Sukses

Lewat One UI 6, Samsung Boyong Alat Edit Foto Enhancer-X ke Deretan HP Ini

Samsung bawakan alat pengeditan foto berbasis kecerdeasan AI bernama Samsung Galaxy Enhancer-X untuk HP samsung berbasis One UI 6

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berbulan-bulan dikembangkan dalam versi beta, Samsung One UI 6 akhirnya resmi diluncurkan. One UI 6 adalah antarmuka khusus Samsung yang berjalan di atas sistem operasi Android.

UI baru ini menyajikan berbagai fitur baru yang menonjol, terutama dalam hal fitur kamera yang diperkaya dengan kecerdasan buatan (AI).

Salah satu sorotan dari pembaruan ini adalah aplikasi Samsung Galaxy Enhance-X. Aplikasi ini dapat dianggap sebagai pisau serbaguna untuk alat gambar, membawa pengalaman fotografi kamu ke tingkat berikutnya. 

Saat mengambil foto bintang, Galaxy Enhance-X menggunakan kecerdasan buatan untuk mengenali rasi bintang dan galaksi yang terdapat dalam foto kamu. Untuk meningkatkan kejernihan foto, aplikasi ini bahkan dapat menghilangkan keburaman yang disebabkan oleh sidik jari pada lensa.

Fitur lainnya yang menarik adalah kemampuan Enhance-X untuk mengubah video biasa menjadi video slow motion. Dengan membuat frame tambahan, aplikasi ini mampu menciptakan tampilan lambat sekaligus halus. 

Terakhir, Enhance-X menggunakan kecerdasan buatan untuk memilih foto dan klip video terbaik yang dapat dibagikan kepada teman-teman kamu.

Mengutip PCMag, Sabtu (11/11/2023), aplikasi ini akan tersedia untuk sejumlah model ponsel Samsung, termasuk Galaxy S20 ke atas, seri Note 20, A53, A54, serta semua ponsel Galaxy Z Flip dan Z Fold. 

Dengan fokus pada inovasi kamera yang ditingkatkan, One UI 6 memberikan pengalaman pengguna yang lebih memuaskan dalam mengabadikan momen-momen berharga. Selamat menikmati pembaruan baru!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Alat Edit Bawaan Samsung Juga Ditingkatkan

Selain itu, One UI 6 membawa sejumlah alat bantu penyuntingan gambar lain yang menarik untuk mempercantik hasil foto para pengguna HP Samsung. 

Salah satunya adalah AI Image Clipping, yang memungkinkan pengguna memilih subjek dalam foto dan mengubahnya menjadi stiker yang dapat ditambahkan ke berbagai media, seperti video atau foto.

Dalam One UI 6, fitur Document Scan juga diperbarui dengan kecerdasan buatan. AI akan mendeteksi apakah pengguna telah mengambil gambar dokumen dan secara otomatis menampilkan layar edit Auto Scan. 

Ini memungkinkan penyesuaian gambar agar lebih jelas. Fitur ini juga dapat mengenali jari-jari tangan dalam foto dan menghapusnya dari hasil pemindaian akhir.

Di sisi lain, pengguna Galaxy S23 Ultra mendapatkan keistimewaan dengan pengaturan cepat resolusi tinggi, memungkinkan pengambilan gambar cepat pada resolusi penuh 200MP saat berada dalam mode Photo atau Pro di aplikasi kamera.

Samsung juga menambahkan widget kamera baru, memberikan akses cepat ke mode kamera yang telah diatur sebelumnya. Misalnya, pengguna dapat memiliki widget yang langsung meluncurkan kamera ke mode Potret.

Pembaruan lainnya termasuk desain ulang pada Photo Editor dalam aplikasi Kamera, dengan penataan ulang fitur seperti Straighten dan Perspective. Tombol Undo dan Redo baru juga ditambahkan untuk memudahkan perbandingan hasil edit dengan keadaan sebelumnya.

Untuk memeriksa pembaruan One UI 6 pada ponsel Samsung, pengguna dapat membuka Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak dan mengecek Unduh dan Instal. 

 
3 dari 5 halaman

Samsung Siap Rilis Versi Stabil ke Publik

Samsung diketahui sudah menjalankan program beta untuk One UI 6 ke sejumlah pengguna. Karenanya kini, perusahaan asal Korea Selatan itu dilaporkan bersiap untuk merilis update tersebut ke seluruh pengguna perangkat Galaxy.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Kamis (26/10/2023), informasi soal perilisan One UI 6 ini diketahui dari moderator Samsung Members melalui unggahannya. Disebutkan, ini merupakan pekan terakhir untuk program beta One UI 6.

Untuk itu, Samsung tidak akan ada lagi rilis beta untuk One UI 6. Dan kini, Samsung disebut tengah melakukan pemeriksaan tahap akhir untuk semua versi beta One UI, sebelum merilis versi stabilnya. 

Kendati demikian, ada kemungkinan Samsung akan merilis One UI versi beta jika dirasa masih ada masalah yang perlu diperbaiki. 

Kendati demikian, informasi mengenai jadwal rilis One UI versi terbaru ini belum diketahui. Namun mengingat program beta-nya akan berakhir, ada kemungkinan One UI 6 akan digulirkan dalam beberapa minggu ke depan bersama patch keamanan Android Oktober 2023.

Untuk diketahui, Samsung telah memperkenalkan tampilan antarmuka terbarunya yakni One UI 6.0 pada 5 Oktober 2023. One UI 6.0 diprediksi akan hadir untuk berbagai macam perangkat. 

Beberapa perangkat yang akan mendapatkan pembaruan One UI berbasis Android 14 ini adalah Galaxy S23, Galaxy S23 Ultra, Galaxy Z Fold 5, dan Z Flip 5, hingga model lama seperti Galaxy S21, Galaxy S22, Galaxy A52 , Galaxy A53, dan beberapa model lain.

4 dari 5 halaman

One UI 6.0 Berbasis Android 14 Siap Rilis

Mengutip dari GizChina, Kamis (19/10/2023), One UI 6.0 akan memanfaatkan berbagai fitur baru yang diperkenalkan di Android 14. One UI terbaru ini juga akan memperkenalkan banyak perubahan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Misalnya, fungsionalitas kamera, konfigurasi dan penyesuaian perangkat, dan desain tipografi yang fresh. Sementara untuk tampilan pada One UI berbasis Android 14 ini, diperkirakan tidak jauh berbeda dengan One UI 5.1.

Meskipun telah diperkenalkan, sejauh ini tidak ada tanggal rilis resmi untuk One UI 6.0. Namun, mengingat One UI 5.0 diluncurkan pada akhir Oktober 2022, ada kemungkinan Samsung akan merilis One UI 6.0 semakin dekat. 

Kendati demikian, sejumlah peningkatan dan pembaruan di One UI 6.0 tetap menarik untuk diketahui. Untuk mengetahui deretan pembaruan yang dihadirkan Samsung lewat One UI 6.0 untuk fungsi kamera, simak beberapa di antaranya berikut ini: 

  • Desain aplikasi kamera yang telah diubah untuk meningkatkan intuisi, serta tombol di layar kini lebih ramah pengguna.
  • Garis kisi di aplikasi kamera kini menyertakan garis datar untuk membantu pengguna mengambil foto dan video dengan lebih akurat.
  • Penambahan widget kamera baru yang memungkinkan akses cepat ke berbagai mode pengambilan dengan satu ketukan.
5 dari 5 halaman

Infografis: Deretan Efek Negatif Marah bagi Kesehatan Tubuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini