Sukses

Lupa Kata Sandi HP Samsung? Begini Cara Mengatasinya Tanpa Root atau Reset Pabrik

Menggunakan kata sandi pada smartphone Samsung adalah metode yang banyak digunakan untuk mengamankan perangkat, tapi bagaimana jika kita lupa kata sandi tersebut. Berikut beberapa solusi untuk membuka kunci yang lupa.

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan kata sandi pada smartphone adalah metode yang banyak digunakan untuk mengamankan perangkat, termasuk HP Samsung. Namun, tidak jarang ada pengguna yang justru mengalami kesulitan saat lupa kata sandi tersebut. Dengan begitu, mereka tidak bisa mengakses smartphone mereka.

Untuk memulihkannya, pengguna perlu melakukan root atau melakukan reset pabrik. Namun, melakukan langkah tersebut tentunya bisa menyebabkan kehilangan data.

Berikut Tekno Liputan6.com akan memberikan beberapa solusi untuk membuka kunci di smartphone Samsung. Merangkum dari Gizchina, Jumat (22/12/2023).

Membuka Kunci Smartphone Samsung Tanpa Root dan Kata Sandi

1. Menggunakan Aplikasi DroidKit

DroidKit adalah aplikasi dengan beragam fitur dan intuitif yang mudah digunakan. Tidak hanya bisa digunakan untuk ponsel Samsung, DroidKit juga bisa digunakan pada semua HP Android.

Aplikasi ini bisa membuka semua jenis kunci layar Samsung, termasuk Kata Sandi, PIN, Pola, ID Sidik Jari, Pengenalan Wajah, dll. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna tidak perlu melakukan Root pada ponsel cerdas.

Adapun cara untuk menggunakan aplikasi ini, hubungkan perangkat, letakkan perangkat dalam mode pemulihan, lali klik hapus kunci.

Selain langkah tersebut, pengguna juga bisa memulihkan ponsel Samsung dengan DroidKit “Fitur Pembuka Layar”. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Mengunduh dan menginstal DroidKit di komputer. Aplikasi ini tersedia untuk komputer Windows dan Mac secara Gratis.
  • Setelah aplikasi terpasang, hubungkan smartphone Samsung ke komputer dengan kabel USB. Kemudian luncurkan DroidKit di komputer dan pilih mode "Pembuka Layar".
  • Selanjutnya, setelah aplikasi membuka antarmuka Pembuka Layar, klik "Mulai", lalu pilih tombol "Perangkat Terhubung".
  • Aplikasi akan mulai menyiapkan File Konfigurasi untuk Perangkat. Setelah file siap, klik “Hapus Sekarang”.
  • Masukkan perangkat ke mode Pemulihan. Ikuti instruksi antarmuka DroidKit untuk mempelajari cara mengakses mode pemulihan. Ada metode untuk perangkat dengan/tanpa tombol beranda dan untuk perangkat dengan tombol Bixby.
  • Hapus Partisi Cache dan program akan mulai menghapus kunci layar.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Buka Kunci di Smartphone Samsung yang Lupa Tanpa Kehilangan Data

Selain langkah-langkah di atas, pengguna juga bisa membuka kunci smartphone Samsung melalui fitur "Lupa Pola". Hal yang perlu dilakukan hanyalah mengisi pola yang salah beberapa kali. Kemudian, smartphone akan menampilkan opsi “Lupa Kata Sandi”.

Setelah opsi tersebut muncul, kemudian klik dan isikan alamat email serta kata sandi Akun Google untuk masuk ke Halaman Buka Kunci Akun.

Dari Menu Pengaturan, Klik opsi “Kunci Layar” dan pilih jenis kunci yang ingin digunakan pada ponsel Samsung. Untuk mengatur ulang kunci baru, pengguna bisa memilih antara “PIN”, Kata Sandi”, “Slide” atau “Tidak Ada”. 

Setelah mengubah kunci, maka tampilan akan kembali ke layar beranda.

Perlu dicatat bahwa metode ini hanya berlaku untuk ponsel Samsung yang menjalankan Android 4.4 lebih lama. Fitur ini telah dihapus di versi Android terbaru.

3 dari 4 halaman

Buka Kunci dalam Mode Aman

Pengguna smartphone Samsung yang menjalankan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci ponselnya dapat dengan mudah menghapus kata sandi dalam Safe Mode atau Mode Aman. 

Jadi jika pengguna terjebak dengan kata sandi dari Kunci Layar pihak ketiga, pengguna hanya perlu melakukan boot ulang dalam mode aman. 

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Daya dan tahan hingga menu daya muncul meminta untuk melakukan reboot dalam mode aman.
  2. Sekarang, akan ada pop-up yang menanyakan apakah pengguna ingin reboot dalam Safe Mode.
  3. Pilih Safe Mode, kemudian cari tahu aplikasi pihak ketiga yang mengunci ponsel cerdas dan hapus instalasi.
  4. Mulai ulang perangkat. Dengan aplikasi kunci kata sandi dihapus, pengguna dapat mengakses perangkat kembali.

 

 

4 dari 4 halaman

Buka Kunci HP Samsung Menggunakan Find My Mobile

Metode lain untuk memulihkan ponsel Samsung yang lupa kata sandi adalah dengan fitur Samsung Find My Mobile. Saat ini, Semua ponsel Samsung hadir dengan fitur ini. 

Dengan begitu, saat pengguna lupa kunci pola perangkat, mereka cukup mencoba membuka kunci perangkat melalui metode ini. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut.

  1. Kunjungi Situs Web Samsung Find My Mobile dan masuk dengan kredensial Akun Samsung Anda. Dari menu, pilih perangkat Samsung Anda.
  2. Setelah perangkat Samsung Anda ditemukan, klik opsi “Buka Kunci” lalu ketuk opsi “Buka Kunci” lagi. 
  3. Sekarang, masukkan kata sandi akun Samsung Anda dan klik opsi “Berikutnya” untuk menyelesaikan pembukaan kunci.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, layar kunci ponsel pintar Samsung akan disetel ke Swipe Only yang sederhana. Penngguna akan dapat mengakses data tanpa masalah apa pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini