Sukses

2 Fitur Utama Berbasis AI pada TV OLED LG evo G3 yang Dijual Rp 40 Jutaan di Indonesia

Terdapat dua teknologi utama TV OLED LG evo G3 yaitu AI Picture Pro dan AI Sound Pro. Apa fungsinya?

Liputan6.com, Jakarta - LG Electronics Indonesia resmi memasarkan kasta tertinggi dalam lini TV OLED LG, yaitu evo G3. Layarnya menyuguhkan luminositas dan kecerahan lebih tinggi dengan detail lebih baik dibanding generasi panel sebelumnya.

Product Director Home Entertainment of LG Electronics Indonesia, Park Jae Il, mengatakan pemasaran televisi ini mewakili upaya perusahaan terus mendorong inovasi OLED TV dengan teknologi terkini.

"TV OLED LG evo G3 menawarkan reproduksi warna, kecerdasan, dan desain istimewa,” klaim Park Jae Il melalui keterangan resminya, dikutip Minggu (12/11/2023).

Ditopang prosesor dengan dukungan AI terbaru, TV OLED evo G3 dikembangkan dengan Prosesor AI α9 Gen6. Terdapat dua teknologi utama di dalamnya yaitu AI Picture Pro yang menangani visual dan AI Sound Pro yang khusus untuk peningkatan audio.

Head of Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia, Vincent Martana Wenas, menyebut teknologi utama berbasis AI ini melengkapi terapan panel OLED terbaru yang dibawa TV OLED dengan resolusi UHD 4K.

"TV ini lahir dari pengalaman panjang LG selama 10 tahun menjadi pionir TV OLED di dunia,” ujar Vincent menambahkan.

Teknologi AI Picture Pro didukung OLED Dynamic Tone Mapping Pro yang bekerja membagi dan menganalisis gambar dalam 20.000 blok warna dengan mendeteksi area paling gelap dan terang pada layar 65 inci LG OLED evo G3.

Fitur ini kemudian bekerja mengoptimalkannya untuk menciptakan nuansa keterlibatan lebih mendalam bagi penontonnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

HDR Expression Enhancer

Lebih lanjut, Vincent menuturkan keunggulan dalam hal visual TV OLED LG tahun 2023 ini semakin nyata dengan keberadaan HDR Expression Enhancer.

Sesuai namanya, fitur ini bekerja khusus untuk mendeteksi dan menyempurnakan objek penting pada layar, seperti misalnya wajah manusia, dalam setiap adegan.

Dengan peningkatan ketajaman dan pemetaan tiga dimensi yang didukung pemanfaatan deep learning sebagai bagian terapan AI di dalamnya, TV OLED LG ini mampu memberikan kekayaan detail lebih untuk menciptakan keterlibatan emosional dengan penontonnya.

LG juga menanamkan teknologi Brightness Booster Max yang bekerja menggabungkan arsitektur kontrol cahaya terbaru dan algoritma peningkatan pencahayaan yang mampu mendorong tingkat kecerahan hingga 70%.

 

3 dari 4 halaman

Kekuatan Audio Surround 9.1.2

Sementara, AI Sound Pro membuat TV OLED 4K ini mampu menghadirkan nuansa audio berkanal surround 9.1.2 dari speaker yang terintegrasi, tanpa perlu tambahan perangkat tersambung lainnya.

“Kekuatan audio ini didesain mampu menghantarkan bunyi dengan tepat pada pengguna sekaligus memenuhi ruang untuk menciptakan nuansa keterlibatan lebih baik dengan konten yang dinikmati,” ujar Vincent.

TV ini juga dilengkapi ‘Quick Cards’ baru yang menawarkan akses mudah ke konten dan layanan yang paling sering digunakan. Keseluruhannya dikelompokkan ke dalam kategori seperti Home Office, Gaming, Musik, dan Olahraga.

LG OLED evo G3 juga didesain menjadi layar gaming. Waktu respons 0,1 milidetik, jeda input rendah serta keberadaan empat port yang mendukung HDMI 2.1 menjadi modal besar untuk menjalankan game terkini.

Soal harga, TV OLED LG evo G3 tersedia dalam ukuran 65 inci dengan banderol Rp 40 jutaan.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Pindah dari TV Analog ke TV Digital (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini