Sukses

Fitur Baru WhatsApp Mungkinkan Pengguna Berbagi Foto dan Video HD ke Status

Setelah meluncurkan dukungan untuk foto dan video HD pada Agustus 2023 ini, WhatsApp kini diduga sedang menguji fitur tersebut untuk Status.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah meluncurkan dukungan untuk foto dan video HD pada Agustus 2023 ini, WhatsApp diduga sedang dalam proses meningkatkan fungsi tersebut.

Meta sedang menguji fitur baru WhatsApp memungkinkan pengguna berbagi gambar dan video HD dalam pembaruan status mereka, mengutip dari Gadgets 360, Sabtu (9/12/2023).

Fitur ini kedapatan muncul di WhatsApp beta version 2.23.26.3 untuk pengguna Android. Lewat pembaruan ini, pengguna dapat memasang foto atau video di Status mereka.

Sayangnya, fitur berbagi foto dan video di Status WhatsApp ini masih dalam format terkompresi. Ini merupakan kelemahan besar dibandingkan layanan pesaing seperti iMessage dan Telegram.

Namun, untuk saat ini fitur foto dan video HD untuk Status tersebut tidak tersedia untuk penguji. Diperkirakan, fitur tersebut akan diperkenalkan pada aplikasi versi beta di masa mendatang.

Sementara itu, Meta telah menghadirkan opsi untuk mengirim foto dan video dalam kualitas HD. Fitur ini memungkinkan pengiriman video dalam resolusi 720p, bukan resolusi standar 480p.

Perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg juga  dilaporkan mengembangkan fitur baru berbagi audio dan layar sekaligus selama panggilan video. Fitur ini dikhususkan untuk pengguna WhatsApp di iPhone.

Ini akan memungkinkan pengguna mendengarkan video dan audio musik secara bersamaan ketika seseorang berbagi layar mereka dalam panggilan video. 

Lebih lanjut, WhatsApp juga sedang mengerjakan fitur opsional yang memungkinkan pengguna berbagi status WhatsApp langsung ke Instagram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Siapkan Fitur Baru yang Bisa Kirim Status WA ke Instagram Story

Di samping itu, versi beta terbaru WhatsApp di Android disebut memiliki opsi untuk menautkan akun Instagram dengan WhatsApp. 

Fitur yang masih dalam tahap pengembangan ini memungkinkan pembaruan status WhatsApp diposting langsung sebagai Story di Instagram.

Namun, perlu diperhatikan bahwa perbedaan antara apa yang dibagikan di WhatsApp dan Instagram mungkin membuat fitur ini tidak terlalu berguna bagi beberapa pengguna.

Sebagai aplikasi pesan instan terpopuler di dunia, WhatsApp terkadang terlambat dalam mengadopsi fitur-fitur baru yang telah diusung oleh pesaingnya. Sebut saja fitur Channel yang terinspirasi dari Telegram. 

Namun, sebagai anak perusahaan Meta, WhatsApp memiliki potensi untuk memanfaatkan integrasi dengan aplikasi lain di bawah naungan perusahaan tersebut. Demikian sebagaimana dikutip dari Android Police, Rabu (6/12/2023).

Sebagai contoh, Instagram yang juga merupakan bagian dari Meta seringkali memperbarui fitur-fiturnya lebih awal dibandingkan WhatsApp. 

Misalnya, Instagram telah mengadopsi pembaruan cerita singkat ala Snapchat pada tahun 2016, sementara WhatsApp menyusul pada tahun 2017. 

Meskipun keduanya dikategorikan sebagai alat media sosial, Instagram lebih digunakan untuk terhubung dengan teman dan mengikuti influencer, sedangkan WhatsApp lebih difungsikan untuk hubungan yang bersifat pribadi.

Seiring perkembangan ini, penting juga untuk mencatat bahwa alat kreatif Instagram Story lebih canggih dengan stiker dinamis untuk cuaca, waktu, dan lokasi.

Fitur-fitur ini belum tersedia di WhatsApp, dan pengguna mungkin akan menantikan pembaruan selanjutnya untuk mengisi kesenjangan tersebut.

3 dari 4 halaman

WhatsApp iOS Kini Bisa Kirim Foto dan Video dalam Bentuk Dokumen, Resolusi Full Maksimal 2GB

Sebelumnya, WhatsApp meluncurkan fitur berbagi foto dan video dalam bentuk dokumen bagi pengguna di iOS. Seperti pada aplikasi di Android, fitur ini bisa menjaga kualitas asli foto dan video yang dikirimkan.  

Berdasarkan laporan WABetaInfo, fitur baru ini hadir bersamaan dengan pembaruan WhatsApp 23.24.73 di iOS. Ini adalah alternatif dari pendekatan terkompresi yang biasa digunakan oleh aplikasi komunikasi.

Mengutip The Verge, Selasa (5/12/2023), fitur ini diujikan kepada beberapa pengguna pada bulan November 2023. Dan kini fitur ini telah dirilis untuk semua pengguna aplikasi chatting dari Meta ini di iOS. 

Perubahan ini akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang, jadi perlu beberapa saat untuk muncul di perangkat pengguna.

Adapun untuk cara kerja fitur ini, pengguna bisa mengaksesnya dengan mengetuk tanda “+” di obrolan, memilih “Dokumen” dan kemudian “ Pilih Foto atau Video.” 

Perlu diperhatikan, file foto dan video yang bisa dikirim menggunakan fitur ini maksimal berukuran 2GB.

Sementara itu, WhatsApp juga telah menguji fitur ini untuk pengguna Android setidaknya sejak September 2023.

Sebelumnya, telah ada solusi untuk mengirim foto dan video resolusi penuh melalui WhatsApp. Caranya yaitu dengan mengubah file secara manual ke format PDF atau DOC. 

Namun, rupanya WhatsApp kini memberikan cara yang lebih mudah untuk berbagi media berkualitas tinggi bersamaan dengan pembaruan gambar HD yang telah dirilis WhatsApp.

4 dari 4 halaman

Fitur View Once Kembali Hadir di WhatsApp Web dan Desktop

Di samping itu, Meta dilaporkan telah menghadirkan kembali fitur view once untuk pengiriman foto dan video ke WhatsApp Web maupun Desktop, setelah sebelumnya dihapus selama satu tahun karena alasan privasi. 

Menurut laporan News18, seperti dikutip Senin (27/11/2023), fitur ini tak hanya tersedia untuk aplikasi desktop WhatsApp di Windows, tapi juga macOS dan perangkat yang terhubung melalui WhatsApp beta di iPad.

 Untuk diketahui, fitur view once ini diluncurkan untuk WhatsApp Web dengan tujuan meningkatkan pengalaman privasi pengguna lewat opsi mengirim file media yang hanya bisa dilihat sekali. 

Hal ini tentunya memberikan lapisan keamanan ekstra, terutama bagi mereka yang tidak ingin file media tertentu disimpan di perangkat penerima. 

Fitur view once WhatsApp ini juga bermanfaat untuk berbagi file media sensitif yang seharusnya hanya dilihat sekali, serta tidak bisa diakses pihak yang tidak berkepentingan.

Bagi pengguna yang ingin menggunakan fitur sekali lihat di desktop, bisa menginstal pembaruan terbaru untuk aplikasi WhatsApp, yang telah diluncurkan untuk Windows, macOS, dan WhatsApp Web. 

Kehadiran fitur baru untuk WhatsApp Web ini dilakukan secara bertahap, sehingga pastikan pengguna memeriksa pembaruan aplikasi secara teratur atau tunggu beberapa saat jika pembaruan belum tersedia untuk kamu.

Di sisi lain, WhatsApp juga tengah mengembangkan fitur baru yang akan menampilkan informasi profil dalam obrolan. 

Fitur ini akan memungkinkan pengguna melihat informasi profil kontak bahkan ketika kontak tersebut sedang offline, menggantikan informasi last seen. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini