Sukses

Respons Menohok Gibran Saat Cak Imin Kebingungan Ditanya Soal SGIE di Debat Cawapres 2024, Warganet: Slepet!

Cak Imin dibuat kebingungan saat ditanya soal SGIE oleh Gibran saat debat Cawapres 2024. Warganet pun ramai berkomentar di X Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Debat cawapres 2024 pada Jumat, 22 Desember 2023, menyajikan berbagai momen menarik dan menegangkan antara ketiga calon wakil presiden, yaitu Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka (Gibran), dan Mahfud MD (Mahfud).

Salah satu momen debat cawapres 2024 yang mencuri perhatian adalah ketika Gibran menanyakan bagaimana langkah Cak Imin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE.

SGIE adalah singkatan dari State of the Global Islamic Economy. SGIE sendiri merupakan laporan mengukur perkembangan ekonomi syariah di berbagai negara.

Namun, Cak Imin tampak kebingungan dan tidak bisa menjawab pertanyaan Gibran. Ia malah balik bertanya kepada Gibran tentang apa itu SGIE.

"Terus terang SGIE itu saya tidak paham, apa itu SGIE?", ucap Cak Imin membalas pertanyaan Gibran saat debat cawapres 2024.

Gibran pun menjelaskan, SGIE adalah salah satu hal penting untuk diketahui oleh calon wakil presiden, apalagi ingin mengembangkan ekonomi syariah.

Menutup penjelasannya, Gibran mengatakan, "ya mohon maaf ya gus kalau pertanyaannya agak sulit." Respon Gibran ini sontak membuat warganet heboh dan ramai berkomentar di X Twitter.

Banyak warganet mengatakan, Cak Imin kena slepet lagi oleh Gibran. Berikut adalah beberapa komentar warganet yang dihimpun tim Tekno Liputan6.com dari media sosial X Twitter.

"Mohon maaf pertanyaannya agak sulit alias gbs ngejawab HAHAHAHAH RIP ENG 😭😭😭," kata @w****.

"Debat cawapres kali ini highlightnya: “ya mohon maaf kalo pertanyaannya agak sulit ya gus” 🙏🙏🙏😭😭😭🙏🙏🙏," tulis @m**** di media sosial.

""Mohon maaf kalo pertanyaannya agak sulit ya, Gus." Sederhana, tapi El slepet marah," ucap @m**** di platform media sosial X Twitter.

Akun @i**** mencuitkan, “Mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya, gus" sederhana tapi nyelepett".

""Mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya guss, terimakasih.."- El Sulfat de Suhu," bunyi cuitan @m**** di Twitter.

"“mohon maaf kalau pertanyaannya agak sulit ya gus” demi allah ini lucu banget asli," tulis akun @s**** di X Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cak Imin vs Gibran Panas di Debat Cawapres 2024

<p>Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Gibran Rakabuming di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).</p>

Debat Capres Cawapres 2024 pada hari ini, Jumat (22/12/2023), berlangsung panas di mana ketiga calon wakil presiden mengutarakan visi dan misi mereka.

Adapun debat Cawapres 2024 diikuti oleh tiga calon wakil presiden, mulai dari Muhaimin Iskandar (cawapres nomor urut 1), Gibran Rakabuming Raka (cawapres nomor urut 2), dan Mahfud MD (cawapres nomor urut 3).

Dalam salah satu sesi paparan visi, warganet menyoroti bagaimana Cawapres nomor 1 Muhaimin Iskandar sering menggunakan kata slepet.

Hal ini diucapkan oleh pria yang akrab dipanggil Cak Imin sebagai cara dirinya mengekspresikan agar hal yang bakal dilakukan dapat berjalan dengan baik.

Beragam komentar lucu dan menyentil warganet pun semakin menarik, ketika pembahasan IKN muncul dan dibalas langsung oleh Cawapres nomor urut 2, yaitu Gibran.

Dalam tanggapannya, Gibran mengatakan, "dulu pak Muhaimin pernah ikut potong tumpeng di IKN, kenapa jadi ngga konsisten gini".

Sontak kejadian ini langsung ramai di linimasa X Twitter, di mana banyak warganet mengatakan Cak Imin kena slepet oleh Gibran di debat Cawapres 2024 ini.

Alhasil, kata slepet pun ramai menjadi sorotan warganet dan trending topic di X Twitter. Tak hanya kata "Slepet", keyword "Cak Imin" dan "El Sulfat" pun saat ini memuncaki linimasa media sosial milik Elon Musk tersebut.

Berikut adalah beberapa komentar warganet yang dihimpun tim Tekno Liputan6.com dari media sosial X Twitter.

 

3 dari 5 halaman

Komentar Warganet

<p>Gibran: Saya Ingat, Cak Imin Ikut Potong Tumpeng di IKN</p>

"Mas Gibran : "dulu pak muhaimin pernah ikut potong tumpeng di IKN, kenapa jadi ngga konsisten gini" 🤪. Yahhh kenaa tuh slepet😋," kata @S****.

Akun X Twitter @i**** menulis, "El Sulfat memasak El Slepet 😭🫵."

"LET EL SULFAT COOKING EL SLEPET," kata @d****.

"Jadi udh ada julukannya nih ya, Gibran = El Sulfat, Cak Imin = El Slepet😩 Prof Mahfud blm kebagian keknya😂😂😂," tulis @a****.

"01 bener-bener kena slepet malam ini🤣," ucap @m****.

"El Slepet kena slepet Gibran," ujar @F****.

Akun @e**** menulis, "Apakah tukang slepet kena slepet? Senjata jadi bumerang tuan😅✌."

"El Slepet Vs El Sulfat Vs El Menyengsengsarakan 🔥," ucap @g****.

"El slepet memberikan el sulfat panggung malahan😭😭😭," tulis @e**** di Twitter.

"El slepet ngasih pertanyaan udah kek ngasih panggung ke El sulfat," ucap @Y**** di media sosial Twitter.

 

4 dari 5 halaman

Cak Imin Ingin Slepet Harga Kebutuhan yang Mahal: Padahal Rakyat Sudah Kerja, Kerja, Kerja

<p>Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).</p>

Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjelaskan makna slepet yang sering didengungkannya selama menjalani masa kampanye. Hal ini disampaikannya saat sesi perdana debat di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

"Inilah yang disebut sebagai slepet menjadi bagian dari kewenangan untuk menghadirkan kemakmuran dan keadilan. Slepet itu seperti sarung yang saya bawa ini. Di kalangan santri bisa membangunkan yang tidur, menggerakan yang loyo dan sekaligus mengingatkan yang lalai," kata dia.

Ketua Umum PKB ini mengungkapkan, bersama Anies Baswedan di Pemilu 2024, ternyata memiliki pemikiran yang sama untuk menghadirkan perubahan dan perbaikan, bahkan seperti botol dan tutupnya.

"Jangan salah, slepet itu disrupsi. Disrupsi itu adalah awal dari perubahan. Bayangkan 100 orang Indonesia kekayaannya di atas 100 juta jumlah penduduk Indonesia. Artinya ini keadaan yang tidak adil, ini harus kita slepet," ungkap Cak Imin.

 

5 dari 5 halaman

Gibran Sindir Cak Imin: Tidak Konsisten, Dulu Potong Tumpeng di IKN

<p>Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bersama Capres Anies Baswedan di arena debat cawapres perdana di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (Foto: Tangkapan layar dari Youtube KPU).</p>

Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka menyindir cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar (Cak Imin) soal Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Gus Muhaimin dulu sempat ikut meresmikan dan potong tumpeng di IKN, itu gimana ini tidak konsisten. Sekarang enggak dukung karena menjadi wakilnya Pak Anies yang usung tema perubahan," kata Gibran dalam debat cawapres di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Dia menerangkan, IKN ini bukan hanya membangun bangunan pemerintah, tapi juga simbol pemerataan di Indonesia.

"Juga simbol tranformasi pembangunan di Indonesia," kata Gibran.

Dia pun mengomentari pernyataan cawapres nomor urut tiga Mahfud Md yang mempertanyakan tidak adanya investor di IKN. Gibran mengatakan, sudah ada investor yang masuk ke IKN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.