurkan model Pro dengan harga USD 499, sama seperti PS5 versi Blu-ray.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini