Sukses

Cara Update Status Lewat WhatsApp Web, Ini Langkah-Langkahnya

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara update status WhatsApp melalui situs web.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp Web saat ini telah menjadi opsi bagi pengguna yang tidak ingin repot-repot memasang aplikasi chatting tersebut di komputernya. Sebab, pengguna tinggal menghubungkannya ke akun utama.

Terlebih, sejumlah fitur yang ada di aplikasi bisa diakses pula lewat WhatsApp Web. Salah satunya adalah akses untuk melihat Status WhatsApp.

Seperti diketahui, Status WhatsApp merupakan fitur yang memungkinkan berbagi informasi terkini dengan kontak dan orang terdekat. Pengguna bisa mengunggah berbagai hal seperti foto, video, GIF, teks, dan format lainnya.

Mirip dengan Instagram Stories, Status WhatsApp yang diunggah akan hilang setelah 24 jam. Fitur ini pun dijamin dengan enkripsi end-to-end, sehingga keamanannya sudah dijamin.

Sayang, pengguna tidak diizinkan WhatsApp untuk membuat status langsung melalui situs web. Status WhatsApp hanya bisa dibuat dari perangkat utama.

Kendati demikian, kamu tetap bisa update status orang terdekat yang ada di kontak melalui WhatsApp Web. Caranya pun tidak berbeda jauh dari mengaksesnya lewat aplikasi di smartphone.

Nah, untuk mengetahui cara melihat atau update Status WhatsApp di versi web, simak langkah-langkahnya berikut ini :

Melihat Update Status di WhatsApp

  • Untuk melihat Status di WhatsApp Web, pengguna tinggal mengklik ikon mirip lingkaran yang ada di bagian atas
  • Setelahnya, pengguna tinggal mengklik kontak di bawah notifikasi Recent atau terbaru untuk melihat status mereka
  • Jika Status WhatsApp seseorang belum kamu lihat, lingkaran berwarna hijau akan terlihat di foto profilnya
  • Untuk melihat status yang sudah bisa dilihat, bisa dicek di bagian Dilihat atau Viewed
  • Ketika kamu melihat status orang lain, mereka akan mengetahui kalau kamu telah melihatnya, kecuali mereka menonaktifkan laporan dibaca

Membalas Status di WhatsApp Web

  • Pengguna WhatsApp juga bisa merespons Status yang dibuat orang lain. Untuk melakukannya, kamu tinggal mengklik status yang dibuat pengguna lain.
  • Setelahnya, ketika balasan atau respons di kotak teks
  • Pengguna bisa mengirimkan emoji, stiker, hingga teks untuk membalas status tersebut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

WhatsApp Bakal Ubah Tampilan Desain Status, Jadi Mirip IG Stories?

Di sisi lain, versi beta terbaru dari WhatsApp yakni beta 2.24.4.23 untuk Android menghadirkan pembaruan tampilan untuk tab Status.

Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat mengakses WhatsApp. Adapun update ini sudah tersedia untuk para pengguna WhatsApp Beta yang kini bisa diunduh di Google Play Store.

Pembaruan tampilan dari Status WhatsApp meliputi antarmuka baru untuk melihat update status yang berfokus pada akses lebih mudah dan navigasi yang lebih asik saat berada di aplikasi.

Mengutip Gizchina, Senin (19/2/2024), update antarmuka WhatsApp ini membawa perubahan signifikan pada bagaimana status ditampilkan di WhatsApp.

Desain baru Status ini meninggalkan tata letak horizontal versi lama dan identifikasi gambar profil serta mengadopsi pendekatan lebih intuitif.

3 dari 3 halaman

Akses Lebih Cepat Akses WhatsApp Status

Lewat desain Status yang baru, pengguna aplikasi WhatsApp nantinya akan bisa melihat pratinjau atau preview pembaruan status langsung dari kotak update status di bagian atas tab update. Ini menjadikan tampilan Status WhatsApp agak mirip dengan IG Stories.

Hal ini memungkinkan pengguna melihat konten lebih cepat tanpa harus membuka update status seorang pengguna satu per satu.

Meski begitu, update WhatsApp tersebut kini masih dalam proses meminta feedback dari pengguna.

Dengan kehadiran preview yang berbentuk thumbnail. WhatsApp berencana untuk memudahkan pengalaman pengguna dalam melihat-lihat status pengguna lain. Mereka pun bisa menentukan mana Status yang ingin dilihat secara penuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.