Sukses

Fitur Edit DM Instagram Telah Hadir! Begini Cara Edit Pesan yang Salah Terkirim

Fitur Edit DM Instagram memungkinkan pengguna untuk mengedit pesan yang salah terkirim. Berikut cara edit DM Instagram dan update terbaru lainnya!

Liputan6.com, Jakarta - Meta, perusahaan induk Instagram baru saja memperkenalkan fitur baru di aplikasi media sosial (medsos) berbagi foto dan video tersebut.

Fitur baru Instagram (IG) tersebut adalah pengguna kini dapat mengedit direct message (DM), setelah perusahaan menambahkan fitur pesan langsung pada 2013.

Mengutip Engadget, Selasa (5/3/2024), fitur edit DM Instagram ini sudah digulirkan secara global per hari ini dan sudah meng-update aplikasi ke versi terkini.

Perlu diingat, pengguna hanya punya waktu 15 menit untuk melakukan perubahan atau mengedit DM yang sudah terkirim. Lewat dari itu, fitur ini tidak dapat dipakai lagi.

Penasaran cara edit DM di Instagram? Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Edit DM di Instagram

  • Tekan dan tahan DM yang tidak sengaja terkirim.
  • Setelah itu, akan muncul opsi dengan "edit".
  • Maka DM yang terkirim akan berubah secara langsung. Ingat, fitur baru IG ini hanya bisa digunakan 15 menit setelah DM terkirim.

<p>Pengguna Instagram Kini Sudah Bisa Edit DM, Begini Caranya! (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Selain itu, pengguna IG juga akan menemukan fitur "pin" di DM. Disebutkan, Anda bisa pin sebanyak tiga pesan. Cukup mudah, tinggal tap dan tahan DM untuk memunculkan opsi "pin".

Update Instagram kali ini juga mempermudah pengguna untuk mengaktifkan dan menonaktifkan DM telah dibaca, tema DM baru, dan animasi unik untuk menyertakan chat.

Pada bulan Januari lalu, Meta telah mulai menguji fitur memungkinkan pengguna mengakses akun kedua mereka, yakni Flipside.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakai Fitur Boost Konten Instagram di iOS Wajib Bayar Biaya Tambahan

Toko aplikasi Apple, App Store (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Meta mengungkap, bisnis yang ingin meningkatkan jangkauan mereka melalui fitur "boost" di Facebook dan Instagram pada aplikasi versi iOS akan dikenai biaya tambahan.

Disebutkan Meta Platforms, para pengguna versi iOS yang membeli boost akan kena biaya layanan tambahan sebesar 30 persen. Biaya tambahan ini dibayarkan kepada toko aplikasi Apple. Demikian sebagaimana dikutip Reuters, Sabtu (17/2/2024).

 Meta juga menyebut, kalau pengiklan keberatan membayar biaya tambahan layanan yang besarnya 30 persen kepada Apple, mereka dapat meningkatkan atau boost konten mereka di Instagram dan Facebook melalui browser.

Sebelumnya, Apple telah mengumumkan panduan App Store terbaru pada 2022. Di mana, Meta menyebut mereka akan mulai menerapkan perubahan pada bulan Februari ini di Amerika. Sementara pasar lain juga akan tunduk pada biaya ini mulai tahun 2024.

3 dari 4 halaman

Meta Tak Ingin Menghapus Kemampuan Boost Unggahan

Threads Meta. (Unsplash/Julio Lopez)

Juru bicara Meta menolak berkomentar terkait apakah akan ada dampak materi dari perubahan tersebut.

"Kami wajib mematuhi panduan Apple atau menghapus posting-an dengan boost dari aplikasi kami," kata Meta dalam sebuah pernyataan.

Meta juga mengatakan, pihaknya tak ingin menghapus kemampuan untuk boost unggahan.

Pasalnya hal tersebut bisa merugikan bisnis kecil dengan membuat fitur tersebut kurang terlihat dan berpotensi menghilangkan cara berharga untuk mempromosikan bisnis pengiklan.

4 dari 4 halaman

Pembayaran Ditagih Apple, Bukan Facebook

Ilustrasi logo Instagram di smartphone (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Lebih lanjut, sebagai bagian dari perubahan tersebut, pengiklan yang meningkatkan postingan di iOS akan ditagih oleh Apple, bukan Meta. Para pengiklan ini akan diminta membayar di muka, alih-alih setelah iklan berjalan.

Unggahan yang ditingkatkan atau di-boost merupakan produk yang ditawarkan Meta kepada bisnis yang ingin mempromosikan kontennya di Facebook atau Instagram, tanpa kampanye Ads Manager, tool periklanan Meta yang memungkinkan mereka membeli dan membuat iklan.3 dari 4 halaman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.