Sukses

Telegram Punya Fitur Terjemahkan Chat Secara Langsung, Ini Cara Aktifkannya

Telegram punya fitur terjemahan, sehingga pengguna bisa lebih leluasa terhubung dengan teman-teman dari berbagai belahan dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan aplikasi chatting, seperti Telegram, tentu saja tidak jarang kita bertemu dengan pengguna dari negara yang berbeda dan bahasa berbeda pula. Lalu, bagaimana caranya bisa mengobrol leluasa apabila tidak begitu mahir berbahasa asing?

Beberapa orang biasanya akan menyalin pesan ke Google Translate secara manual untuk memahami maksud dari pesan tersebut. Namun, ternyata Telegram memiliki fitur bawaan yang bisa menerjemahkan pesan ke dalam bahasamu.

Dikutip dari Android Police, Minggu (31/12/2023), Telegram mendukung terjemahan lintas perangkat, baik itu di aplikasi seluler atau situs web. Jadi, pengguna bisa lebih leluasa untuk terhubung dengan teman-teman dari berbagai belahan dunia.

Adapun untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu di aplikasi Telegram.

Cara mengaktifkan terjemahan di Telegram

Telegram memiliki bagian untuk memilih bahasa yang kamu ingin gunakan sebagai terjemahan. Kamu bisa mengaktifkan fitur terjemahan pesan melalui langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi Telegram.
  • Ketuk menu hamburger (tiga garis horizontal) di sudut kiri atas halaman beranda.
  • Buka Pengaturan (Settings).
  • Buka Bahasa (Language).
  • Aktifkan Tampilkan Tombol Terjemahan (Show Translate Button).

Setelah mengaktifkan fitur ini di aplikasi Telegram, kamu juga bisa memilih bahasa yang ingin kamu terjemahkan atau tidak. Berikut cara mengaturnya.

Cara mengecualikan bahasa dari terjemahan

  1. Setelah fitur Terjemahan Telegram aktif, akan muncul opsi baru bernama Do Not Translate.
  2. Kemudian, centang bahasa yang tidak ingin kamu terjemahkan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menerjemahkan Pesan Telegram

Dengan fitur terjemahan yang diaktifkan di aplikasi, kamu hanya perlu beberapa ketukan untuk menerjemahkan pesan secara real time. Ini akan sangat berguna saat kamu sedang dalam obrolan pribadi, obrolan grup, atau saluran. 

Adapun untuk menerjemahkan pesan, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka percakapan, lalu ketuk pesan yang ingin diterjemahkan untuk membuka menu pop-up.
  2. Dari daftar opsi, ketuk Terjemahkan agar aplikasi dapat mengidentifikasi bahasa pesan secara otomatis.
  3. Pesan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris (atau bahasa bawaan yang kamu gunakan di Telegram).
  4. Ketuk Tutup Terjemahan setelah selesai untuk kembali ke rangkaian obrolan dan melanjutkan pengiriman pesan.

Untuk diketahui, Telegram juga memiliki lebih banyak fitur terjemahan di versi premiumnya. Kamu bisa mendapat beberapa fasilitas tambahan dan mengakses fitur baru jika berlangganan.

Dengan begitu, kamu bisa menerjemahkan semua pesan secara otomatis dalam obrolan tertentu, alih-alih menerjemahkan pesan satu per satu. 

Kamu juga akan melihat opsi baru bernama Terjemahkan Seluruh Obrolan di bawah pengaturan bahasa.

Jika diaktifkan, obrolan yang tidak menggunakan bahasa asli pengguna akan menampilkan opsi untuk menerjemahkannya, atau mengubah pengaturan dasar, seperti bahasa terjemahan, di bagian atas jendela.

3 dari 4 halaman

Telegram untuk iOS Sudah Lebih Dulu Memiliki Lebih Banyak Fitur Terjemahan daripada Android

Sementara itu, meskipun aplikasi Telegram untuk Android dan iOS sama-sama memiliki opsi terjemahan, rupanya versi iPhone sudah lebih dulu menawarkan lebih banyak fitur. Adapun Android baru saja menerima fitur tersebut.

Misalnya, pada aplikasi Telegram untuk Android kamu bisa mengubah bahasa terjemahan dari jendela obrolan, yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh aplikasi iOS.

Selain itu, kamu bisa menyalin teks terjemahan dengan menekan lama, sedangkan aplikasi iOS menawarkan tombol langsung untuk melakukannya dengan satu ketukan. 

Telegram juga tidak bisa mengganti teks asli dengan terjemahan saat mengetik. Lain halnya dengan fitur terjemahan di aplikasi iMessage pada iPhone.

4 dari 4 halaman

Telegram Rilis Fitur Transkripsi Pesan Suara dan Video, Cukup Sekali Pencet

Sebelumnya, Telegram telah meluncurkan update signifikan untuk aplikasi iOS dan Android, dengan membawakan serangkaian fitur baru dan peningkatan yang memperkaya pengalaman pengguna. 

Salah satu pembaruan utama adalah ketersediaan transkripsi pesan suara dan video untuk semua pengguna, tidak hanya untuk pelanggan premium. 

Meskipun fitur ini dibatasi, pengguna gratis masih  bisa mengubah dua pesan per minggu menjadi teks dengan mudah. 

Caranya, cukup ketuk ikon →A pada pesan suara untuk segera mendapatkan versi teks dari memo tersebut. Harap dicatat bahwa fitur ini diluncurkan secara bertahap, sehingga mungkin tidak segera tersedia untuk semua pengguna Telegram.

Selain itu, Telegram meningkatkan fitur penemuan saluran dengan menawarkan rekomendasi saluran publik yang serupa setiap kali kamu bergabung dengan suatu saluran. 

Dikutip dari Engadget, Kamis (7/12/2023), rekomendasi ini didasarkan pada kesamaan dalam basis pelanggan, memberikan pengalaman yang lebih personal.

Fitur baru Telegram lainnya termasuk kemampuan untuk menyertakan komentar atau reaksi video dalam cerita. Kamu bisa mengubah ukuran pesan video, memindahkannya di sekitar layar, dan menambahkan pesan video untuk memberikan sentuhan pribadi pada cerita kamu. 

Selain itu, proses repost cerita orang lain menjadi lebih mudah dengan menekan tombol bagikan dan memilih opsi repost. Penting untuk dicatat bahwa hanya cerita dengan visibilitas publik yang dapat di-repost.

Beragam fitur baru yang dibawakan Telegram pada pembaruan ini terlihat cukup niat untuk memperkaya pengalaman penggunanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini