Sukses

Review Oppo Find N3, Ponsel Lipat Mewah dengan Kamera Hasselblad

Berikut ulasan dan pengalaman dalam menggunakan Oppo find N3, HP layar lipat teranyar Oppo yang baru sja dirilis di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo beberapa waktu lalu telah resmi merilis smartphone layar lipat terbaru mereka, Find N3 di Indonesia.

Dengan membawa berbagai fitur-fitur unggulan, baik dari segi pengalaman pemakaian, fitur, maupun fotografi, Oppo Find N3 tampaknya tak salah jika banyak yang memberikannya gelar HP layar lipat foldable terbaik tahun ini.

Secara singkat untuk spesifikasi Find N3, dia hadir dengan layar utama AMOLED 7,82 inci beresolusi 2268 x 2440 piksel, Dynamic Refresh Rate 120Hz. Layar kedua ponsel ini berukuran 6,31 inci, refresh rate 120Hz, dan resolusi 1080 x 2120 piksel.

Soal performa, Oppo Find N3 sudah menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2, LPDDR5X RAM16GB, memori 512GB, dan baterai berkapasitas 4805mAh dengan dukungan SuperVOOC.

HP Android ini juga memiliki fitur penambahan RAM hingga 12GB, untuk mendukung pemakaian saat multitasking. Oppo menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 256 GB untuk menampung banyak file dan aplikasi.

HP Oppo Find N3 menjalankan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka ColorOS 13.2. Sistem operasi ini menawarkan berbagai fitur dan optimasi yang dapat meningkatkan kinerja dan pengalaman pengguna.

Tekno Liputan6.com sendiri beberapa pekan terakhir telah berkesempatan untuk mencoba lebih dalam mengenai perangkat yang satu ini. Berikut review Oppo Find N3 dari kami.

Desain

Soal desain, Find N3 bisa disebut sebagai ponsel lipat paling nyaman dalam genggaman di tahun ini.

Perangkat ini pas di tangan karena tidak terlalu tipis saat dilipat, namun juga tidak tebal-tebal amat. Pengalaman memegangnya lumayan mirip saat memegang HP bentuk batangan biasa.

Smartphone ini juga membawa kesan premium, terutama untuk varian warna gold yang saja coba. Bagian belakangnya juga bebas dari sidik jari.

Buat pengguna juga tidak perlu khawatir kalau memakai case akan menyembunyikan kesan mewah tersebut, mengingat Oppo menghadirkan hardcase dengan warna yang sama, dengan kulit vegan.

Di bagian atas smartphone terdapat dua speaker, mikrofon, dan sensor inframerah, sementara di bagian bawah terdapat dua speaker juga, port USB-C, slot kartu SIM, dan mikrofon.

Di bagian kiri smartphone, ada tombol slider, di mana fungsinya adalah untuk mengubah mode suara perangkat dengan mudah; serta tombol volume dan power. Sementara untuk gap, Find N3 tidak hadir dengan celah yang terlihat saat ponsel ini dalam keadaan tertutup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Layar

Beralih ke sektor layar, Oppo Find N3 menghadirkan pengalaman penggunaan HP foldable dengan layar yang paling nyaman sejauh ini.

Layar depannya tidak terlalu ramping, yang seringkali jadi masalah pengguna HP foldable, di mana ini agak menyulitkan saat menyesuaikan ukuran saat upload IG Stories sebagai contoh.

Jadi, bila kamu hanya pakai layar depannya saja, ukurannya akan sama saat memakai HP bar seperti biasa. Sementara untuk layar utama atau layar dalam, bekas lipatan atau crease memang masih sedikit terlihat.

Namun saat dipakai atau layarnya nyala, crease ini tak terlihat dan tidak mengganggu pemakaian. Ketika diraba bekas lipatan pun juga hanya sedikit terasa di tangan, jadi lebih mulus.

Untuk sensitivitas dan layar sentuh, Find N3 juga memberikan pengalaman pemakaian yang oke, baik untuk bermain game, atau sekadar melakukan swipe untuk split screen yang smooth.

Warna yang ditampilkan di layar, baik luar maupun dalam, juga cerah dan enak di mata, memberikan pengalaman pemakaian dan menonton yang lebih oke.

Sedikit kritik, layar luar Find N3 sayangnya akan otomatis mati apabila ponsel ini sedikit saja dibuka, dan segera beralih ke layar dalam yang menyala. Tentu saja, ini agak menyulitkan jika kita ingin memakai layar luar untuk selfie atau nonton, dengan meletakkan ponsel dalam posisi dua kaki.

Masalah ini seharusnya bisa diselesaikan dengan update di masa depan, sehingga pemakaian seluruh layarnya akan terasa lebih optimal.

3 dari 5 halaman

Performa dan Fitur

Sebagai HP foldable, Oppo tentunya tidak lupa memberikan fitur-fitur khas dari perangkat layar lipat yang umumnya mendukung produktivitas, di mana salah satunya adalah Split Screen.

Fitur Split Screen di Find N3 juga bisa dilakukan dengan cara yang "satisfying", yaitu dengan menekan dan swipe layar di bagian tengah dengan dua jari dari atas ke bawah saat membuka aplikasi.

Fitur yang mendukung produktivitas lainnya adalah Boundless View, di mana pengguna bisa membuka file dengan tampilan yang lapang tanpa terputus. Selain itu, Find N3 juga punya fitur lain seperti Flexible Window dan Smart Sidebar.

Sementara buat gaming, Find N3 juga masih enak dipakai, termasuk untuk game populer seperti Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) atau Genshin Impact.

Main MLBB pakai layar dapat dengan pengaturan grafis dan frame rate tinggi selama 20 menit, perangkat tidak panas, dengan baterai hanya kurang 6 persen. Jika tak suka gim kompetitif, main game yang ringan seperti Stumble Guys juga lancar tanpa HP terasa panas.

Main Genshin Impact pakai layar dalam dengan pengaturan medium juga lancar, dengan baterai berkurang 7 persen selama 18 menit pemakaian.

Di sini perangkat sedikit menghangat terutama di bagian layar luar. Sementara dengan layar luar di pengaturan yang sama, ponsel terasa lebih adem meski hangat tetap ada.

Saat dijajal main Genshin Impact pakai layar luar dengan pengaturan High, perangkat memang cukup menghangat, tapi masih playable.

Soal baterai, untuk nonton YouTube selama 25 menit, baterainya hanya kurang 4 persen. Pengisian daya pakai charger 67W dan kabel bawaan, bisa mengisi 58 persen dalam waktu 17 menit.

Untuk kualitas speaker untuk mendengarkan tanpa headset menurut saya sudah bagus dan jernih, meski bass-nya tidak terlalu terasa.

4 dari 5 halaman

Foto

Oppo Find N3 menghadirkan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP, telefoto 64 MP, dan ultrawide 48 MP.

Berbekal fitur kalibrasi warna dari Hasselblad, Oppo mengklaim kamera ponselnya ini mampu dapat menghasilkan foto dan video dengan warna yang akurat dan natural. Untuk kamera selfie-nya, Oppo Find N3 tampil dengan lensa ultrawide 32 MP dan ultrawide 20 MP.

Berikut ini hasil foto-foto menggunakan Oppo Find N3, di mana menurut kami, kualitasnya terbilang bagus dan mantap.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Dengan fitur-fitur yang kaya, Oppo layak diacungi jempol karena berani merangsek masuk ke pasar HP layar lipat kelas premium di Indonesia, mengingat harga dari ponsel ini pun juga tidak murah buat pengguna awam.

Find N3 pun layak dinobatkan sebagai HP layar lipat terbaik tahun ini, mengingat dia hadir dengan menutup berbagai kekurangan yang biasanya muncul di smartphone foldable seperti bekas lipatan, gap, atau desain yang terlalu ramping.

Beberapa hal yang bisa diperbaiki mungkin dari segi layar luar yang otomatis mati saat ponsel dibuka, rasanya juga bisa dengan mudah diselesaikan dengan pembaruan software.

Sebagai catatan, apa yang ditulis di sini adalah pengalaman pribadi dalam penggunaan perangkat ini. Setiap orang mungkin memiliki preferensi, pengetahuan, atau pengalaman yang berbeda dalam memakainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.