Sukses

Spotify Wrapped 2023 Hadir, Ini Cara Ketahui Karaktermu Berdasarkan Kebiasan Streaming

Simak daftar karakter Spotify Wrapped 2023 yang dibuat berdasarkan kebiasaan mendengar kamu selama setahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Spotify Wrapped 2023 telah bisa diakses oleh para pengguna, baik berbayar maupun premium. Seperti biasa, Spotify Wrapped merangkum aktivitas pengguna selama setahun terakhir.

Setiap tahun, Spotify pun menambahkan sejumlah fitur baru dalam Wrapped 2023. Untuk di tahun ini, platfom streaming audio asal Swedia itu memperkenalkan fitur Me in 2023.

Lewat fitur ini, Spotify membagi kebiasaan pengguna selama setahun terakhir dalam 12 karakter yang berbeda. "Me in 2023 menggambarkan kebiasaan mendengar pengguna di tahun ini," tulis Spotify pernyataannya.

Untuk mengetahui 12 karakter yang menggambarkan kebiasaan pengguna Spotify selama setahun terakhir, simak daftarnya berikut ini. Kira-kira kamu masuk dalam karakter apa ya di Spotify Wrapped 2023?

  • Vampire : Karakter ini menggambarkan pengguna yang sering mendengarkan musik dengan tema emosional dan atmosferik
  • Alchemist : Karakter ini menggambarkan pengguna yang sering membuat playlist sendiri, bahkan lebih banyak dari pengguna lainnya.
  • Time Traveler : Seperti namanya, karakter ini menggambarkan pengguna yang sering mengulang lagu yang sama, meski itu bukan lagu baru.
  • Cyclops : Karakter ini menggambarkan mereka yang fokus untuk mendengarkan lagu di satu genre saja.
  • Luminary : Karakter ini menunjukkan pengguna yang kerap memutar musik upbeat, dibandingkan pengguna lainnya.
  • Mastermind : Karakter ini memperlihatkan pengguna yang sering mempelajari beragam genre musik.
  • Roboticist : Karakter ini menunjukkan pengguna yang menyerahkan daftar lagu berdasarkan algoritma Spotify.
  • Shapeshifter : Karakter ini menggambarkan pendengar yang terbiasa mendengar satu artis, tapi di waktu lain beralih ke artis berbeda.
  • Collector : Karakter ini selalu mendengarkan playlist yang mereka punya.
  • Hunter : Karakter ini menunjukkan pengguna yang sering melewatkan trek, jika dibandingkan dengan pengguna lain.
  • Fanatic : Karakter ini menggambarkan pengguna Spotify yang sangat loyal pada, bahkan sepertiga konten audio yang didengarkan berasal dari musisi teratas.
  • Hypnotist : Karakter ini menunjukkan pengguna yang selalu mendengarkan musik secara berurutan, mulai dari trek awal hingga akhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Bikin Spotify Wrapped 2023 via Aplikasi dan Browser Buat Dibagikan di Medsos

Buat yang belum tahu atau belum familiar, Spotify Wrapped biasanya merangkum aktivitas pengguna platform streaming musik dan audio ini, dalam setahun terakhir.

Pengguna Spotify akan bisa mengaksesnya lewat aplikasi mobile baik di Android maupun iOS, atau bisa menggunakan situs web, yang mana menjadi pertama kalinya Wrapped bisa dibuka melalui website.

Berikut ini langkah-langkah untuk bikin Spotify Wrapped 2023, melalui aplikasi mobile dan situs web.

Cara Bikin Spotify Wrapped 2023 Pakai Aplikasi

  1. Update dulu aplikasi Spotify di Android atau iOS ke versi terbaru
  2. Nantinya, saat kamu membuka aplikasi Spotify di perangkat, akan muncul banner "Kilas Balik" atau "Your 2023 Wrapped is here"
  3. Cukup klik banner yang muncul di laman Spotify-mu, dan nantinya akan dimainkan rekap atau rangkuman aktivitasmu di platform tersebut selama setahun.
  4. Kamu juga akan dapat membagikan hasil rangkuman seperti artis atau lagu favorit dari situ, ke media sosial (medsos) dengan klik "Share"

Cara Bikin Spotify Wrapped 2023 Pakai Browser

  • Masuk ke laman Spotify.com/Wrapped dengan browser-mu
  • Login ke akun Spotify-mu dengan memasukkan nama pengguna atau email beserta password-nya.
  • Sama seperti di aplikasi, kamu nantinya akan bisa melihat rangkuman aktivitasmu di Spotify selama satu tahun hanya dengan browser.
  • Kamu juga akan dapat membagikan hasil rangkuman seperti artis atau lagu favorit dari Spotify Wrapped 2023, ke medsos dengan klik "Share"
3 dari 4 halaman

Spotify Wrapped 2023 Hadir untuk Seluruh Pengguna

Yang menarik, di Wrapped tahun ini, Spotify menghadirkan beberapa fitur baru yang bisa diakses pengguna. Ada fitur Sound Town yang akan menunjukkan kota tertentu dengan kesamaan selera musik seperti pengguna.

Lalu, ada fitur Me in 2023 yang menunjukkan karakter pengguna Spotify berdasarkan kebiasaan mendengarkan musik mereka. Ada 12 karakter berbeda yang nantinya akan dimunculkan sesuai aktivitas mereka.

Selain itu, pengguna juga bisa membagikan top songs mereka dengan orang-orang terdekat lewat fitur Top Songs Blend. Seperti biasa, hasil di Spotify Wrapped akan ditampilkan dalam konten story yang bisa dibagikan langsung ke media sosial.

Tidak hanya menampilkan konten lagu yang didengar pengguna, Spotify Wrapped 2023 juga menampilkan deretan konten audio teratas yang sering didengarkan pengguna, seperti podcast. Sekadar informasi, Spotify Wrapped sendiri diperkenalkan pertama kali pada 2016.

Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, Spotify diketahui biasa merilis fitur ini pada pekan terakhir November atau awal Desember. Untuk menjajal fitur ini, pengguna bisa langsung mengaksesnya di laman depan Spotify, baik aplikasi maupun situs web. 

(Dam)

4 dari 4 halaman

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini