Sukses

Mengintip Sederet Kemampuan Chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang Hadir di Poco X6 5G

Poco X6 5G yang baru saja rilis global dan disebut akan hadir di Indonesia, menggunakan chipset Snapdragon 7s Gen 2. Berikut ini kelebihan dari prosesor tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Poco beberapa waktu lalu meluncurkan smartphone barunya, Poco X6 5G secara global. Smartphone ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2.

Adapun, Snapdragon 7s Gen 2 diklaim sebagai prosesor kelas high yang memiliki performa kencang, dengan beberapa fitur-fitur flagship.

"Ini memberikan alternatif buat para OEM, seperti Poco, untuk membuat smartphone yang memiliki kemampuan-kemampuan dan juga performa yang oke, tinggi, tapi harganya bisa lebih terjangkau lagi," kata Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development, Qualcomm Indonesia dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Selasa (16/1/2024)

Chipset Snapdragon 7s Gen 2 sendiri dibangun di atas fabrikasi 4nm, dengan arsitektur 64-bit dan mengusung CPU Kyro octa-core. Konfigurasi itu disebut dapat menghasilkan performa yang dinamis sekaligus mulus, dengan kecepatan sampai 2,4GHz.

Pembagian delapan core itu terdiri dari 4 core performa dengan clock speed hingga 2,4 GHZ dan 4 core efisiensi hingga 1,95 GHz.

Selain itu, Snapdragon 7s Gen 2 yang disematkan di Poco X6 5G juga datang dengan dukungan untuk kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Di sini, terdapat Qualcomm Hexagon NPU generasi terbaru, yang mampu meningkatkan performa "jaringan syaraf" AI pada Snapdragon 7s Gen 2.

Dukungan lainnya adalah Qualcomm AI Engine yang dioptimasi, sehingga dapat membantu pengguna untuk navigasi, pemanfaatan fitur kesehatan, musik, dan aplikasi lain seperti scan QR code, face unlock, dan lain-lain dengan cepat, dengan Qualcomm Sensing Hub.

Pengaruh AI lainnya ada dari sisi fotografi, lewat kehadiran Qualcomm Low Light untuk foto maupun video yang tajam dan terang.

Di sisi lain, teknologi noise cancellation berbasis AI juga akan mendukung suara pengguna terdengar jelas saat melakukan video call di mana pun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan untuk Bermain Game

Dalam konferensi pers di Jakarta, dijelaskan juga Snapdragon 7s Gen 2 menggunakan GPU Qualcomm Adreno, untuk memberikan dukungan performa saat bermain game.

Dihadirkan juga Snapdragon Elite Gaming, untuk menyempurnakan setiap tampilan, suara, dan strategi. Selain itu ada Qualcomm Game Quick Touch untuk mereduksi latensi pada sentuhan di layar hingga tingkat serendah milidetik.

"Ini merupakan kemampuan di chipset yang mampu digunakan untuk mempercepat response time pada saat kita menyentuh layar. Di Poco X6 ini juga sangat dimanfaatkan. Jadi pada saat kita main gim, responsivitas layar terhadap sentuhan itu menjadi lebih cepat," kata Susanto.

Sementara, Variable Rate Shading mengoptimasi rendering grafis agar detil lebih optimal saat bermain game dalam waktu yang panjang.

Chipset ini juga mendukung layar FHD+ 144Hz, dengan detail gambar, saturasi, dan kontras warna yang ditingkatkan dengan Qualcomm Game Color Plus. Pengguna juga bisa menikmati game bertampilan HDR dengan kedalaman warna (color depth) 10-bit.

3 dari 4 halaman

Kualitas Foto dan Suara

Selain itu, chipset ini memanfaatkan kapabilitas Triple 12-bit ISP dari Qualcomm Spectra ISP.

Qualcomm Spectra ISP menawarkan pengambilan gambar rangkap tiga bersamaan, dengan pemrosesan ultra-cepat Zero Shutter Lag secara paralel, dan zoom yang mulus, untuk menghasilkan foto serta video yang mendetail.

Render oleh AI De-Noising (AIDE) juga membantu foto yang lebih jernih dan tajam, serta perekaman dalam 4K HDR, menciptakan video dengan tingkat kecerahan yang tinggi dan warna gelap yang dalam.

Di sektor audio, Qualcomm menyematkan Snapdragon Sound Technology Suite di prosesor ini, agar pengguna mendapatkan kualitas suara yang lossless.

Dihadirkan juga fitur audio Qualcomm aptX, untuk meningkatkan kualitas suara yang didengarkan via koneksi Bluetooth.

4 dari 4 halaman

Sudah Mendukung 5G

Disematkan juga Qualcomm Quick Charge 4+ Technology, yang memungkinkan pengisian daya ponsel berlangsung dalam waktu cepat.

Snapdragon 7s Gen 2 pun sudah mendukung jaringan 5G, di mana terdapat Snapdragon X62 5G Modem-RF System yang menyajikan 3GPP Release 16, dengan dukungan jaringan komersial 5G global, termasuk sub-6 GHz dan mmWave, serta berkemampuan downlink hingga 2,9 Gbps.

Untuk Wi-Fi dan Bluetooth, terdapat teknologi Qualcomm FastConnect 6700 Mobile Connectivity System, yang menghadirkan koneksi Wi-Fi 6E berkecepatan puncak 2,9 Gbps pula, dengan Bluetooth 5.2 terintegrasi.

Di chipset ini juga punya Qualcomm Location Suite, untuk mendukung pemosisian lokasi yang lebih akurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini