Sukses

Elon Musk Ungkap Rencana Bawa Jutaan Orang Terbang ke Mars

Elon Musk kembali mengungkapkan rencananya untuk bisa membawa manusia pergi ke Mars.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk kembali mengungkap ambisinya untuk bisa membawa manusia pergi ke Mars. Rencana itu ia utarakan ketika menanggapi unggahan di X dari akun Tesla Owners Silicon Valley.

Mengutip informasi dari NDTV, Kamis (15/2/2024), awalnya akun Tesla Owners Silicon Valley mengunggah soal Starship dari SpaceX sebagai roket terbesar yang dipernah dibuat, dan bisa membawa manusia ke Mars.

Menanggapi unggahan tersebut, Elon menyebut kalau pihaknya tengah mempersiapkan rencana untuk bisa membawa manusia ke Mars. Tak tanggung-tanggung, ia menargetkan bisa membawa jutaan orang ke planet merah tersebut.

"Kami sedang memetakan rencana untuk membawa satu juta orang ke Mars," tulis Elon Musk lewat akun X miliknya.

Ia pun sempat menyatakan kalau peradaban di Mars hanya bisa melewati Great Filter, ketika dapat bertahan meski kapal pasokan dari Bumi berhenti datang.

Sekadar informasi, Great Filter merupakan sebuah analisis yang menyebut kalau kehidupan harus mengatasi tantangan tertentu, bahkan satu tantangan yang hampir mustahil dihadapi.

Elon Musk sendiri memang dikenal memiliki ambisi untuk bisa membawa manusia pergi ke Mars, sejak beberapa tahun terakhir. Rencana itu pun sempat ia nyatakan ddalam event B20 Summit secara virtual.

Ketika itu, CEO dan President Bakrie & Brothers, Anindya Bakrie sempat mengajukan pertanyaan pada Elon, alasan dirinya ingin menjelajah Mars, padahal saat ini masih ada orang yang mempercayai Bumi datar.

Menjawab pertanyaan tersebut, Elon menuturkan, hal itu ia lakukan karena dilihat sebagai sebuah masa depan yang seru dan menginsipirasi bagi dirinya. Terlebih, jika hal tersebut ternyata benar-benar bisa dilakukan.

Kendati memiliki rencana pergi ke Planet Mars, bukan berarti ia tidak melakukan hal lain untuk menyelesaikan masalah di Bumi. Sebab, ia menyebut, selalu ada masalah di Bumi dan kita perlu untuk menyelesaikannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Elon Musk Mau Bangun Kota di Mars dalam 20 Tahun ke Depan

Sekadar informasi, pada 2022, Elon Musk juga sempat melontarkan pernyataan yang senada. Ketika itu, ia menyebut kalau Mars akan memiliki kota mandiri dalam waktu 20 tahun. 

"Saya berharap ada kota mandiri di Mars dalam 20 tahun!" tulisnya ketika itu. 

Sekadar informasi, saat ini Mars diakui sebagai planet berharga bagi manusia. Planet ini merupakan yang paling dekat dengan Bumi, karena ukuran dan pola aktivitasnya yang juga mirip Bumi.

Beberapa ilmuwan memperkirakan, selain daerah kutub, Mars akan memiliki jejak air mencair. Jika manusia ingin memasuki alam semesta yang lebih dalam, Mars akan menjadi stasiun transit yang sangat baik.

3 dari 3 halaman

Pastikan Generasi Manusia Bisa Lihat Mars

Namun, bisakah manusia membangun kota di Mars dalam 20 tahun? 20 tahun memang hampir seperempat dari kehidupan manusia, namun bagi alam semesta, waktu dua puluh tahun adalah waktu yang singkat.

Elon Musk juga sempat mengatakan kalau generasi saat ini akan bisa melihat manusia di Mars dalam masa hidup mereka. Selain itu, Elon Musk juga mengatakan pada pertengahan Juli lalu bahwa dia akan menciptakan peradaban mandiri di Mars.

"20 hingga 30 tahun dari pendaratan manusia pertama jika pertumbuhan tingkat peluncuran (ke antariksa) eksponensial," kata Elon Musk.

Elon Musk juga membagikan foto yang memperlihatkan pembangunan di Mars.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini