Sukses

Apple Uji iOS 17.4.1, Bakal Rilis Minggu Ini?

Apple tengah menguji secara internal iOS 17.4.1, pembaruan ini merupakan peningkatan dari iOS 17.4 yang rilis minggu lalu. Kehadirannya membawa perbaikan bug.

Liputan6.com, Jakarta - Laporan dari MacRumors mengungkap kalau Apple bakal melakukan pengujian internal terhadap update iOS 17.4.1. Ini merupakan update iOS terbaru setelah beberapa waktu lalu Apple menggulirkan iOS 17.4 ke pengguna iPhone.

Sebelumnya, MacRumors juga mengungkap bocoran tentang update iOS yang lalu dan secara akurat menginformasikan sejumlah fitur, termasuk pada iOS 17.3.1.

Kini, publikasi tersebut memperkirakan bahwa iOS 17.4.1 akan menjadi pembaruan versi minor. Pasalnya, update iOS ini digulirkan untuk memperbaiki kerentanan software dan masalah keamanan yang kini dirasakan pengguna iPhone.

Mengutip Gizchina, Kamis (14/3/2024), saat ini belum jelas kapan iOS 17.4.1 bakal dirilis. Namun, berdasarkan kemunculan informasi di MacRumors tersebut, kemungkinan iOS 17.4.1 akan dirilis minggu ini atau minggu depan.

Bukan hanya iOS 17.4.1, Apple juga dikabarkan tengah menguji iOS 17.5 secara internal. Versi ini pun diperkirakan akan tersedia bagi pengguna uji beta dalam waktu dekat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang iOS 17

iOS 17 membawa sejumlah peningkatan signifikan dalam bentuk fitur, seperti pada fitur Phone, Messages, dan FaceTimes. iOS 17 juga meningkatkan pengalaman komunikasi bagi para pengguna iPhone.

Berikut sejumlah peningkatan pada update iOS 17:

  • Fitur StandBy: Memperkenalkan pengalaman layar penuh baru dengan informasi yang mudah dilihat dan dirancang untuk dilihat dari jarak jauh. Fitur ini bisa ditemukan saat pengguna tengah mengecas iPhone mereka dan menempatkannya secara horizontal.
  • Peningkatan AirDrop: Peningkatan ini memungkinkan pengguna berbagi dan terhubung dengan orang lain, termasuk dalam menambah NameDrop untuk berbagi kontak.
  • Peningkatan Keyboard: Apple menambahkan peningkatan pada keyboard untuk mempercepat dan mempermudah pengetikan teks.
  • Pembaruan Widget: Peningkatan Widget, Safari, Music, AirPlay, dan lainnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Fitur iOS 17.4:

Sekadar informasi, kehadiran iOS 17.4 sebenarnya cukup signifikan bagi pengguna iPhone di wilayah Uni Eropa sementara untuk pengguna di negara lainnya, peningkatan dari iOS 17.4 cukup minor.

Berikut adalah deretan fitur di iOS 17.4:

  • Opsi App Marketplace: Pilihan baru untuk pasar aplikasi, peramban web, dan pembayaran.
  • Penambahan emoji: Apple memperkenalkan emoji baru seperti jamur, phoenix, jeruk nipis, dan kepala yang menggeleng.
  • Peningkatan Apple Podcast: Transkrip di Apple Podcast tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, dan Jerman.
  • Pengenal Musik: memungkinkan pengguna menambahkan lagu-lagu yang telah dikenali untuk masuk ke Playlist dan Pustaka Apple Musik.
4 dari 4 halaman

Browser Safari Bisa Dihapus dari iPhone di Uni Eropa

Berdasarkan dokumen kepatuhan yang dirilis Apple, pengguna iPhone di Eropa bisa menghapus aplikasi browser Safari sebelum akhir 2024.

Mengutip Gizchina, Senin (11/3/2023), Apple akan memperkenalkan opsi untuk pengguna iPhone yang ada di Uni Eropa untuk memberi mereka lebih banyak kendali atas software di iPhone.

Dalam dokumen tersebut, tertulis:

 

Penghapusan aplikasi untuk pengguna di Uni Eropa

Saat ini, pengguna Apple memiliki kemampuan untuk menghapus aplikasi preinstal dari Home Screen di iOS. Apple juga berencana mengizinkan pengguna menghapus Safari dari iOS, jika mereka menginginkannya. Apple berencana membuat hal ini bisa dilakukan akhir 2024.

 

Apple tak menyebutkan wilayah yang terbatas dalam dokumen log tersebut. Namun, mengingat semua perubahan yang dilakukan Apple belakangan ini karena DMA, diharapkan penyesuaian di atas hanya akan terbatas di Eropa.

Sebagai tanggapan terhadap persyaratan DMA UE, Apple mengonfirmasi bahwa pihaknya tengah mengembangkan solusi ramah pengguna, yang memungkinkan pengguna iPhone mentransfer data ke Android dengan mudah. Hal ini ditargetkan selesai pada musim gugur 2025.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.