Sukses

Apple Tunda Pengembangan iOS 18 hingga macOS 15 demi Perbaiki Bug

Apple memutuskan menunda pengembangan iOS 18, macOS 15, watchOS 11, dan tvOS 18 untuk fokus pada perbaikan bug dan meningkatkan kualitas perangkat lunak eksisting.

Liputan6.com, Jakarta - Apple memutuskan untuk menunda pengembangan pembaruan beberapa proyek sistem operasi mereiak, termasuk iOS 18, macOS 15, watchOS 11, dan tvOS 18. 

Keputusan ini diambil untuk fokus pada perbaikan bug dan meningkatkan kualitas OS di berbagai perangkat, seperti iPhone, iPad, Apple Watch, dan Mac.

Wakil Presiden Senior dan Kepala Perangkat Lunak Apple Craig Federighi memimpin jalannya upaya perusahaan untuk menyelesaikan bug di software yang terlewatkan selama pengujian internal. 

Para insinyur Apple diarahkan untuk menghentikan sementara pengembangan update iOS, macOS, watchOS, hingga tvOS dan fokus pada misi penting untuk meningkatkan kinerja dan kualitas perangkat lunak yang sedang digunakan oleh pengguna saat ini.

Rencananya, jeda dalam pengembangan ini akan relatif singkat, dengan Apple berharap melanjutkan operasi normal pada akhir minggu ini. 

Dikutip dari GizChina, Sabtu (11/11/2023), langkah update iOS hingga macOS ini menunjukkan komitmen Apple untuk memberikan pengalaman pengguna lebih baik dengan OS berkualitas, meskipun mengakibatkan penundaan dalam peluncuran beberapa pembaruan. 

Untuk diketahui, iOS 17.4 dijadwalkan sebagai pembaruan besar terakhir untuk versi perangkat lunak saat ini dan diharapkan meluncur pada Maret 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apple Bakal Rilis iOS 17.1.1 Buat Atasi Sejumlah Bug di iPhone

Sebelumnya, Apple dikabarkan akan merilis pembaruan minor iOS 17.1.1 untuk iPhone pada minggu ini.

Informasi ini berdasarkan cuitan sebuah akun terpercaya yang membagikan kode build 21B91 untuk update iOS tersebut di X alias Twitter.

Mengutip MacRumors, Selasa (7/11/2023), akun tersebut biasanya membagikan nomor build untuk pembaruan update iOS yang akan datang kurang dari seminggu sebelum dirilis

Sebelumnya dilaporkan kalau Apple tengah menguji internal pembaruan iOS 17.1.1. Informasi tersebut berdasarkan bukti versi software ini di log analitik situs web MacRumors.

Adapun pembaruan iOS 17.1.1 kabarnya berfokus pada perbaikan atas bug dan menyuguhkan patch keamanan untuk iPhone.

Sejauh ini belum jelas bug-bug mana yang akan diatasi melalui iOS 17.1.1. Namun, update ini mungkin termasuk perbaikan untuk mengatasi masalah konektivitas WiFi yang telah diterapkan Apple dalam versi beta iOS 17.2.

Selain itu update iOS 17.1.1 juga kemungkinan akan memperbaiki masalah di mana beberapa iPhone mati sendiri sementara, bagi pengguna yang masih mengalami masalah tersebut.

3 dari 5 halaman

Update iOS 17.2 dan WatchOS Versi Terbaru

Di sisi lain, Apple juga berjanji untuk memperbaiki masalah pengisian daya nirkabel BMW yang memengaruhi iPhone 15 dalam update yang akan datang tahun ini.

Sementara itu, iOS 17.2 saat ini masih dalam pengujian beta dan kemungkinan baru akan rilis Desember 2024. Pembaruan tersebut bakal mencakup fitur baru dan banyak pembaruan.

Termasuk kehadiran aplikasi Journal yang dijanjikan oleh Apple, kemampuan pelanggan Apple Music untuk berkolaborasi di playlist, opsi Translate untuk action button di iPhone 15 Pro series, Verifikasi Kunci Kontak iMessage, widget Cuaca dan Jam tambahan, serta lainnya.

Selain itu dilaporkan bahwa Apple tengah bersiap merilis update WatchOS dengan perbaikan daya baterai Apple Watch yang berlebihan. Kemungkinan update itu akan digulirkan dengan WatchOS 10.1.1, namun bisa jadi juga namanya WatchOS 10.2, jika Apple butuh lebih banyak waktu untuk pengembangan.

4 dari 5 halaman

Fitur Rahasia di iOS 17

Sementara itu bicara update iOS 17, sebelumnya iOS baru ini juga menghadirkan fitur yang sangat berguna dan tidak disadari kebanyakan orang. Fitur rahasia ini tersembunyi di pengaturan iOS, Screen Distance.

Apple telah mengembangkan fitur ini untuk mengurangi tekanan pada mata saat menggunakan smartphone, dikutip dari News18, Sabtu (14/10/2023). Apple memberikan fasilitas sederhana berupa peringatan kepada pengguna bahwa wajah mereka mungkin terlalu dekat dengan ponsel.

Dengan mengaktifkan fitur ini, iPhone secara berkala mendeteksi ketika pengguna memegang ponsel mereka kurang dari satu lengan dan terlalu dekat dengan layar. Lalu memunculkan peringatan di layar pengguna 'iPhone Mungkin Terlalu Dekat'. 

Peringatan tersebut lebih lanjut mengatakan bahwa 'Menjaga jarak iPhone Anda dapat melindungi penglihatan Anda.'

Peringatan tersebut segera hilang saat pengguna membuat jarak setidaknya satu lengan antara layar iPhone dan mata. Dan iPhone akan mengatakan bahwa perangkat sekarang berada pada jarak yang disarankan.

5 dari 5 halaman

Infografis: Juara Piala Dunia U-17 dari Masa ke Masa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini