Sukses

Samsung Rilis Galaxy Z Flip5 Retro Edisi Terbatas, Terinspirasi HP Lipat Tahun 2000-an

Samsung meluncurkan Galaxy Z Flip5 Retro edisi terbatas, yang terinspirasi ponsel lipat lawas mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung meluncurkan Galaxy Z Flip5 Retro, yang merupakan edisi terbatas dari Galaxy Z Flip5, serta menjadi bentuk "penghormatan" buat ponsel lipat lawas mereka, SGH-E700.

Untuk diketahui, SGH-E700 dirilis 20 tahun lalu pada tahun 2023. Saat itu, ponsel lipat ini menjadi ponsel pertama Samsung yang dilengkapi antena internal.

"Inovasi ini, ditambah popularitas ponsel yang meluas, memainkan peran penting dalam memajukan posisi Samsung di industri ponsel," kata perusahaan, mengutip laman resminya, Selasa (31/10/2023).

Menurut mereka, Samsung kini ingin melibatkan pelanggan, dengan memamerkan sejarah inovasinya, dengan menjadikan SGH-E700 dan Galaxy Z Flip 5 yang baru mereka rilis, sebagai contoh representatif.

Samsung Galaxy Z Flip5 Retro hadir dengan kombinasi warna biru nila dan perak, serta menyematkan berbagai fitur yang terinspirasi SGH-E700.

Mereka juga menampilkan desain UX dengan reinterpretasi grafis piksel tahun 2000-an di HP layar lipat edisi khusus ini, serta menambahkan animasi eksklusif pada Flex Window, yang menggambarkan pemandangan kota dengan sentuhan nostalgia.

Perusahaan asal Korea Selatan ini juga menghadirkan tiga kartu Flipsuit, yang menampilkan logo dari era berbeda dalam sejarah Samsung. Terdapat juga Flipsuit case dan kartu kolektor yang diukir dengan nomor seri unik, sehingga menambah nilai koleksi bagi pembeli produk ini.

Meski begitu, Galaxy Z Flip5 Retro hanya dijual dalam jumlah terbatas di Korea Selatan, Inggris, Jerman, Spanyol, dan Australia mulai 1 November, serta di Prancis mulai 2 November 2023.

Smartphone layar lipat Samsung ini juga hanya akan bisa dibeli secara eksklusif melalui situs resmi Samsung di negara-negara tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Galaxy Z Flip5 Jadi Salah Satu Penemuan Terbaik 2023 TIME

Samsung Galaxy Z Flip5 sendiri dinobatkan sebagai salah satu Best Inventions 2023 (Penemuan Terbaik 2023) versi majalah TIME.

Pantauan Tekno Liputan6.com di laman majalah TIME, Senin (30/10/2023), ada 200 produk inovatif yang masuk dalam daftar Best Inventions 2023.

Ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip5 sendiri masuk dalam kategori Consumer Electronics, bersanding dengan Apple Watch Ultra 2, Canon MS-500, Sony FX3, dan lainnya.

Setiap tahun selama lebih dari dua dekade, editor TIME menyoroti produk dan ide baru yang paling berpengaruh dalam edisi Penemuan Terbaik 2023.

"Untuk menyusun daftar tahun ini, kami meminta nominasi dari editor dan koresponden TIME di seluruh dunia. Melalui proses pendaftaran online, kami memberikan perhatian khusus pada bidang yang sedang berkembang, seperti AI, energi ramah lingkungan, dan keberlanjutan," tulis majalah TIME.

Setelah itu, sejumlah tim yang terlibat dalam penilaian kemudian mengevaluasi setiap produk berdasarkan sejumlah faktor utama, termasuk orisinalitas, keberhasilan, ambisi, dan dampak.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Galaxy Z Flip5

Spesifikasi Galaxy Z Flip5, ia membawa Flex Window yang jauh lebih besar ketimbang pendahulunya, dengan ukuran 3,4 inci Super AMOLED, serta mendukung refresh rate-nya 60Hz.

Perbedaan paling terlihat lainnya adalah tidak terlihatnya lagi celah saat ponsel dalam mode lipat, yang mana Flex Hinge turun hingga 2mm sampai mencapai 15,1 mm, karena menggunakan sistem waterdrop.

Selain itu, layar depan Samsung Galaxy Z Flip5 yang lebih besar ini juga datang dengan fitur yang lebih kaya jika dibandingkan dengan pendahulunya, salah satunya adalah 11 widget yang bisa dipasang di cover screen-nya. Sementara untuk refresh rate-nya mencapai 60Hz.

Layar dalamnya menggunakan layar Dynamic Amoled ukuran 6,7 inci FHD+ Dynamic AMOLED 2X dengan Adaptive Refresh Rate 120Hz. Perangkat ini menghadirkan lipatan yang lebih mulus. 

 

4 dari 4 halaman

Harga Galaxy Z Flip5

Di sektor kamera utama, Samsung juga menghadirkan kamera Ultrawide 12MP f2.2, bersama kamera wide 12MP f1.8 yang sudah mendukung fitur Optical Image Stabilization (OIS). Untuk kamera dalamnya menggunakan 10MP F2.2.

Samsung kini menghadirkan fitur Dual Preview, sehingga pengguna bersama orang lain bisa mendapatkan hasil foto dan video yang oke dari mana pun. Fitur anyar lainnya adalah Flex Mode Panel yang telah ditingkatkan. 

Prosesor yang dipakai sendiri adalah Snapdragon 8 Gen 2 dengan kemampuan Multi Frame Processing. Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip5 lainnya, smartphone ini hadir dengan baterai 3.700 mAh dengan kemampuan fast charging 25W.

Di Indonesia, Galaxy Z Flip 5 hadir dalam dua opsi  memori: 

  • Galaxy Z Flip 5 8/512GB: Rp 17.999.000
  • Galaxy Z Flip 5 8/256GB: Rp 15.999.000

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.