Sukses

Kaleidoskop 2023: Dari Bahasa Gaul Chuaks hingga Bocoran Harga Tiket Konser Coldplay di Internet

Artikel ini berisi rangkuman beberapa peristiwa, fenomena, dan tren viral di dunia teknologi dan media sosial sepanjang tahun 2023 di Indonesia, seperti arti kata chuaks, harga tiket konser Coldplay, dan nyanyian Putri Ariani di pembukaan FIFA Matchday.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2023 sebentar lagi akan berlalu, menyisakan sejumlah beragam kenangan terjadi di dunia teknologi dan media sosial.

Berbagai peristiwa, fenomena, dan tren viral di internet menjadi sorotan publik dan mengundang berbagai reaksi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tim Tekno Liputan6.com mencatat beragam peristiwa tersebut dan merangkum beberapa kejadian menarik dan populer sepanjang tahun 2023.

Apa saja? Simak rangkuman Kaleidoskop 2023 di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

1. Bahasa Gaul Chuaks Lagi Viral di Media Sosial, Apa Artinya?

Salah satu bahasa gaul lagi hits di media sosial pada 2023, terutama di TikTok dan Instagram, yakni chuaks.

Istilah chuaks sebenarnya merupakan slang atau kata variasi yang berasal dari bahasa Indonesia, yaitu cuak.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Cuak memiliki arti binatang pemikat untuk menangkap sesuatu. Selain itu, cuak juga berarti takut atau gentar dan mata-mata dalam perang.

Dikonfirmasi oleh Tretan Muslim dalam sebuah video Podcast bersama Kemal Palevi, kata chuaks awalnya hanya berasal dari bunyi-bunyian tanpa arti yang diucapkan Muslim ketika malas menanggapi candaan Coki.

Menilik pengguna media sosial lainnya, beberapa mengartikan istilah tersebut sebagai pengganti kata-kata buruk, seperti bodoh. Namun, terdapat pula pemain game Mobile Legends: Bang Bang yang mengartikannya sebagai “kelas”.

Maka dari itu, kata chuaks sebenarnya tidak memiliki arti yang pasti. Orang-orang dapat menggunakan dan arti kata cuaks ini dengan konteks berbeda-beda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Bocoran Harga Tiket Konser Coldplay di Jakarta Beredar di Internet, Warganet: Semoga Menang War Ticket

<p>Beberapa kali Chris Martin menyapa penonton. (Liputan6.com/Faizal Fanani)</p>

Salah satu konser paling ditunggu-tunggu oleh penggemar musik di Indonesia adalah konser Coldplay. Band asal Inggris ini menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 15 November 2023.

Namun, sebelum tiket resmi dijual, ada bocoran harga tiket beredar di internet. Menurut bocoran tersebut, harga tiket konser Coldplay di Jakarta berkisar antara Rp 800 ribu hingga Rp 3,5 jutaan.

Banyak warganet terkejut dan mengeluh dengan harga tiket mahal. Namun, ada juga berharap bisa mendapatkan tiket dengan cara apapun.

3. Nyanyian Putri Ariani di Pembukaan FIFA Matchday Indonesia vs Argentina Disorot Warganet, Sayang Suaranya Tak Terdengar di TV

Putri Ariani tiba untuk siaran langsung pada acara semifinal America's Got Talent di Pasadena, California, Amerika Serikat, Selasa (5/9/2023). Putri Ariani tampil berbalut cape gown bernuansa beige yang didominasi sentuhan payet. (Photo by Jordan Strauss/Invision/AP)

Pada 19 Juni 2023, Indonesia menghadapi Argentina dalam pertandingan persahabatan FIFA Matchday di GBK Senayan Jakarta.

Sebelum pertandingan dimulai, ada acara pembukaan menampilkan nyanyian Putri Ariani, penyanyi asal Indonesia sedang naik daun.

Tampil sebagai pembuka laga persahabatan FIFA Matchday Indonesia vs Argentina itu, remaja 17 tahun ini menyanyikan lagu "Rayuan Pulau Kelapa" dengan suara merdunya.

Namun, sayangnya, suara Putri Ariani tidak terdengar dengan jelas di televisi karena ada masalah teknis. Banyak warganet yang kecewa dan mengkritik penyelenggara acara.

Sejumlah warganet pun berkomentar mereka tidak dapat mendengar secara langsung suara merdu Putri Ariani, dan meramaikan lini masa X Twitter.

 

3 dari 6 halaman

4. Viral Gubernur Lampung Tidak Tahu Nama Daerah hingga Tanya ke Warga Sekitar, Warganet: Paspampres Aja Pengen Ngakak

<p>Viral Gubernur Lampung Tidak Tahu Nama Daerah hingga Tanya ke Warga Sekitar. (Doc: TikTok | f.isma_one)</p>

Sebuah video memperlihatkan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, tidak tahu nama daerah sedang dikunjunginya menjadi viral di media sosial.

Dalam video tersebut, Arinal tampak berbicara dengan seorang warga untuk mengetahui nama wilayah dia dan Presiden Jokowi berada.

Momen Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tidak tahu nama wilayahnya tersebut diabadikan oleh banyak warga, dan menjadi viral di media sosial, seperti TikTok dan Twitter.

Diposting oleh akun f.isma_one di akun TikTok-nya, terlihat bagaimana Arinal sedang berbincang-bincang dengan rombongan Jokowi di tengah jalan yang masih rusak.

Aksi ini langsung menyulut reaksi dari warganet, baik di platform TikTok hingga Twitter, dimana mereka heran Gubernur sampai tidak tahu nama daerah yang dipimpinnya.

4 dari 6 halaman

5. Jadwal Lengkap dan Hasil Pertandingan MLBB SEA Games 2023, Cek di Sini Turnamen Esports Mobile Legends

<p>Jadwal Lengkap dan Hasil Pertandingan Esports Mobile Legends MLBB SEA Games 2023. (Doc: SEA Games 2023)</p>

Tahun 2023 menjadi tahun yang bersejarah bagi dunia esports Indonesia. Pasalnya, cabang olahraga ini resmi dipertandingkan di ajang SEA Games 2023 yang digelar di Kamboja.

Salah satu game dipertandingkan adalah Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), merupakan salah satu game mobile paling populer di Indonesia.

Sayangnya, tim nasional Indonesia tidak berhasil menyumbangkan medali dan harus kalah dari Kamboja dan kembali tumbang oleh tim Myanmar.

6. Ini Cara Dapat Centang Biru Instagram, Enggak Perlu Punya Banyak Followers

Ilustrasi Instagram. (Gambar oleh USA-Reiseblogger dari Pixabay)

Banyak orang bermimpi memiliki akun Instagram dengan centang biru. Centang biru ini menandakan akun tersebut telah diverifikasi oleh Instagram dan merupakan akun resmi dari orang, organisasi, atau merek yang terkenal.

Namun, untuk mendapatkan centang biru ini tidaklah mudah. Banyak syarat dan proses yang harus dilalui.

Akan tetapi, ada cara mudah untuk mendapatkan centang biru Instagram tanpa harus punya banyak followers. Instagram memiliki syarat tersendiri yang harus dipenuhi suatu akun untuk dapat memiliki centang biru.

 

5 dari 6 halaman

7. Viral di Medsos, Turis Taiwan Dipalak Bea Cukai Indonesia, Warganet: Keren Banget Sampai Go International

<p>Viral di Medsos Turis Taiwan Dipalak Bea Cukai Indonesia, Warganet: Keren Banget Sampai Go International. (TikTok | @lylien59)</p>

Sebuah video memperlihatkan seorang turis asal Taiwan dipalak oleh petugas bea cukai Indonesia menjadi viral di media sosial.

Dalam video diposting @lylien59 di TikTok, si turis asal Taiwan diminta membayar denda sebesar USD 4000 atau sekitar Rp 60 jutaan. Petugas Bea Cukai itu juga mengancam, dia akan dideportasi ke negaranya bila tidak membayar.

Adapun petugas mendenda turis asal Taiwan tersebut karena kedapatan mengambil foto saat tiba di area Bea Cukai bandara untuk mengabari pihak yang menjemputnya.

Namun karena itu pelanggaran pertama, maka petugas Bea Cukai dan turis Taiwan pun terlibat aksi tawar menawar berakhir pelancong dari luar negeri itu membayar Rp 4 juta.

Video berita dari media CTS tersebut langsung ramai berbedar di media sosial, seperti TikTok hingga Twitter.

Warganet pun ramai-ramai berkomentar pedas terhadap tindakan petugas Bea Cukai itu, sementara lainnya menyebut kejadian ini menjadi aib bagi Indonesia karena sudah sampai diberitakan oleh pihak luar negeri.

 

6 dari 6 halaman

8. Ini Cara Chat Lewat Aplikasi Gojek, Fitur yang Diduga Dipakai Syahnaz Sadiqah dan Rendy Kjaernett Berselingkuh

<p>Syahnaz Sadiqah dan Rendy Kjaernett ramai diperbicangkan oleh warganet usai kabar dugaan perselingkuhan antara keduanya merebak. Sebelumnya, mereka memainkan FTV yang disebut berujung jadi kenyataan. (Sumber: Instagram @rendykjaernett1 & @syahnazs)</p>

Salah satu skandal menghebohkan dunia hiburan Indonesia adalah perselingkuhan antara Syahnaz Sadiqah dan Rendy Kjaernett.

Hubungan keduanya diungkap oleh istri Rendy Kjaernett, Lady Veronica Nayoan, melalui unggahan di Instagram. Sontak, kabar selingkuhnya Syahnaz Sadiqah ini segera menarik perhatian publik.

Salah satu bukti menguatkan dugaan ini adalah adanya percakapan chat antara Syahnaz dan Rendy tersebar di internet.

Chat tersebut diduga dilakukan melalui aplikasi Gojek, merupakan salah satu aplikasi transportasi online terbesar di Indonesia.

Namun perlu diingat, untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna harus menggunakan aplikasi Gojek versi terbaru. Selain itu, pelanggan perlu menyimpan dan memiliki kontak pelanggan Gojek lain, dan memastikan kalau penerima pesan juga telah memakai aplikasi versi terkini.

Lantas, seperti apa cara Chat di Gojek? Bagi kamu yang ingin tahu, simak langkah-langkah berikut ini untuk berkomunikasi melalui aplikasi Gojek di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini