Sukses

WhatsApp Web Bakal Punya Skema Warna dan Tampilan Sidebar Baru

WhatsApp sedang menguji pembaruan skema warna yang lebih gelap dan sidebar yang didesain ulang untuk versi webnya, hal ini dinilai bisa membantu mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan estetika tampilan antarmuka aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp sedang menguji pembaruan skema warna yang lebih gelap dan sidebar yang didesain ulang untuk versi WhatsApp web-nya. Pembaruan ini disebut-sebut bisa membantu mengurangi ketegangan mata dan meningkatkan estetika tampilan antarmuka platform chat ini.

Dilansir News18, Rabu (3/1/2024), pembaruan ini berbeda dengan dark mode WhatsApp yang sudah ada sejak lama. 

Berdasarkan laporan dari WABetaInfo, fitur baru WhatsApp ini belum tersedia untuk pengguna maupun penguji beta. Saat ini, perusahaan baru mengembangkan fitur skema warna baru dan sidebar tersebut.

Meski demikian, diperkirakan WhatsApp akan segera menguji coba fitur baru ini. Dengan begitu, aplikasi chatting milik Meta ini akan terlihat lebih baik secara estetika untuk versi webnya.

Selain menambah nilai estetika, pembaruan ini bisa sangat bermanfaat dalam lingkungan dengan cahaya redup. Dalam hal ini transisi dari palet warna #111b20 ke #12181c akan menghadirkan perubahan yang halus namun berdampak. Selain itu juga membuat antarmuka lebih menyenangkan secara visual dan mengurangi ketegangan pada mata.

Laporan dari WABetaInfo juga menambahkan, "Menurut pendapat kami, memperkenalkan skema warna baru untuk tema gelap tidak hanya meningkatkan daya tarik visual tetapi juga memenuhi keinginan pengguna yang semakin besar akan pengalaman yang didesain ulang. Kami percaya bahwa penambahan ini akan menjawab perubahan preferensi pengguna atas antarmuka yang didesain ulang.”

Langkah ini juga selaras dengan perubahan yang dibawa WhatsApp untuk aplikasi Android baru-baru ini, seperti bilah bawah dan skema warna baru dalam mode gelap. 

Meskipun demikian, masih belum jelas kapan pengguna akan melihat pembaruan ini tersedia untuk semua pengguna.

Sementara itu, WhatsApp juga sedang menguji kemampuan mem-posting pembaruan status pada versi web. Saat ini fitur tersebut sedang diluncurkan kepada pengguna yang menjalankan WhatsApp web beta versi 2.2353.59 di desktop mereka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Ubah Ikon Kamera dan Pensil, Jadi Lebih Gampang Upload Status

Sebelumnya, WhatsApp dikabarkan sedang menguji desain ulang lain di mana ikon pensil dan kamera dapat dipindahkan ke dalam menu tiga titik di sudut kanan atas.

Desain baru ini dimaksudkan untuk membuat pengguna lebih mudah mengakses tombol-tombol penting, terutama bagi mereka yang sering mengunggah Status WA. 

Meskipun perubahan ini dapat memberikan kenyamanan bagi sebagian pengguna, WhatsApp juga sedang mencoba alternatif cara akses untuk tombol foto dan teks/suara dalam pembaruan Status WA.

Saat ini, Floating Action Button (FAB) di bagian bawah layar terkadang sulit diakses dan terasa tidak nyaman. 

Untuk itu, menempatkan tombol di tempat lain, seperti di sebelah header Status, dapat menghindari masalah tersebut. Sekarang, dua ikon baru muncul tepat di sebelah header Status WhatsApp, menggantikan FAB yang sebelumnya digunakan. 

 

3 dari 4 halaman

WhatsApp Hadirkan Tampilan Baru untuk Menu Balas Status

Selain itu, WhatsApp telah meluncurkan bilah balasan baru untuk update status. Perusahaan mengklaim peningkatan UI ini akan menghasilkan interaksi antar pengguna yang lebih baik.

Mengutip dari Gadgets Now, Minggu (17/12/2023), untuk sekarang, fitur ini hanya tersedia ke beberapa penguji WhatsApp versi beta di iOS dan Android.

Dengan pembaruan ini, bilah balasan Status WhatsApp yang mirip dengan balasan untuk Instagram Stories.

Oleh sebab itu, bilah ini nantinya akan terlihat di bagian bawah layar, sehingga pengguna tidak perlu menggeser ke atas untuk mengaksesnya apabila ingin membalas atau mengomentari sebuah Status WhatsApp.

Modifikasi ini dirancang untuk menyederhanakan interaksi dengan update Status yang dilakukan orang lain, sekaligus menawarkan antarmuka yang lebih ramah pengguna.

 

4 dari 4 halaman

WhatsApp Luncurkan Fitur Pin Message

Di sisi lain, platform messaging Meta ini baru saja mengumumkan fitur baru di dalam aplikasinya yaitu kemampuan menyematkan pesan atau pin message.

Dengan pesan yang disematkan, pengguna aplikasi WhatsApp akan bisa lebih mudah menyoroti chat penting dalam sebuah obrolan grup atau individu.

Tak cuma teks, pengguna pun akan bisa menyematkan jenis pesan lainnya seperti polling, gambar, emoji, dan lain-lain, yang semuanya tetap terenkripsi secara end-to-end.

"Ini membantu menghemat waktu pengguna untuk menemukan pesan yang relevan dengan lebih mudah," tulis platform Meta itu melalui keterangan tertulisnya, Rabu (13/12/2023).

Cara Pin Pesan WhatsApp

Berikut ini cara melakukan pin message atau menyematkan pesan di WhatsApp:

  • Untuk 'Sematkan' pesan, Anda dapat menekan lama pada pesan, dan pilih 'Sematkan' dari menu konteks.
  • Banner akan muncul untuk memilih durasi pesan yang disematkan, yang bisa dipilih antara 24 jam, 7 hari, dan 30 hari. 7 Hari adalah pilihan default.
  • Dalam chat grup, admin memiliki opsi untuk memilih apakah semua anggota atau hanya admin yang dapat menyematkan pesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.