Sukses

Top 3 Tekno: Perbedaan IKD dan e-KTP Bikin Penasaran

Berikut perbedaan IKD dan e-KTP yang perlu kamu ketahui, bakal gantikan e-KTP pada akhir 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Perbedaan IKD atau identitas kependudukan digital dengan e-KTP bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (8/12/2023) kemarin.

Informasi lain yang juga menjadi sorotan yaitu mengenai tiga kode redeem Genshin Impact terbaru.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. IKD Bakal Gantikan e-KTP Mulai Akhir 2023, Ini Perbedaan Keduanya

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), baru-baru ini mengungkapkan rencana penggantian e-KTP menjadi IKD (Identitas Kependudukan Digital) melalui postingan Instagram resminya.

"Rencananya, IKD ini bakal menggantikan 50 juta e-KTP fisik hingga akhir tahun 2023," tulis Kemenkominfo di postingannya.

Meskipun pihak Kominfo belum memberikan penjelasan lanjutan terkait rencana tersebut, diketahui bahwa IKD sudah mulai diberlakukan.

IKD atau KTP Digital disebut-sebut memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan e-KTP yang selama ini kita gunakan. Di antaranya terkait dengan penghematan biaya dan proses pembuatan yang lebih cepat serta praktis.

Selain itu, bentuk kartu kependudukan baru ini juga diklaim bisa mencegah pemalsuan dan penyalahgunaan data.

Di samping keunggulan-keunggulan IKD yang telah disebutkan, berikut perbedaan IKD dan e-KTP yang perlu kamu ketahui.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. 3 Kode Redeem Genshin Impact Terbaru 8 Desember 2023, 300 Primogems Gratis Sudah Menanti

HoYoverse baru saja mengungkap informasi terkait dengan pembaruan Genshin Impact versi 4.3, dengan tajuk "Roses and Muskets" secara online di Twitch dan YouTube.

Seperti biasa, HoYoverse juga tidak lupa membagikan kode redeem Genshin Impact bagi para travelers yang menonton live streaming hari ini, Jumat (8/12/2023).

Sebelum membahas lebih dalam tentang update Genshin Impact version 4.3, kamu bisa langsung mengklaim kode redeem hari ini di bawah.

Kode Redeem Genshin Impact Terbaru:

  1. RS99D5LVTM6V: 100 Primogems dan 10 Mystic Enhancement Ore
  2. UBRQC4MCT4PZ: 100 Primogems dan 5 Hero’s Wit
  3. 8BQ9CMMVS5PM: 100 Primogems dan 50,000 Mora

Jangan lupa, Genshin Impact redeem code ini hanya bisa diklaim dalam waktu terbatas hingga 9 Desember 2023 pukul 11.00 WIB.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Ini Profil Nugroho, Dirut Telkomsel Baru yang Gantikan Hendri Mulya Syam

Telkomsel, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), mengumumkan perubahan pengurus perusahaan. Nugroho, sebelumnya menjabat sebagai Direktur Network, kini dipercaya sebagai Direktur Utama menggantikan Hendri Mulya Syam.

Selain itu, Telkomsel juga mengangkat Sarwoto Atmosutarno sebagai Komisaris menggantikan Nanang Pamuji Mugasejati, dan Indra Mardiatna mengisi posisi Direktur Network ditinggalkan Nugroho.

Perubahan ini telah mendapat persetujuan dari Telkom dan Singapore Telecommunications Ltd (SingTel) selaku pemegang saham Telkomsel. Pengangkatan Komisaris berlaku efektif sejak 1 Desember 2023, sedangkan pengangkatan Direksi berlaku efektif sejak 8 Desember 2023.

Siapa Nugroho, Direktur Utama Telkomsel baru?

Siapa Nugroho, Dirut Telkomsel baru itu? Nugroho adalah sosok berpengalaman di bidang telekomunikasi dan teknologi informasi. Mengutip laman resmi Telkomsel, dirinya telah menempati berbagai posisi strategis di perusahaan tersebut.

Sebelum menjadi Direktur Utama, Nugroho menjabat sebagai Vice President IT Customer Care and Billing Solution and Management Group Telkomsel (2014-2017).

Setelah itu, Nugroho pindah jabatan sebagai Vice President IT Customer Care and Charging Group (2017-2019) dan Vice President IT Delivery (2019-2021).

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Nomor Induk Kependudukan di KTP Dijadikan NPWP. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini