Sukses

Mirip Spotify Wrapped, Apple Music Replay 2023 Kini Sudah Bisa Diakses

Fitur rangkuman streaming musik Apple Music Replay 2023 telah hadir, simak artikel berikut ini untuk cara melihatnya.

Liputan6.com, Jakarta - - Apple Music Replay adalah rangkuman akhir tahun dari lagu, artis, album, dan lainnya yang paling sering kamu dengarkan kini tersedia di halaman web Apple Music.

Meskipun baru meluncur pada 2019, Apple telah memberikan update besar-besaran pada fitur ini sejak tahun lalu. Karenanya, fitur ini disebut makin mirip dengan Spotify Wrapped. 

Seperti diketahui, Spotify Wrapped merupakan fitur yang merangkum kebiasaan pengguna di platform tersebut selama setahun terakhir. Jadi, fitur ini akan menampilkan deretan konten yang paling banyak didengar, mulai dari lagu, album hingga podcast. 

Namun tidak seperti Spotify Wrapped, yang menawarkan satu set tangga lagu yang dapat dibagikan, statistik yang disajikan di Apple Music Replay dianggap masih kalah menarik untuk diunggah secara online. 

Selain itu, fitur ini tidak tersedia secara langsung di aplikasi Apple Music. Kendati demikian, pengguna masih bisa mendengarkan playlist Replay 2023 di aplikasi Apple Music.

Seperti tahun lalu, Apple Music Replay akan menampilkan daftar lagu dan artis favorit kamu sepanjang tahun, serta berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk mendengarkannya. 

Dikutip dari The Verge, Kamis (30/11/2023), Apple Music Replay juga dilengkapi kemampuan memantau pencapaian, yang menunjukkan apakah kamu telah memenuhi target tertentu saat menggunakan layanan ini, seperti mendengarkan 1.000 lagu.

Untuk melihat Replay kamu tahun ini, buka replay.music.apple.com dan masuk dengan ID Apple kamu. Di situ, kamu bisa melihat semua statistik mendengarkan kamu sepanjang tahun. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

TikTok Luncurkan Fitur Baru, Pengguna Bisa Tambahkan Lagu dari TikTok ke Apple Music

Di sisi lain, TikTok meluncurkan fitur baru yang menawarkan integrasi mendalam dengan aplikasi streaming musik, seperti Apple Music, Spotify, dan Amazon Music.

Seperti yang diungkapkan TikTok dalam unggahan blognya, "fitur tersebut akan muncul sebagai tombol bertuliskan Tambah Lagu (Add Music) di samping nama track di bagian bawah video FYP."

Kemudian, apabila pengguna menekan tombol Tambah Lagu tersebut, mereka dapat memilih untuk menyimpannya ke layanan streaming musik pilihan mereka dengan menekan tombol "Tambahkan ke Aplikasi Musik" (Add to music app).

Setelah penggunaan pertama fitur Tambahkan ke Aplikasi Musik, aplikasi musik yang dipilih akan menjadi layanan streaming musik default. 

Meski demikian, pengguna masih bisa mengubah layanan streaming musik default kapan saja di bawah pengaturan.

Pengguna juga dapat menggunakan fitur Tambahkan ke Aplikasi Musik dari Halaman Detail Suara artis.

Fitur tersebut diluncurkan secara bertahap. Untuk saat ini, fitur baru TikTok ini baru tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat dan Inggris. Namun, TikTok mengatakan bahwa fitur ini akan dihadirkan ke pengguna lain secara luas.

Di samping itu, sebelumnya TikTok juga telah luncurkan fitur Direct Post atau Unggahan Langsung dari aplikasi edit video pihak ketiga.

Dalam fitur ini, TikTok bekerja sama dengan aplikasi edit video, seperti Adobe Premiere Pro, aplikasi kreativitas AI Adobe Express, Twitch, SocialPilot, dan CapCut ByteDance.

3 dari 5 halaman

Gantikan iTunes, Aplikasi Apple TV dan Apple Music Hadir di Windows 11

Jauh sebelum itu, Apple disebut menggantikan iTunes sebagai aplikasi multimedia besutan mereka untuk perangkat Windows. Sebagai gantinya, Apple telah menyiapkan aplikasi lain, yakni Apple Music dan Apple TV.

Versi preview dari kedua aplikasi tersebut juga sudah muncul di Microsoft Store. Kendati demikian, seperti dikutip dari TechCrunch, Senin (16/1/2023), aplikasi baru ini hanya ditujukan untuk perangkat yang menjalankan Windows 11.

Secara fungsi, aplikasi ini memang tidak berbeda jauh dengan yang ditawarkan oleh iTunes. Namun, Apple kini menghadirkan secara terpisah sesuai kegunaan.

Sebagai contoh, aplikasi Apple Music bisa digunakan untuk memutar musik dari perpustakaan lokal pengguna di Windws, sekaligus memberikan akses pada layanan streaming musik berbayar.

Dari bocoran yang beredar, aplikasi ini memiliki tampilan yang identik dengan versi macOS, tapi tidak dibekali dengan fitur menampilkan lirik.

Serupa dengan Apple Music, Apple TV hadir dengan desain yang serupa versi macOS. Aplikasi ini memberikan pengguna akses ke layanan Apple TV Plus, Apple TV Channels, sekaligus film dan serial TV dari iTunes Store.

4 dari 5 halaman

Apple Devices

Selain dua aplikasi tersebut, Apple dilaporkan juga akan menghadirkan aplikasi baru yang bernama Apple Devices. Sesuai namanya, aplikasi ini akan membantu pengguna melakukan pengaturan perangkat Apple mereka dari PC Windows.

Aplikasi ini menggantikan kemampuan sinkronisasi dan pencadangan perangkat yang biasanya dilakukan lewat iTunes. Pengguna juga dimungkinkan untuk memulihkan firmware perangkatnya dengan aplikasi ini.

Untuk bisa menjalankan tiga aplikasi baru tersebut, perangkat harus sudah menjalankan Windows 11 versi 22621.0 atau di atasnya. Apple juga mengingatkan pengguna yang telah memasang salah satu dari aplikasi tersebut tidak bisa lagi menjalankan iTUnes.

Sebelumnya, Microsoft juga telah mengumumkan telah melakukan integrasi layanan iCloud dengan aplikasi Photos di Windows 11. Jadi, pengguna iPhone bisa langsung mengakses foto atau video mereka yang ada di iCloud melalui Photos di Windows.

5 dari 5 halaman

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.