Sukses

MacBook Pro M3 Apple Diluncurkan, Performa Diklaim Lebih Cepat Ketimbang Intel

Apple memperkenalkan deretan MacBook Pro teranyar yang hadir dengan chip M3 terbaru mereka. Berikut ini spesifikasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Apple memperkenalkan MacBook Pro terbaru yang hadir dengan chip teranyar mereka M3 Series, pada gelaran bertajuk Scary Fast, Senin (30/10/2023) waktu setempat.

"Dengan chip M3 generasi berikutnya, kami kembali meningkatkan standar kemampuan laptop profesional," kata John Ternus, senior vice president of Hardware Engineering, Apple.

"Kami sangat bersemangat menghadirkan MacBook Pro dan kemampuan terbaiknya di kelasnya kepada seluruh pengguna, serta bagi mereka yang melakukan upgrade dari MacBook Pro berbasis Intel, ini adalah pengalaman yang mengubah permainan dalam segala hal," imbuhnya.

Mengutip siaran pers, laptop Apple MacBook Pro 14 inci dengan M3 baru, diklaim tak cuma cocok untuk tugas sehari-hari, namun juga hadir dengan performa berkelanjutan.

Sementara, MacBook Pro 14 dan 16 inci dengan M3 Pro memberikan performa yang lebih baik dan dukungan memori terpadu tambahan, memungkinkan alur kerja yang lebih berat.

Apple juga menyebut, MacBook Pro 14 dan 16 inci dengan M3 Max menghadirkan performa dan kemampuan yang melampaui batas komputasi.

Dengan dukungan memori terpadu hingga 128 GB, MacBook Pro dengan M3 Max memungkinkan alur kerja ekstrem dan multitasking di seluruh aplikasi profesional. Selain itu, MacBook Pro dengan M3 Pro dan M3 Max bakal hadir dengan warna hitam yang dilapisi alumunium gelap.

Semua model laptop Apple terbaru ini menggunakan layar Liquid Retina XDR dengan konten SDR 20 persen lebih terang, kamera 1080p internal, sistem suara enam speaker yang imersif, dan beragam pilihan konektivitas. MacBook Pro baru juga memiliki masa pakai baterai hingga 22 jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa MacBook Pro dengan Chip M3

Spesifikasi MacBook Pro 14 inci dengan M3 terbaru, perangkat ini disebut lebih cepat hingga 60 persen, jika dibandingkan dengan MacBook Pro 13 inci dengan M1. Selain itu, dengan sistem termal yang lebih canggih, potensi penuh M3 bisa dikeluarkan untuk kinerja berkelanjutan.

Untuk penggunaan, Apple mengatakan, performa rendering di final Cut Pro bisa 7,4 kali lebih cepat dibanding MacBook Pro 13 inci dengan Core i7, serta 60 persen lebih cepat dibanding versi M1.

Untuk Microsoft Excel, performa spreadsheet di MacBook Pro 14 inci M3 diklaim 3,5 kali lebih cepat dibanding MacBook Pro 13 inci Core i7, dan 40 persen lebih cepat dibanding MacBook Pro 13 inci M1.

MacBook Pro 14 inci dan 16 inci dengan M3 Pro, juga menurut Apple, cocok buat pekerjaan berat, dan bisa digunakan untuk pengguna seperti coders, pekerja kreatif, hingga peneliti.

3 dari 4 halaman

MacBook Pro M3 Pro Tawarkan Performa yang Lebih Baik

MacBook Pro dengan M3 Pro menawarkan performa yang lebih baik, mendukung memori terpadu, dengan kecepatan sampai 40 persen yang lebih cepat dibandingkan model 16 inci dengan M1 Pro.

Sebagai contoh, performa filter dan fungsi di Adobe Photoshop diklaim 3 kali lebih cepat dibandingkan MacBook Pro dengan Intel, dan 40 persen lebih cepat dibanding MacBook Pro 16 inci dengan M1 Pro.

Kemudian untuk MacBook Pro 14 inci dan 16 inci dengan M3 Max, cocok buat pekerjaan yang lebih ekstrem seperti untuk programer machine learning, 3D artist, hingga video editor.

Kecepatannya mencapai 2,5 kali lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 16 inci dengan M1 Max, dan 11 kali lebih cepat dibandingkan MacBook Pro yang memakai Intel.

4 dari 4 halaman

Harga MacBook Pro Baru dengan M3

MacBook Pro dengan M3 Max juga mendukung memori terpadu hingga 128GB, untuk pekerjaan yang besar dan proyek yang kompleks, yang membutuhkan beberapa aplikasi profesional dan plugin.

Apple juga sudah membekali MacBook Pro terbaru ini dengan macOS Sonoma dengan berbagai fiturnya.

MacBook Pro dengan M3 Pro dan M3 Max hadir dengan pilihan warna hitam dan perak, sementara MacBook Pro 14 inci dengan M3 punya pilihan warna perak dan abu-abu.

Di Amerika Serikat, MacBook Pro 14 inci M3 dijual mulai dari USD 1599 (Rp 25,4 juta), sementara MacBook Pro 14 inci dengan M3 Pro harga mulai dari USD 1999 (Rp 31,7 juta), dan MacBook Pro 16 inci dijual mulai dari USD 2499 (Rp 39,7 juta).

Belum diketahui apakah MacBook Pro terbaru ini juga akan hadir di Indonesia atau tidak.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.