Sukses

Acer Rilis Laptop Swift X dan Swift Go Baru, Pakai Intel Core Ultra Terkini dan Punya Fitur AI

Acer mengeluarkan beberapa laptop Acer Swift terbaru yang sudah mendukung kemampuan AI dan prosesor Intel Core Ultra. Berikut ini spesifikasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Acer memperkenalkan tiga laptop Swift series baru, yang hadir dengan prosesor Intel Core Ultra dengan Neural Processing Unit (NPU) pertama dari Intel, serta sudah mendukung kemampuan Artificial Intelligence (AI).

James Lin, General Manager, Notebooks, IT Products Business, Acer, lebih banyak produk di lini Swift diluncurkan untuk membantu lebih banyak pelanggan memanfaatkan pengalaman laptop premium dan teknologi yang didukung AI.

"Selain itu, laptop-laptop ini menghadirkan update yang signifikan yang membantu pelanggan melakukan lebih banyak dan melakukannya dengan lebih baik lagi," kata Lin, melalui siaran pers, Kamis (25/1/2024).

Dua perangkat pertama adalah Acer Swift Go 16 (SFG16-72) dan Swift Go14 (SFG14-73), yang ditenagai prosesor Intel Core Ultra baru dan GPU bawaan Intel Arc.

Acer mengklaim mereka memiliki daya tahan baterai hingga 12,5 jam untuk model 14 inci dan 10,5 jam untuk 16 inci. Laptop Acer terbaru itu juga hadir dengan tombol Copilot khusus laptop.

Kedua laptop ini juga bisa menampilkan webcam dengan kualitas QHD 1440p dengan TNR, engan fitur conference yang didukung AI dari Acer PurifiedView termasuk Background Blur, Automatic Framing, dan Eye Contact.

Webcam ini dilengkapi Acer PurifiedVoice 2.0 dengan AI Noise Reduction dengan tiga mikrofon, untuk menangkap audio yang tajam dan jernih, serta mengurangi kebisingan dan suara latar di luar speaker.

Penambahan Intel Wi-Fi 7 menghadirkan kecepatan koneksi internet hingga 2,4x lebih cepat dibandingkan Wi-Fi 6E. Secara desain, terdapat sasis dengan material alumunium tipis dan ringan, yang dapat dibuka hingga 180 derajat.

Kedua model laptop Acer Swift Go kini dilengkapi dengan Intel Unison 2.0 terbaru, yang memungkinkan koneksi cepat dan mudah antara laptop dan perangkat Android atau iOS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Acer Swift Go Terbaru

Seperti pendahulunya, perangkat Swift Go terbaru menampilkan layar OLED dengan kecerahan puncak 500 nits, rentang warna DCI-P3 100 persen, dan sertifikasi DisplayHDR True Black 500.

Terdapat layar OLED 3,2K 16 inci di Swift Go 16 dengan resolusi 3200 x 2000 dan kecepatan refresh 120 Hz, dengan Swift Go 14 menghadirkan layar OLED 2,8K 14 inci berresolusi 2880 x 1800 dan kecepatan refresh 90 Hz.

Kedua model dilengkapi sertifikasi layar TÃœV Rheinland Eyesafe untuk membantu mengurangi efek ketegangan mata.

Laptop Swift Go baru ini juga sudah mendukung memori LPDDR5X hingga 32GB dan SSD PCIe Gen 4 hingga 2TB yang dapat di-upgrade dengan slot ganda.

Perangkat ini memiliki pilihan port terbaru untuk dihubungkan ke periferal dan layar termasuk dua port USB Type-C dengan Thunderbolt 4. Keduanya menawarkan pengisian daya cepat, port USB Type-A dengan pengisian daya offline, HDMI 2.1, dan card reader microSD.

 

3 dari 4 halaman

Acer Swift X 14

Acer juga memperkenalkan Acer Swift X 14 (SFX14-72G), dengan prosesor Intel Core Ultra terbaru, GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series, dan GPU Laptop Calman-Verified dengan layar panel OLED 2,8K.

Ditenagai prosesor Intel Core Ultra H-Series baru dan GPU NVIDIA GeForce RTX 4070, laptop ini memungkinkan proses kerja lebih cepat dengan peningkatan AI untuk live streaming, pengeditan video, dan rendering 3D berkualitas lebih tinggi.

Terdapat juga NVIDIA DLSS 3.5 menghadirkan rekonstruksi sinar bertenaga AI, untuk meningkatkan efek pencahayaan dan resolusi dalam gim dan aplikasi grafis berat.

Swift X 14 telah tervalidasi oleh NVIDIA Studio, dioptimalkan dengan NVIDIA Studio Driver yang telah diinstal sebelumnya, dan menyertakan Copilot di Windows bawaan.

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Acer Swift X 14

Swift X 14 sendiri punya layar OLED 14,5 inci 2,8K terverifikasi Calman, dengan rentang warna 100 persen DCI-P3, kecerahan puncak 500 nits dengan sertifikasi VESA Display HDR TrueBlack 500.

Layarnya dilengkapi teknologi Acer Light Sensing, yang menyesuaikan suhu dan kecerahan warna untuk mencerminkan kondisi pencahayaan. Sementara untuk refresh rate-nya 120Hz.

Untuk video conference, dihadirkan webcam FHD yang memiliki fitur Temporal Noise Reduction (TNR) berkemampuan AI, serta Acer PurifiedView dan PurifiedVoice 2.0 dengan AI Noise Reduction.

Terdapat tiga mikrofon untuk pengambilan audio yang lebih baik dan efek Windows Studio untuk kejernihan visual dan audio yang tajam. Swift X 14 juga dilengkapi dengan memori LPDDR5X hingga 32 GB dan SSD PCIe Gen 4 hingga 1 TB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.