Sukses

Cara Tahu Chat di HP Samsung Telah Dibaca, Cek Informasinya

Dalam artikel ini, Tekno Liputan6.com akan mengungkap cara mengetahui apakah seorang telah membaca chat di smartphone Samsung Galaxy.

Liputan6.com, Jakarta - Kita tentu pernah mengalami kecemasan saat menunggu balasan chat. Hal tersebut sangat mengganggu terlebih ketika chat tersebut merupakan pesan yang penting, tapi orang yang dihubungi tidak merespons chat yang dikirim.

Hal tersebut tidak akan menjadi masalah ketika kamu memiliki HP Samsung. Sebab, Tekno Liputan6.com akan membahas cara mengetahui seseorang telah membaca chat di perangkat Samsung. 

Nah untuk mengetahui caranya, simak informasi berikut seperti dikutip dari Gizmochina, Kamis (7/3/2024). Namun sebelum membahasnya, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu. 

Salah satunya adalah saat ini Android telah menerapkan teknologi RCS (Rich Communication Services) di SMS. Teknologi ini menawarkan indikator pengetikan langsung, berbagi media beresolusi tinggi, dan masih banyak lagi.

Nah, salah satu fitur di RCS adalah mengetahui apakah seseorang telah membaca chat yang dikirimkan padanya. Untuk melakukannya, simak langkah-langkanya berikut ini: 

  • Memeriksa Status Baca Pesan di Google Message 

Sebagian besar HP Android sudah diinstal dengan Google Messages, yang mendukung RCS. Seperti disebutkan, RCS memungkinkan kamu melihat apakah pesan telah dibaca di perangkat lain.

Kendati demikian, cara ini hanya berfungsi jika penerima juga menggunakan Google Message sebagai aplikasi SMS bawaan, serta opsi “Kirim tanda terima telah dibaca” diaktifkan di kedua perangkat.

Berikut adalah cara untuk mengaktifkan fitur "telah dibaca":

  • Hubungkan perangkat ke internet dan buka Google Messages.
  • Ketuk ikon profil dan klik Messages Settings.
  • Ketuk General dan pilih RCS chats.
  • Nyalakan fitur RCS chat dan fitur send read receipts.
  • Pastikan status RCS telah terhubung.

Nantinya, cara mengetahui status pesan yang telah terkirim adalah dengan melihat warna centang pesan. 

Dua centang putih berarti pesan terkirim. Jika tanda centang berubah menjadi biru, berarti orang lain telah membaca pesanmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Periksa Status Pesan Dibaca di Samsung Messages

Samsung Messages juga mendukung fitur RCS, tapi penerapannya terbilang lamban. RCS di Samsung Messages tidak tersedia di sebagian besar dunia, dan hanya didukung oleh beberapa operator.

Jika operator kamu mendukung RCS di Samsung Messages, aktifkan opsi Bagikan Status Baca untuk mengetahui apakah orang lain telah membaca pesan kamu.

  • Buka aplikasi Messages di HP Samsung
  • Ketuk tiga titik vertikal di sebelah tombol pencarian.
  • Pilih Settings
  • Buka Chat Settings
  • Nyalakan fitur Share Read Status

Perlu diingat pula, orang lain juga harus menggunakan Samsung Messages dan mengaktifkan opsi Bagikan status baca.

Orang lain yang menggunakan Samsung Messages juga dapat melihat apakah kamu telah membaca pesan mereka. Jadi, efeknya dapat diterapkan di kedua pihak.

3 dari 4 halaman

Cara Periksa Status Pesan Dibaca di WhatsApp

WhatsApp juga memiliki fitur Read Receipt, tapi cara kerjanya sedikit berbeda dengan aplikasi Messages.

Ketika kamu mengirim pesan di WhatsApp, satu tanda centang ditampilkan berarti pesan sudah sampai ke server WhatsApp, tapi belum sampai ke perangkat penerima.

Centang abu-abu ganda berarti pesan terkirim ke pengguna. Tanda centang ganda berwarna abu-abu berubah menjadi biru setelah pengguna membaca pesan.

Perlu diingat, cara ini hanya berfungsi jika tanda terima telah dibaca diaktifkan di kedua perangkat. Jadi, jika kamu atau orang lain sudah mematikannya, fitur tersebut tidak dapat dipakai.

  • Berikut cara mengaktifkan Read Receipt di WhatsApp
  • Buka WhatsApp di perangkat Samsung.
  • Ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan.
  • Klik Privasi.
  • Aktifkan tombol Tanda terima telah dibaca.

Jika kamu tidak melihat tanda centang biru, minta orang lain untuk memastikan fitur Tanda terima telah dibaca diaktifkan. 

Kamu juga bisa memeriksa kapan orang lain membaca pesan yang kamu kirimkan dengan langkah-langkah berikut:

  • Ketuk dan tahan pesan selama 2-3 detik.
  • Klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas.
  • Pilih Info dari opsi dropdown.
4 dari 4 halaman

Cara Periksa Status Pesan Dibaca di Telegram

Telegram juga bisa memberitahu kamu jika orang lain telah membaca pesan kamu. Namun, fitur ini sedikit berbeda dari WhatsApp.

Centang tunggal ditampilkan saat kamu mengirim pesan di Telegram, yang berubah menjadi centang ganda saat orang lain membaca pesan kamu.

Tidak seperti WhatsApp, tidak ada tombol info di Telegram atau cara lain untuk mengetahui kapan orang lain membaca pesan kamu.

Telegram juga tidak memiliki opsi untuk menonaktifkan tanda terima telah dibaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini