Sukses

Ingin Buat AI AGI, Mark Zuckerberg Borong 350.000 Chip dari Nvidia

Mark Zuckerberg memborong lebih dari 350.000 chip AI Nvidia H100 untuk mendukung upayanya membuat kecerdasan buatan artificial general intelligence (AGI).

Liputan6.com, Jakarta - Bos Facebook Mark Zuckerberg kini membawa Meta dalam upaya membangun Artificial General Intelligence (AGI). Untuk mewujudkan upaya ini, Mark Zuckerberg bahkan dikabarkan telah memborong lebih dari 350.000 unit GPU Nvidia H100, hingga akhir tahun 2024.

Mengutip The Register, Jumat (26/1/2024), langkah Zuckerberg memborong GPU Nvidia ini dilakukan setelah OpenAI berupaya meningkatkan investasi miliaran dolar AS untuk membangu jaringan pabrik chip. Tujuannya adalah memasok cukup banyak akselerator kecerdasan buatan untuk memenuhi kebutuhan yang ada. 

Keinginan bos Facebook untuk membeli lebih dari sepertiga juta GPU Nvidia itu sekaligus menunjukkan alasan tim ChatGPT antusias membuat lebih banyak pabrik memproduksi prosesor.

Sekadar informasi, kini para engineer di bawah Zuckerberg tengah melatih model bahasa pembangkit konten terbaru mereka. Facebook berencana merilisnya secara terbuka, sebagaimana yang diungkap Zuckerberg di Instagram.

Zuckerberg menyebut, tim riset AI dan tim AI Generatif Meta bakal bekerja sama untuk mengembangkan kemampuan yang dibutuhkan, guna menciptakan AGI alias artificial general intelligence.

"Sangat jelas, layanan generasi berikutnya membutuhkan pengembangan kecerdasan umum penuh, mengembangkan asisten AI yang paling cerdas, AI untuk kreator, AI untuk bisnis dan kebutuhan lainnya di berbagai area, dari alasan hingga rencana coding ke memori hingga kemampuan kognitif lainnya," kata Mark Zuckerberg membeberkan rencananya.

Bos Facebook ini jadi bos perusahaan teknologi terbaru yang ingin membangun AGI. AGI sendiri merupakan teknologi teoritetis yang bisa lebih cerdas ketimbang manusia, dalam berbagai tugas kognitif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenapa Mark Zuckerberg Butuh Banyak GPU untuk AI AGI

Untuk menciptakan AGI, diperlukan pelatihan-pelatihan model bahasa. Zuckerberg menyebut, Meta berupaya mengumpulkan 350.000 unit GPU Nvidia H100 untuk tugas tersebut.

Meta juga kabarnya akan memakai jenis chip lainnya untuk mencapai daya komputasi setera 600.000 unit GPU H100 dengan berbagai merek. Meta juga kini mengembangkan AI silicon mereka sendiri.

Tidak seperti perusahaan-perusahaan lain yang bermaksud mengembangkan AGI, Meta berencana untuk membagikan upayanya secara terbuka.

Zuckerberg bahkan telah berikrar untuk merilis model AGI mereka agar bisa dipakai oleh pengembang lainnya.

3 dari 4 halaman

Tak Bakal Tinggalkan Metaverse Demi AI

Meski rencana AI begitu masif, Zuckerberg bilang kalau dirinya tidak serta merta meninggalkan metaverse dan berbagai proyek VR headset mereka.

Alih-alih hanya fokus pada AGI, Zuck bilang kalau AGI akan membantu mengembangkan dan melengkapi interkoneksi dunia VR 3D.

"Orang-orang akan membutuhkan perangkat-perangkat baru untuk AI dan ini akan menyatukan AI dengan metaverse seiring waktu," kata Zuck.

4 dari 4 halaman

AI dan Manusia Butuh Jembatan

Apalagi saat ini ada banyak pengguna AI Generatif. Untuk menjembatani interaksi manusia dengan AI, salah satu perangkat yang dibutuhkan, menurut Zuck adalah kacamata.

"Kacamata adalah bentuk ideal yang memungkinkan kecerdasan buatan melihat apa yang dilihat penggunanya dan mendengar apa yang didengar oleh penggunanya," kata Zuck.

Meta pun belum lama ini meluncurkan smart glasses bersama Ray-Ban dalam kemitraan keduanya. Masing-masing kacamata pintar itu dilengkapi kamera, speaker dan mikrofon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.