Sukses

Motorola Pamer Konsep HP Gulung, Bisa Dipakai di Tangan Layaknya Smartwatch

Motorola memamerkan konsep rollable phone yang bisa ditekuk ke belakang pada saat gelaran MWC 2024 Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta - Motorola memamerkan konsep rollable phone atau ponsel gulung yang bisa ditekuk ke belakang pada saat gelaran Mobile World Congress (MWC) 2024 Barcelona.

Lenovo sebagai perusahaan induk Motorola mengungkapkan, desain ponsel gulung ini menggunakan layar flexible pOLED yang dapat ditekuk ke belakang.

pOLED sendiri adalah layar OLED yang menggunakan plastik sebagai bahan campuran dalam pembuatan panel OLED.

Dikutip TechCrunch, Kamis (29/2/2024), desain ponsel gulung ini membuat perangkat tersebut dapat diubah menjadi layaknya smartwatch raksasa, dengan layar yang mengelilingi seluruh pergelangan tangan.

Terlebih, bagian belakang dari ponsel gulung ini terbuat dari kain lentur yang dapat menekuk dengan fleksibel.

Untuk sistem operasi, Motorola Rollable Phone menggunakan sistem operasi yang dapat menyesuaikan dengan orientasi smartphone. Ketika smartphone ditekuk, sistem operasi akan menampilkan layar di bagian yang dilihat oleh pengguna.

Lenovo juga mengatakan Motorola Rollable Phone ini terdiri dari berbagai bagian baterai.

Meskipun tidak menyebutkan jumlah baterai yang digunakan, bagian keras dari smartphone ini didistribusikan ke seluruh bagian untuk memberikan fleksibilitas.

Kendati sudah diungkap ke publik, mengingat smartphone ini masih sebatas konsep. Karenanya, tak ada jaminan kalau perangkat ini akan diproduksi massal dan dijual di masa depan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lenovo Pamerkan Laptop Layar Transparan di MWC 2024

Di sisi lain, Lenovo juga membuat kejutan dalam ajang tahunan Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol.

Lenovo memperkenalkan ThinkBook Transparent Display Laptop Concept, sebuah laptop futuristik dengan layar transparan Micro-LED 17,3 inci pertama di dunia.

Sesuai dengan namanya, ThinkBook Transparent Display Laptop Concept bukan sekadar laptop biasa.

Layar transparannya membuka peluang baru untuk kolaborasi dan efisiensi dengan memungkinkan interaksi dengan objek fisik dan melapisi informasi digital.

Teknologi Micro-LED pada layarnya menawarkan banyak keuntungan, seperti saturasi warna tinggi, kontras luar biasa, dan kecerahan 1000 nits.

Tak hanya itu, pengguna Lenovo dapat beralih antara keyboard dan drawing board dengan pena yang disediakan lebih mudah, dan membuka tingkat kreativitas baru.

Lenovo juga mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) ke dalam layar transparan, sehingga membuka cara baru untuk berinteraksi dengan data dan aplikasi.

3 dari 4 halaman

Lenovo Perkenalkan Deretan PC hingga Laptop Terbaru di CES 2024

Lenovo mengumumkan sederet perangkat laptop, PC, dan solusi terbaru mereka dalam ajang Consumer Electronic Show atau CES 2024, di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Lenovo menyebut adalah sekitar 40 perangkat dan solusi baru yang ditenagai AI, dengan mengusung visi perusahaan tentang AI for All.

Pengumuman ini mencakup inovasi PC AI baru di seluruh sub-merek Lenovo Yoga, ThinkBook, ThinkPad, ThinkCentre, dan Legion, yang mempersonalisasi pengalaman komputasi bagi konsumen dan bisnis yang belum pernah ada sebelumnya.

Mengutip siaran pers, Kamis (29/2/2024), di lini laptop Yoga, terdapat Lenovo Yoga Pro 9i (16”, 9) dan Lenovo Yoga 9i 2-in-1 (14”, 9), di mana yang terakhir dilengkapi Lenovo Smart Pen dan Sleeve

4 dari 4 halaman

Lenovo Yoga Pro 9i

Kedua laptop ini dirancang buat para kreator, serta sudah memiliki MIL-STD-810H untuk daya tahan, serta dilengkapi dengan komponen-komponen canggih, termasuk prosesor Intel CoreT Ultra terbaru.

Selain itu terdapat Lenovo AI Core Chip fisik yang mendukung fungsionalitas AI yang tangguh.

Di laptop Lenovo Yoga Pro 9i (16", 9) juga terdapat Lenovo X Power,  solusi tuning yang didukung pembelajaran mesin, yang memaksimalkan kinerja prosesor Lenovo AI Core dan Intel Ultra.

Lenovo X Power dapat meningkatkan tugas-tugas kreatif seperti rendering 3D dan koreksi warna film, dengan mengalokasikan daya pemrosesan untuk mengoptimalkan kinerja, masa pakai baterai, dan efisiensi pendinginan.

Kedua model dilengkapi dengan tombol Copilot, yang menyediakan akses lebih cepat ke pendamping AI sehari-hari. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.