Sukses

Intip Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy A15 dan Galaxy A15 5G, Apa Saja Bedanya?

Berikut ini perbandingan dua HP Samsung terbaru yaitu Galaxy A15 dan Galaxy A15 5G, yang baru rilis di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Samsung baru saja merilis dua smartphone barunya dari Galaxy A15 Series ke Indonesia. Datang dengan spesifikasi yang cukup mirip, Galaxy A15 dan Galaxy A15 5G mengusung desain yang juga hampir sama.

Melalui acara konferensi pers di Jakarta, Jumat (12/1/2024), Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk melihat lebih dekat tampilan dari kedua smartphone tersebut.

Dari segi desain, keduanya sangat mirip. Samsung masih mengusung ciri khas yang diusung belakangan ini, dengan flat frame, layout kamera linier, sudut-sudut yang membulat dengan pilihan warna Yellow, Blue, dan Blue Black.

Pada Galaxy A15, bodi belakangnya tampil dengan finishing glossy dan memantulkan cahaya.

Untuk kelengkapan port dan fitur-fitur, keduanya punya tombol power dan volume di bagian kanan layar, slot SIM dan MicroSD di kiri layar, serta port USB-C dan audio jack 3,5 mm di bagian bawah. Kedua HP Samsung ini juga tampil dengan desain layar Infinity-U.

Sementara untuk jeroannya, ada perbedaan menonjol di samping dukungan jaringan 5G, yaitu pada prosesor. Galaxy A15 memakai Dimensity 6100+ dan Galaxy A15 5G menggunakan Helio G99.

Untuk spesifikasi lainnya sendiri terbilang sama, kedua smartphone ini hadir dengan layar berukuran 6,5 inci FHD+ Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz.

"Karena menggunakan layar Super AMOLED, memungkinkan untuk terang layarnya hingga 1.000 nits," kata Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, dalam konferensi persnya di Jakarta.

Layar HP Samsung juga sudah dibekali fitur vision booster untuk meningkatkan visibilitas dan kecerahan, saat menggunakannya di bawah sinar matahari atau cahaya terang lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy A15 Series

Kedua smartphone juga punya tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50MP, 5MP ultra-wide, dan 2MP macro, ditambah kamera depannya menggunakan 13MP.

Galaxy A15 Series juga mendukung fitur RAM Plus sampai 8GB dengan RAM aslinya sebesar 8GB, Untuk penyimpanannya juga dapat ditambah dengan MicroSD sampai 1TB.

Kapasitas baterai kedua ponsel sebesar 5.000 mAh dengan kemampuan 25W Fast Charging, yang diklaim dapat terisi 50 menit dalam waktu 30 persen, serta 85 menit untuk terisi penuh.

HP Samsung ini juga sudah datang dengan One UI 6 berbasis Android 14, dengan berbagai fitur seperti Samsung Knox Vault yang ditingkatkan, dan berguna untuk memberikan tingkat keamanan yang kuat, untuk melindungi informasi penting saat perangkat mengalami gangguan terkait hardware, seperti pembongkaran.

"Knox Vault di Galaxy A15 dapat mencegah serangan-serangan yang tidak hanya berbentuk software, tapi juga physical attack, maksudnya lebih ke seperti serangan hacker yang membuat HP kita jadi lebih panas tiba-tiba, atau serangan-serangan yang merusak HP-nya secara langsung," kata Ricky.

3 dari 3 halaman

Harga Samsung Galaxy A15 Series

Samsung juga sudah membekalinya dengan empat generasi peningkatan sistem operasi (OS), serta update keamanan selama lima tahun. Kedua ponsel juga sudah mempunyai fitur NFC.

Harga Samsung Galaxy A15 di Indonesia adalah Rp 2.899.000 untuk penyimpanan 128GB dan Rp 3.299.000 buat varian 256GB. Sementara untuk Galaxy A15 5G dilepas ke pasar dengan harga Rp 3.599.000, dimana hanya satu opsi penyimpanan di 256GB.

Kedua perangkat ini sudah tersedia di Samsung Store seluruh Indonesia, serta bisa didapatkan di kanal online mulai hari ini, di mana setiap pembelian akan mendapatkan bonus travel adaptor 25W dan enam bulan Samsung Care+ proteksi layar retak senilai total Rp 1.229.000 selama persediaan masih ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.