Sukses

6 Tips Manfaatkan ChatGPT Bantu Kehidupan Sehari-hari Lebih Mudah

Kamu bisa memanfaatkan ChatGPT untuk melakukan tugas sehari-hari, yang tentu bisa menghemat waktu dan memudahkan hidup.

Liputan6.com, Jakarta - ChatGPT saat ini disebut-sebut merupakan chatbot AI paling populer karena kemampuan pengkodean, penulisan, dan obrolannya yang terbilang canggih.

Kendati demikian, seperti dikutip dari ZDNET, Sabtu, (24/4/2024), ChatGPT ini tidak hanya mampu menjalankan tugas-tugas teknis belaka.

Chatbot ini juga bisa digunakan untuk membantu tugas sehari-hari, yang menghemat waktu dan membuat hidup jadi lebih mudah.

ChatGPT dapat meningkatkan produktivitas dan menyelesaikan masalah real life kamu dengan banyak cara, dan bagian terbaiknya adalah kamu tidak perlu menjadi ahli teknologi untuk melakukan tips ini.

Kamu dapat memanfaatkan kemampuan canggih chatbot AI ini untuk membantu kamu menjadi lebih produktif. Nah bagi kamu yang penasaran, simak cara-caranya berikut ini. 

Draft Email

Membuat draft email bisa menjadi tugas yang membosankan dan memakan waktu.

Merangkai kata-kata yang tepat untuk menyampaikan pesan ternyata lebih sulit dari kelihatannya, terutama jika kamu memiliki waktu yang mepet atau mencoba merapikan inbox email yang penuh.

ChatGPT dapat membantu kamu menyelesaikan masalah tersebut.

Sebagai contoh, coba memasukkan teks: "bantu saya membuat draft email untuk atasan saya, sehingga dia tahu saya ada janji dengan dokter hari ini."

Dalam hitungan detik, ChatGPT akan mengeluarkan template email yang sangat sesuai dengan situasi tersebut.

Semakin banyak informasi yang disertakan dalam perintah, template yang diberikan chatbot ini akan makin sesuai dengan kebutuhan.

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan hanyalah menyalinnya ke email milikmu. Kemudian, sesuaikan sesuai keinginan, lalu tekan kirim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menyiapkan Tugas Penting dengan ChatGPT

Mengalami kegelisahan atau kekhawatiran sebelum melakukan tugas penting adalah hal normal bagi manusia.

Terkadang, percakapan ringan dapat membantu kamu tetap fokus dan membantu kamu memusatkan pandangan pada tugas.

Daripada bertanya kepada teman, kolega, keluarga, atau bahkan Google tentang strategi pra-acara yang sempurna, kamu dapat bertanya pada ChatGPT.

Sebagai contoh, coba masukkan perintah "saya punya presentasi besar ke depannya, bisakah kamu memberi saya rencana atau saran agar presentasi saya berhasil?"

Hasilnya, ChatGPT akan memberikan daftar rencana dan solusi agar presentasi berjalan lancar. Saran yang diberikan juga relevan, referensinya beragam, memberi semangat, dan yang paling penting, dapat diandalkan.

Kamu dapat menyesuaikan dorongan tersebut agar memotivasi atau membantu.

Jika kamu menginginkan rencana yang lebih spesifik dan tidak terlalu memotivasi, kamu dapat menyertakan informasi detail dalam permintaan. 

3 dari 6 halaman

Membuat Daftar Kebutuhan dengan ChatGPT

Jika kamu suka membuat daftar, baik itu daftar pekerjaan yang harus dilakukan atau daftar belanja, fitur ini sangat membantu.

Oleh sebab itu, ChatGPT saat ini dapat membantu kamu membuat daftar sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, kamu bisa meminta ChatGPT membuat daftar belajaan yang berisi bahan makanan pokok. Dalam sekejap, ChatGPT akan membuatkan daftar belanjaan yang berisi kebutuhan dapur sehari-hari.

Jika kamu ingin membuat makanan yang spesifik, kamu juga bisa meminta ChatGPT memasukkan bahan untuk membuat makanan tersebut ke dalam daftar belanja.

Kamu dapat melakukannya dengan memasukkan perintah "saya ingin membuat rendang daging, bisakah kamu memasukkan bahan yang dibutuhkan ke dalam daftar belanja?"

Selain daftar belanja, kamu juga bisa membuat daftar lain.

Contohnya, ketika kamu ingin pergi berlibur, alih-alih menulis semua daftar dari awal, kamu bisa meminta ChatGPT untuk menuliskannya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa meminta ChatGPT menyesuaikan daftar tersebut dengan destinasi yang ingin dituju.

4 dari 6 halaman

Membantu Pekerjaan dengan ChatGPT

Jika kamu memerlukan bantuan dalam melakukan pekerjaan, kamu bisa tanyakan ke ChatGPT.

Sebagai contoh jika kamu seorang yang bekerja di bagian Social Media Strategy, kamu bisa meminta ChatGPT membantu membuat caption untuk sosial media.

Kamu dapat memasukkan perintah ke ChatGPT dengan detail sebanyak mungkin yang dibutuhkan, termasuk soal foto yang ingin diunggah dan ChatGPT akan memberikan caption yang sesuai.

ChatGPT juga dapat mengambil langkah lebih jauh dan membantu kamu dalam brainstorming, termasuk merencanakan unggahan secara detail. 

Misalnya, kamu dapat mengatakan, "bisakah kamu membantu saya merencanakan sembilan unggahan berikutnya untuk Instagram saya?"

Kemudian, ChatGPT akan menanyakan detail yang lebih spesifik tentang akun milikmu, dan memberimu rencana lebih lanjut.

5 dari 6 halaman

Merencanakan Plan Workout dengan ChatGPT

Selain membantu dalam urusan pekerjaan, ChatGPT juga bisa membantu kamu dalam urusan pribadi, seperti membuat rencana workout hingga merencanakan menu makan yang ingin kamu buat.

Jika kamu ingin mulai pergi ke gym, dan memerlukan sedikit bantuan untuk memulainya, ChatGPT dapat membuat rencana latihan yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifikmu lewat satu perintah mudah.

Yang harus kamu lakukan adalah memberi tahu ChatGPT sedetail mungkin tentang apa yang kamu cari dalam latihan. Dan, ChatGPT akan memberikan rekomendasi dalam waktu singkat.

Sebagai contoh, kamu bisa menanyakan pada ChatGPT mengenai latihan treadmill yang dapat meningkatkan stamina lari, dan chatbot itu akan menghasilkan daftar latihan treadmill yang beragam.

Tidak hanya itu, ChatGPT juga dapat menyertakan saran agar bisa mendapatkan hasil yang diinginkan, seperti pemanasan dan meningkatkan latihan secara bertahap.

6 dari 6 halaman

Merencanakan Menu Makan Siang dengan ChatGPT

Merencanakan menu yang ingin dibuat ternyata lebih menantang bila dibandingkan dengan memasak.

Jika kamu kesulitan dalam merencanakan menu untuk membuat sarapan, makan siang, dan makan malam, ChatGPT bisa membantu kamu dalam memberikan resep yang sesuai.

Kamu dapat menuliskan, "bisakah membantu saya membuat resep makan malam yang menggunakan bayam, wortel, bawang bombay, dan tomat". 

Kemudian, ChatGPT akan mencarikan resep yang sesuai dengan bahan makanan yang kamu punya.

Tapi perlu diingat, chatbot AI seperti ChatGPT mengambil sejumlah besar konten dari internet dan mencoba membentuk informasi tersebut menjadi satu jawaban yang sesuai dengan perintah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.